Destinasi Wisata Jogja Terbaik Untuk Pecinta Alam

Perlu pembaca ketahui, di dunia medis dikenal istilah park prescriptions  yang berarti alam dianggap sebagai obat yang sangat manjur untuk kesehatan. Mereka yang rutin hiking atau jogging di pegunungan, tentu memiliki tubuh yang lebih sehat dibanding mereka yang tidak pernah beraktivitas di pegunungan. Selain itu dari sisi psikologis, alam yang masih asri juga dapat menangkal stress dan dapat meningkatkan energi positif seseorang.

 

Nah salah satu daerah yang memiliki bentang alam yang sangat luas dan indah yaitu Jogja. Terdapat banyak sekali destinasi wisata Jogja yang sangat cocok dikunjungi oleh pecinta alam. Biar Anda tidak penasaran, berikut kami sajikan ulasan beberapa destinasi wisata alam yang ada di Jogja!

 

  1. Puncak Becici

Dikenal sebagai salah satu tempat dengan sunset terbaik di Jogja, Puncak Becici selalu ramai dikunjungi traveler, khususnya saat weekend. Ya betul sekali, bagian terbaik dari Puncak Becici selain alamnya yang masih sangat asri yaitu sunset-nya yang sangat indah. Tentu untuk mendapatkan sunset terbaik, Anda mesti mendaki terlebih dahulu. Tenang saja, pihak pengelola sudah membuatkan rute yang bisa ditempuh oleh pengunjung. Selain itu juga terdapat beberapa pos yang memudahkan pendaki untuk mencapai Puncak Becici.

unspash.com

Dari atas ketinggian, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan dibawahnya, melainkan banyak aktifitas yang bisa Anda lakukan seperti outbond, kuliner, hammock, dan lainnya. Nah Puncak Becici ini tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan. Beberapa paket wisata Jogja menjadikan Puncak Becici ini sebagai destinasi wisata utama dalam paket wisatanya. Dengan memesan paket wisata ke Puncak Becici, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai rute, tiket, parkir, dan lainnya, karena semuanya diurus oleh paket wisata Jogja.

 

  1. Desa Wisata Ketingan

Bagi Anda yang sedang mencari spot wisata alam yang unik, maka pergilah ke Desa Wisata Ketingan. Mengapa? Karena desa wisata satu ini menawarkan sesuatu yang tidak akan Anda temukan di tempat lainnya. Apa itu? Yaitu puluhan ribu burung kuntul yang hanya menempati satu desa saja. Ya betul sekali, puluhan ribu burung kuntul ini hanya mau tinggal di Desa Wisata Ketingan, tidak di desa lainnya. Bagi peneliti, ini merupakan objek penelitian yang sangat ideal. Namun bagi traveler seperti Anda, pemandangan ribuan burung rasa-rasanya sudah lebih dari cukup.

 

Selain itu tempat wisata Jogja satu ini kondisi alamnya masih sangat asri, itulah mengapa burung-burung betah tinggal disini. Namun sebagai catatan, jangan pernah liburan di Desa Wisata Ketingan tanpa membawa stok topi yang banyak. Ya iyalah, karena jika Anda tidak menggunakan topi, maka kepala Anda akan jadi tempat persinggahan kotoran ribuan burung yang terbang di atas Anda.

unspash.com

  1. Gua Kidang Kencana

Anda menyukai hal-hal ekstrem? Wah jangan sampai ketika di Jogja, Anda melewatkan Gua Kidang Kencana. Ya, Gua Kidang Kencana merupakan destinasi wisata didalam gua, jadi Anda mesti masuk kedalam gua untuk merasakan sensasinya. Sangat sedikit sekali penerangan di tempat wisata Jogja satu ini. Jadi pas di dalam, jantung Anda pasti berdegup kencang. Namun tenang saja, begitu Anda berada didalam, Anda akan menemukan berbagai ornament karst yang sangat indah. Warna-warni ornament karst ini dapat membuat siapapun kagum dan menjadi tenang meskipun dalam keadaan adrenalin memuncak. Nah Anda bisa menemukan tempat wisata satu ini di Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Jadikan ornament karst didalam Gua Kidang Kencana sebagai latar belakang foto selfie Anda. Otomatis akun Instagram Anda jadi terlihat lebih keren!

 

  1. Gunung Merapi

Bagi pendaki atau pecinta alam, rasa-rasanya tidak mungkin jika tidak mengenal Gunung Merapi. Ya, Gunung Merapi merupakan gunung paling aktif di Indonesia, jadi ya pastinya sangat populer. Nah ketika dalam kondisi tidak memuntahkan lava, Gunung Merapi ini memiliki bentang alam yang sangat indah. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata Jogja satu ini seperti fun tracking, camping, hammock, climbing, fotografi, dan lainnya. Nah Gunung Merapi ini juga menjadi salah satu trek pendakian paling favorit bagi para pendaki. Jika Anda masih pemula, sebaiknya Anda ikut bersama pendaki yang sudah berpengalaman karena treknya lumayan berbahaya.

unspash.com

  1. Kaliurang

Tempat wisata alam terpopuler lain yang ada di Kota Pelajar yaitu Kaliurang. Nah Kaliurang ini sebenarnya masih berada di kaki Gunung Merapi, namun berada di kawasan wisata yang berbeda. Meskipun berada di kaki gunung, namun udaranya masih sangat dingin karena ketinggiannya yaitu 900 mdpl. Selain bisa menikmati alam yang masih sangat asri, Anda juga bisa menemukan beberapa spot wisata. Salah satu spot wisata paling digemari di Kaliurang yaitu Tlogo Putri. Tlogo Putri merupakan taman wisata air dengan berbagai wahana yang sangat keren. Selain itu terdapat juga spot wisata lain seperti Goa Jepang yang merupakan markas bawah tanah Jepang di masa lampau.

 

Jika Anda sangat menyukai alam, maka Anda mesti liburan di beberapa destinasi wisata Jogja di atas! Jika Anda tidak tahu rutenya, maka Anda bisa menggunakan paket wisata Jogja!

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *