Daftar Isi Seserahan Pernikahan Yang Wajib Dibawa

Saat acara pernikahan ataupun lamaran, biasanya ada sebuah prosesi dimana calon pengantin memberikan hantaran seserahan pernikahan. Tradisi seserahan dalam pernikahan ini sudah lama dilakukan, dan ini merupakan prosesi yang wajib dilakukan di setiap acara pernikahan atau lamaran.

Memang setiap daerah memiliki bermacam-macam jenis seserahan, namun semua seserahan tersebut memiliki makna dan tujuan yang sama. Lantas apa sebenarnya barang yang harus ada dalam seserahan tersebut? Agar anda tak penasaran, berikut ini beberapa daftar yang harus anda ketahui didalam seserahan.

Apa isi seserahan?

Itu merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh generasi milenial, dimana mereka kurang begitu memperhatikan tradisi yang ada. Namun dengan adanya artikel ini, anda bisa mengetahui apa saja yang menjadi barang wajib dalam seserahan.

  1. Perlengkapan sholat atau ibadah

Ini merupakan barang yang harus ada dalam seserahan, dimana barang ini memiliki makna yang sangat dalam. Perlengkapan sholat ataupun ibadah bagi wanita atau calon istri ini menunjukkan agar dirinya nanti mau merubah sifatnya dan mau dibimbing oleh sang suami, selain itu hantaran ini juga menunjukkan kepatuhan umat manusia kepada sang pencipta. Dimana seperti yang dikatakan oleh banyak ulama, dimana menikah merupakan penyempurna agama.

Sedagkan untuk isi dalam perlengkapan ini, mulai dari mukena, sajadah, Al-Quran ataupun Kitab Suci. Perlengkapan ini juga menunjukkan kepatuhan istri kepada suami, dan dengan perlengkapan inilah dirinya menunjukkan bahwa dirinya mau berubah untuk suaminya.

www.pexels.com

  1. Perlengkapan mandi

Bukan hanya untuk perlengkapan ibadah saja yang harus ada dalam seserahan sebelum pernikahan, hal yang tak kalah penting adalah perlengkapan mandi. Dalam perlengkapan mandi ini, ada berbagai perlengkapan meliputi sabun, shampo, shower puff, handuk, produk perawatan tubuh seperti lulur dan perlengkapan wewangian.

Perlengkapan mandi ini mengartikan bahwa, pasangan ini sudah tidak lagi mandi dengan keluarga lainnya. Mereka akan menjalani kehidupan baru, yang nantinya alat mandi tersebut digunakan untuk mensucikan diri. Biasanya pada perlengkapan ini akan ditata dan diatur sedemikian rupa, dimana peralatan ini akan tampak indah saat dihantarkan pada pengantin perempuan.

  1. Pakaian dalam

Tak hanya perlengkapan mandi saja yang akan menjadi seserahan, karena ada pakaian dalam yang akan menjadi seserahan dalam pernikahan. Ada banyak jenis pakaian dalam yang perlu anda persiapkan untuk memberikan pada calon istri anda, mulai dari underware, lingerie hingga baju tidur. Anda tak perlu khawatir bila anda malu untuk membeli perlengkapan wanita ini, karena anda bisa mendapatkannya dengan membeli souvenir pernikahan murah. Biasanya pada souvenir ini, paket sudah ditata dan isi sudah lengkap. Anda sudah bisa mendapatkan semuanya di toko souvenir, atau anda juga bisa membeli secara online.

Terkadang pada momen tertentu, pengantin wanita biasanya sudah membeli sendiri dan diserahkan pada pengantin pria. Pengantin pria hanya perlu menatanya pada sebuah wadah atau bisa dimasukkan dalam sebuah kotak, yang kemudian dipercantik dengan hiasan tertentu.

  1. Perlengkapan make up

Nah, untuk bagian yang satu ini. Biasanya wanita lebih detail dalam memilih, ada baiknya bila untuk seserahan ini anda menyerahkannya pada calon pasangan anda. Karena ada kalanya pasangan cocok dengan satu kosmetik dan alergi pada kosmetik lainnya, dan hal ini tentu akan salah kaprah bila pria yang memilihkannya.

Selain itu, item dalam kosmetik juga banyak sekali. Jadi belum tentu pasangan pria akan hapal dari kebutuhan pasangannya, karena ada barang-barang khuus dengan merek tertentu yang harus diperhatikan. Anda hanya perlu menemaninya dan membiarkannya memilih, karena belum tentu pilihan anda akan cocok untuknya.

www.pexels.com

  1. Perhiasan

Dalam seserahan, sudah menjadi hal pasti anda akan melihat sebuah perhiasan didalamnya. Dalam seserahan ini bermakna, bahwa hubungan yang akan dijalani akan bersinar dan dipenuhi dengan harapan. Namun untuk perlengkapan ini, biasanya nominalnya sudah disepakati dengan jumlah tertentu.

Pada sesi seserahan ini, banyak pasangan yang menyocokkannya dengan tanggal ataupun nominal tertentu menyesuaikan suatu momen. Uniknya lagi, ada banyak pengantin yang membuat seserahan ini dengan bentuk yang unik.

  1. Perlengkapan pesta

Untuk perlengkapan yang satu ini, ada banyak sekali perlengkapan yang dijadikan pada satu kotak. Biasanya dalam perlengkapan pesta ini berisi mulai dari pakaian kebaya, bawahan jarik atau rok pasangannya, sepatu heels, tas, dress hingga jam tangan.

Biasanya perlengkapan ini akan dijadikan satu dan dikemas secara rapi, dimana pakaian ini merupakan satu setel atau satu paket yang bisa digunakan untuk menghadiri sebuah pesta.

  1. Makanan

Dari tadi yang kami bagikan berupa materi dan benda saja, namun anda juga harus tau bahwa dalam hantaran pengantin juga ada makanan yang juga dikemas. Makanan ini berarti sebagai bekal yang akan digunakan pengantin dan untuk salam penghormatan kepada calon mempelai wanita. Pastinya tidak akan lengkap bila semua seserahan diatas tidak dilengkapi dengan makanan, dan biasanya makanan yang dikemas ada berbagai jenis menurut tradisi masing-masing daerah.

Kebanyakan daerah akan membawakan makanan manis sebagai seserahan, dimana harapan mereka bahwa pengantin tersebut akan menikmati perjalanan hidup yang manis pula. Meskipun kenyataannya tak seperti itu, namun doa merupakan hal yang bisa dilakukan dan itu merupakan hal yang baik.

Memang ada beberapa syarat lagi yang harus dipenuhi ketika memberikan seserahan pada seorang pengantin perempuan, dimana seserahan tersebut biasanya pada beberapa daerah akan memiliki jumlah tertentu.

www.pexels.com

Jumlah Kotak Seserahan

Untuk jumlah seserahan yang akan diberikan memang tidak ada peraturan wajib yang menyebutkan harus berjumlah sekian, namun ini disesuaikan dengan kesepakatan dan kepercayaan setiap daerah. Di beberapa tradisi menyebutkan, bahwa kotak yang menjadi seserahan haruslah berjumlah ganjil.

Diyakini dengan jumlah yang ganjil, akan menjadi hal yang baik untuk pasangan tersebut nantinya. Minimal dalam seserahan biasanya terdapat 5 kotak, 7 kotak, 9 kotak ataupun kelipatannya. Isi seserahan pun juga sebenarnya tidaklah harus sama dengan apa yang kami sebutkan diatas, karena ada berbagai kemungkinan yang bisa membedakan. Contohnya seperti budget yang tak semua calon pengantin miliki sama, dan juga tradisi di setiap daerah yang berbeda.

Untuk isi seserahan pernikahan ini sendiri, merupakan barang yang nantinya akan digunakan oleh pengantin wanita. Namun tak semuanya seserahan itu harus dipersiapkan oleh pengantin pria saja loh, karena di acara akad nikah akan ada prosesi tukar seserahan. Dimana pengantin wanita juga perlu mempersiapkan seserahan, namun tak sebanyak seserahan pria kepada wanita. Seserahan ini juga bermaksud sebagai simbol untuk bekal kedua insan yang menikah tersebut, sehingga bisa digunakan untuk sang wanita nantinya.

Ada hal yang harus digaris bawahi disini, dimana proses pencarian barang seserahan ini haruslah dicari bersama dari kedua calon pegantin. Sehingga barang-barang yang dibeli merupakan barang yang benar-benar dibutuhkan wanita itu.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *