Gerakan Lingkungan Bersih dengan Slogan Kebersihan

Lingkungan yang bersih dan sehat adalah sebuah upaya yang dilakukan guna menghentikan penyebaran penyakit. Harus anda pahami bahwa lingkungan punya pengaruh yang besar dalam menciptakan kesehatan secara fisik. Kualitas dari kebersihan lingkungan harus terus dijaga. Dewasa ini banyak sekali elemen yang bisa menciptakan pencemaran terhadap lingkungan. Mulai dari aspek sosial, kimia, fisik, dan lainnya.

Awal dari kualitas kesehatan yang ada diawali dengan lingkungan. Di mana harus diciptakan sesuai dengan standar yang ada. Lantas apakah kemudian dengan hadirnya slogan kebersihan dapat menciptakan lingkungan yang berkualitas? Hal ini perlu diulas lebih lanjut. Sering kali dalam lingkup masyarakat banyak ditemukan slogan yang itu membuat kita sadar akan pentingnya kebersihan. Keberadaan slogan ternyata juga bisa berpengaruh. Di mana manfaat yang ditimbulkannya akan bisa memberikan efek dan pengaruh di masyarakat. Nanti akan dibahas lebih dalam lagi mengenai slogan agar masyarakat lebih memahaminya.

Keberadaan penyakit bisa muncul karena dimulai dari lingkungan yang tidak sehat. Tidak heran kalau kemudian seharusnya kita perlu menjaga lingkungan dengan baik. Kesehatan lingkungan secara langsung telah diatur dalam peraturan pemerintah. Ada banyak aspek untuk masalah kebersihan. Benda sektor lingkungan yang harus dijaga dengan baik ialah pemukiman, tempat rekreasi, tempat kerja dan berbagai fasilitas umum lainnya. Seluruh elemen masyarakat punya peran penting dalam keikutsertaan dalam menciptakan lingkungan yang sehat.

Baik individu, institusi swasta dan pemerintah memiliki peran yang wajib dilaksanakan. Keseluruhan harus bergerak dalam upaya menciptakan lingkungan tempat yang baik dan bersih. Sehubungan dengan kebersihan ini sebenarnya sebuah budaya. Masyarakat khususnya individu harus memiliki kapasitas agar punya peran. Kesadaran terhadap diri sendiri bisa membuat budaya cinta kebersihan tertanam dalam masyarakat. Apabila hal itu bisa dilaksanakan dengan baik, maka penyakit akan bisa dihindari. Bahkan kerusakan lingkungan dan musibah layaknya banjir tidak akan terjadi di lingkungan masyarakat.

Salah satu bukti yang bisa menunjukan ialah kehadiran penyakit dengan berdarah. Hadirnya penyakit yang dikenal dengan DBD ini tidak lain dikarenakan faktor lingkungan. Pengaruh berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD tidak lain karena lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya. Di Indonesia sendiri data yang diambil dari Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa sejak tahun 2014 penderita DBD setiap tahun mengalami peningkatan, bahkan banyak yang berkahir dengan kematian. Bukan hanya itu saja, aspek asap rokok juga punya andil besar. Serta berbagai hal lainnya yang berdampak dalam dunia kesehatan. Bukti kecil tadi sudah bisa menunjukkan bahwa lingkungan memiliki dampak besar untuk kesehatan masyarakat. Makanya anda perlu melakukan upaya guna menciptakan lingkungan yang bersih. Slogan kebersihan hanyalah bagian dari cara yang bisa anda lakukan.

pexels.com

Gunakan Slogan Kebersihan dan Cara Berikut untuk Lingkungan Sehat

Kalau berbicara mengenai cara agar bisa mendapatkan lingkungan yang bersih. Tentu tidak semudah yang anda bayangkan. Banyak cara yang bisa dilakukan tetapi harus ada usaha baik secara individu maupun dalam masyarakat. Mari kita coba membahas perihal masalah ini. Tujuannya tentu guna membantu anda dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Penentu utamanya ialah anda sebagai individu yang terjun di dalamnya. Banyak yang mengatakan bahwa keberhasilan dalam menciptakan keberkahan dimulai dari diri sendiri. Anda harus bisa menciptakan budaya bersih agar itu bisa jadi kebiasaan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan.

  • Menjaga kebersihan sampah. Adanya sampah tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia. Hal inilah penting adanya keinginan dan usaha untuk mengelola sampah. Di mulai dari hal yang sangat kecil yakni dengan membuang sampah tidak sembarangan. Sering kali anda temukan banjir dan sungai yang kotor. Itu semua tidak lepas dari kesalahan individual yang tidak buang sampah di tempatnya. Di samping itu anda juga bisa mengelompokkan sampah. Pengelompokan sampah saat ini tengah gencar di laksanakan di lingkungan masyarakat. Terbagi menjadi 2 kelompok yakni sampah anorganik dan organik. Khususnya sampah organik bisa menjadikan tanah menjadi subur. Caranya dengan membakar dan kemudian menguburnya di tanah.
  • Cara yang kedua ialah penghijauan. Cara ini harus bisa anda lakukan dengan baik karena cara yang bisa dipakai sangat banyak. Di mulai dari lingkungan sekitar. Anda bisa melakukan dengan memanfaatkan lahan di rumah yang kosong dengan menanam tanaman apotik hidup atau pohon agar lingkungan menjadi hijau. Terkadang waktu menjadi alasan utama anda untuk tidak melakukan hal ini. Padahal cara yang sederhana bisa anda lakukan. Semisal anda menanam tanaman di pot atau sejenisnya. Sebaiknya anda tidak bisa merusak tanaman di lingkungan anda. Hal ini yang malah sering tejadi menempel pohon pinggir jalan dengan bebagai iklan dan lainnya.
  • Aktivitas kebersihan juga harus digalakkan. Minimal rumah tempat anda tinggal bersih kemudian ditambah menjaga lingkungan tempat kerja yang anda miliki. Beberapa instansi sering menggalakkan Jumat bersih. Itu merupakan bagian dari upaya menjaga kebersihan lingkungan. Kalau secara individu, jagalah kebersihan lingkungan rumah. Bersihkan rumah secara rutin khususnya kamar mandi sebagai sarang penyakit. Panggil sedot wc Surabaya agar tidak mengalami macet. Serta berbagai cara lainnya.
  • Faktor lainnya ialah kebersihan air. Untuk anda yang tinggal di lingkungan dekat dengan sungai. Jangan pernah untuk mencermati sungai atau menggambar aliran air. Air sendiri harus diperhatikan alirannya karena air memiliki volume dan berat (water weight). Terlebih bagi instansi atau perusahaan yang sangat dilarang menjadikan sungai sebagai limbah bahan kimia. Itu akan menimbulkan hal yang sangat berbahaya. Tidak jarang ditemukan slogan kebersihan di lingkungan sungai. Karena meski dilarang terkadang masih sering diabaikan.
  • Mentaati peraturan yang telah diberlakukan oleh pemerintah sebenarnya bagian dari merawat kebersihan lingkungan. Banyak aturan pemerintah yang mendukung terciptanya lingkungan sehat. Sebagai contoh misalnya tentang rokok yang tidak boleh dilakukan di tempat umum, tidak boleh dekat bayi. Bahkan pemerintah sudah sangat menfasitasi perokok dengan kehadiran smoking area.

pexels.com

Seluruh cara yang telah diberikan dan dijelaskan tadi, tidak akan bisa dilaksanakan tanpa kesadaran. Anda merupakan bagian yang paling penting agar bisa melaksanakan apa yang telah diberikan tadi. Sebaiknya anda tidak boleh sadar terlambat, kertika penyakit sudah datang, kemudian anda harus sadar pentingnya kebersihan. Semboyan bahwa kebersihan berasal dari diri sendiri sangatlah tepat. Menciptakan kebiasaan untuk selalu menjaga kebersihan dan lingkungan sekitar. Dengan melakukan upaya tersebut maka anda bisa lebih disiplin dan punya karakter agar bisa selalu menjaga dan mengupayakan lingkungan yang sehat.

Sangat penting mewujudkan impian lingkungan sehat. Hal yang bisa menjadikan kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Keadaan saat ini memang penuh dengan bebagai problem akan kebersihan. Sebagai manusia yang hidup di era globalisasi seharunya siap dengan apa yang ada. Lingkungan dan kesehatan adalah dua hal yang tidak bisa dilepaskan. Keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain. Kesehatan dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Anda punya peran yang sangat penting. Dengan mengetahui cara tadi semoga anda tidak lagi diingatkan dengan slogan kebersihan tetapi, menjaga lingkungan adalah bagian dari karekter dan budaya yang sudah melekat dalam diri anda.

pexels.com

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan, bagian terpenting yang tidak bisa dilepaskan dari manusia. Karena punya peran dalam keberlangsungan kehidupan manusia bahkan sampai dengan makhluk hidup lainnya. Bila bisa menciptakan lingkungan terawat dan asri, anda akan lebih mudah hidup sehat. Dampaknya bisa positif dalam mengurangi terjadinya bencana atau penyakit yang mengancam setiap saat. Kebersihan lingkungan tidak lain faktor utamanya adalah manusia. Banyak kerusakan alam yang tejadi tidak lain karena ulah dari manusia itu sendiri. Sebagai bukti anda bisa melihat Indonesia.

Banyak bencana atau kerusakan hutan semuanya tejadi karena memang faktor dari dalam yakni manusianya yang tinggal di dalamnya. Sebagai contoh anda bisa melihat kerusakan hutan yang terjadi. Padahal peran hutan begitu sentral. Banyak slogan kebersihan yang mengatakan bahwa hutan adalah paru-paru dunia. Akibat tidak dijaga dengan baik hutan alam berpengaruh pada kerusakan yang lainnya. Sebagai contoh misalnya adanya bencana banjir, selain sampah penebangan hutan liar juga punya pengaruh. Karena tidak ada tumbuhan yang dapat melakukan penyerapan air dengan maksimal. Serta masih banyak lainnya yang bisa membuktikan apa yang telah dijelaskan tersebut.

Melihat itu semua, kita seharusnya menghargai lingkungan dan alam. Menyadari bahwa kebersihan lingkungan adalah bagian yang sangat penting guna keberlangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya. Kesadaran tersebut tidak hanya sebatas ucapan semata. Akan tetapi harus dibarengi dengan tindakan agar hasilnya nyata. Tindakan merupakan bagian yang paling penting untuk dilakukan. Anda hauss memahami kalau manusia punya peranan yang paling penting. Kebersihan lingkungan tidak hanya dijadikan sebagai slogan atau kata saja. Akan tetapi, harus dibuktikan dan dilakukan dengan tindakan yang nyata. Peran yang anda pegang tidak harus diupayakan dengan langkah yang besar. Anda memang bisa melakukan hal besar. Namun juga harus dilakukan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Apabila tidak sesuai dengan ukurannya maka hasilnya tidak akan maksimal. Seharusnya anda tahu betul hal ini.

pexels.com

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Langkah sederhana, tetapi akan memiliki pengaruh dan peran besar dalam menciptakan kebersihan lingkungan. Tadi secara sekilas anda sudah diberikan ulasannya. Misalnya dimulai dengan hal kecil yakni membuang sampai pada tempat sampah. Ini merupakan hal yang dianggap sepele. Bahkan terkadang orang sering mengabaikan dan berakibat menjadi sebuah kebiasaan buruk. Hal demikian yang seharusnya dihindari. Sayangnya sekarang ini masih banyak sekali ditemukan orang atau individu yang semacam ini. Padahal tempat sampah sudah tersedia di berbagai tempat. Namun kenyataan kesadaran masyarakat masih sangat kecil.

Nah, itulah tadi beberapa yang bisa diberikan untuk anda. Mungkin informasi ini bisa dijadikan sebagai pengingat untuk anda. Bahwa kebersihan bukanlah sebuah hal yang sepele. Anda tidak bisa mengabaikan pentingnya menjaga kebersihan. Slogan-slogan yang ada merupakan cara agar memberikan kesadaran terhadap individu atau masyarakat supaya mencintai dan terus merawat lingkungan. Guna terciptanya kebersihan dan lingkungan yang sehat. Semoga dengan adanya penjelasan yang diberikan anda dapat lebih mudah memahami dan mengerti tentang kebersihan. Kalau bukan dari diri kita sendiri, dari mana lagi kebersihan lingkungan akan diperoleh?

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *