Masa Ke-Emasan Dalam Islam

Era klasik (750–1258)

Al-Syafi’i memerintahkan metode untuk menetapkan reliabilitas hadits. Sepanjang awal era Abbasiyah, koleksi hadits Sunni yang signifikan dikumpulkan oleh para ulama seperti Bukhari dan juga Muslim, sementara koleksi hadits Syiah yang penting oleh para ulama seperti Al-Kulayni dan juga Ibn Babawayh juga disatukan. 4 Madhab Sunni, Hanafi, Hanbali, Maliki, dan Syafi’i, didirikan di sekitar pembimbing Abū Ḥanīfa, Ahmad container Hanbal, Malik ibn Anas serta al-Syafi’i, sedangkan yurisprudensi Ja’fari dikembangkan dari mentor Ja’much al-Sadiq secara khusus. Pada abad ke-9, al-Syafi’i menawarkan dasar akademis untuk hukum Islam serta memperkenalkan teknik pertamanya dengan sintesis antara proto-rasionalisme yurisprudensi Irak serta teknik pragmatis praktik Hijaz, dalam terbitannya ar -Risālah. Dia juga memerintahkan teknik untuk mengidentifikasi ketergantungan hadits. Meskipun demikian, undang-undang Islam pasti tidak akan diperintahkan sampai 1869. Pada abad ke-9, Al-Tabari menyelesaikan tafsir pertama Alquran, yang berubah menjadi salah satu wacana yang paling menonjol dalam Islam Sunni, Tafsir al-Tabari. Selama ekspansi melalui Alam Samanid, Islam dibentuk oleh pluralisme etnokultural dan agama oleh orang Sogdiana, membuka jalan bagi pemahaman Islam Persia dan bukan Arab.

www.pexels.com

Beberapa Muslim mulai meragukan kesucian kesenangan dalam kehidupan duniawi dan menekankan kemiskinan, kerendahan hati, dan juga penghindaran pelanggaran berdasarkan penolakan keinginan jasmani. Pertapa seperti Hasan al-Basri akan memotivasi mosi yang pasti akan maju ke Tasawwuf atau Sufisme.

Pada akhir abad ke-9, Ismaili Syiah menyebar di Iran, dimana kota Multan menjadi sasaran dari politik nasional Sunni yang aktif. Pada 930, tim Ismaili disebut sebagai Qarmatians tidak berhasil memberontak melawan Abbassid, menjarah Ibukota, dan mencuri Hajar Aswad, yang akhirnya diambil.

Khalifah Abbasiyah seperti Mamun al Rashid serta Al-Mu’tasim menjadikan ideologi Mutazil sebagai kredo resmi dan juga memaksakannya kepada umat Islam untuk dipatuhi. Mu’tazila adalah perguruan tinggi yang dipengaruhi Yunani [rujukan?] Teologi skolastik Sunni yang disebut kalam, yang mengacu pada dialektika. Banyak Muslim ortodoks [siapa?] Menolak ajaran Mutazilite dan juga mengutuk saran mereka tentang penciptaan Alquran. Dalam inkuisisi, ibn Hanbal menolak untuk mematuhi [rujukan?] Serta terluka dan dikirim ke sel penjara Baghdad yang gelap selama hampir tiga puluh bulan. Cabang kalam lainnya adalah sekolah Asy’ari yang didirikan oleh Al-Ash’ari dan juga Maturidi yang didirikan oleh Abu Mansur al-Maturidi.

www.pexels.com

Dengan tumbuhnya Kekhalifahan Abbasiyah hingga Kekaisaran Sasanian, Islam menyesuaikan beberapa ide Hellenistik dan juga Persia, yang diimpor oleh para pemikir asal Iran atau Turki. Para ahli teori seperti Al-Farabi dan Avicenna berusaha untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip Yunani ke dalam teologi Islam, sementara yang lain seperti Al-Ghazali menentang sinkretisme semacam itu dan akhirnya mendominasi. Avicenna berasal dari ilmu pengobatan spekulatif, dan juga merupakan profesional medis pertama yang melakukan tes medis. Dua karyanya yang paling terkenal, The Book of Recovery serta The Canon of Medication, digunakan sebagai teks pengobatan konvensional di dunia Islam dan kemudian di Eropa. Di antara kontribusinya adalah penemuan sifat infeksius dari kondisi infeksi, serta pengenalan farmakologi klinis. Dalam matematika, ahli matematika Muhammad ibn Musa al-Khwarizmi memberikan namanya pada konsep algoritma, sedangkan istilah aljabar diturunkan dari al-jabr. Penyair Persia Ferdowsi menciptakan Shahnameh epiknya. Rumi menulis beberapa puisi Persia terbaik dan masih menjadi salah satu penyair pemasaran terbaik di Amerika. Organisasi hukum yang diperkenalkan terdiri dari mereka bergantung dan juga mengandalkan filantropi (Wakaf).

Era ini sering disebut dengan “Era Emas Islam”. Fasilitas medis umum yang didirikan selama ini (disebut fasilitas medis Bimaristan), dianggap sebagai “rumah sakit pertama” dalam arti kata kontemporer, serta merilis ijazah medis awal untuk mengesahkan dokter. Guinness World Records mengakui Universitas Al Karaouine, yang didirikan pada tahun 859, sebagai universitas pemberi gelar tertua di dunia. Gelar doktor diperkirakan berasal dari lisensi untuk mengajar di lembaga hukum Islam. Kriteria eksperimental serta metode metrologi, serta kebiasaan mengutip, disajikan. Seorang pemimpin penting dalam hal ini, Ibn al-Haytham dianggap sebagai papa dari pendekatan ilmiah modern dan biasanya disebut sebagai “peneliti sejati pertama dunia”. Pemerintah membayar para peneliti setara dengan gaji para atlet ahli saat ini. Dikatakan bahwa informasi yang digunakan oleh Copernicus untuk kesimpulan heliosentrisnya bisa dibaca di hasana id

You may also like...