Belajar Lebih Jauh Tentang Sejarah Malang

Malang, merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang belakangan ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata. Sebelum jadi kota sekarang ini, tentunya setiap kota memiliki sejarahnya sendiri. Begitu juga dengan kota Malang ini yang juga memiliki sejarah yang cukup panjang. Dengan sejarah panjanganya, tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke kota ini untuk mempelajari dan mengetahui lebih banyak tentang Sejarah Malang. Banyak yang penasaran mengenai bagaimana sejarah dari Kota yang kini telah menjadi salah satu kota wisata ini. Jika kita ingin mempelajari sejarah sebuah kota, kita bisa belajar dari beberapa perstiwa pentinganya terlebih dahulu. Misalnya saja, mulai dari masa jaya, penjajahan, ataupun hari lahirnya. Meskipun terkadang sumber berkenaan tentang asal-usul sebuah kota tidak lengkap sumbernya.

            Mengenali Malang Lewat Sejarahnya

            Tanpa adanya sejarah, tentu tidak akan ada kota Malang yang sekarang ini. Nah, kalau anda ingin mengenal kota Malang lebih jauh, maka kita bisa belajar dengan mengenal sedikit tentang Sejarah Malang. Berikut beberapa poin penting dalam sejarah kota Malang, yang bisa kita pelajari.

pxhere.com

  1. Asal usul penamaan Malang

Salah satu diantaranya adalah tentang asal-usul dari penamaan Malang sendiri. Kabarnya nama “ Malang” ini pertama kali ditemukan di Prasasti Pamotoh/Ukirnegara (1198 Masehi). Prasasti ini ditemukan pada tahun 1975 tepatnya pada tanggal 11 Januari di Wlingi, Kabupaten Blitar. Disebutkan dalam prasaati ini kata “ Malang” lebih tepatnya dengan teks …taning sakrid Malang-akalihan dan seterusnya. Kata Malang ini merujuk pada sebuah daerah yang berada di sebelah timur Gunung Kawi. Meskipun dari prasasti ini Malang telah dikenal sejak dahulu, namun untuk kepastian kapan penamaan kota Malang merupakan hal yang belum pasti.

  1. Masa kerajaan

Selain dari asal-usul namanya, kita juga bisa belajar mengenai sejarah kota Malang ini dengan mengenal sejarah masa kerajaan. Pada masa kerajaan Hindu dan Islam, kita bisa mengenal beberapa nama kerajaan yang pernah ada di wilayah Malang. Kerjaan tersebut diantara adalah Kerajaan Kanjuruhan. Hal ini dapat diketahui dari beberapa informasi yang salah satunya dituturkan dalam Prasasti Kanjuruhan/Dinoyo. Kerajaan ini pernah dipimpin oleh Dewa Simha sebelum akhirnya wafat dan dugantikan oleh putranya. Baru setelahnya kita juga mengenal Kerajaan mataram Kuno. Malang juga dapat kita ketahui sejarahnya dari sejarah pada masa kerajaan terutama pada masa Kerajaan Jenggala hingga Kerajaan Panjalu. Hal ini dapat dilihat dari beberapa bukti prasati yang berkaitan dengan Malang. Diantaranya ada prasasti Hantang dan Prasasti Kamulan. Baru selanjutnya berlanjut ke sejatah Kerajaan Singhasari. Setelah itu beralih ke Kerajaan Majapahit dimana Malang emnjadi pusat konflik pada kala itu. Perebutan kekuasaan yang terjadi antara tentara Kubilai Khan dan Raden Wijaya an Jayakatwang kala itu yang dimenangkan oleh Raden Wijaya. Dengan kata lain Malang merupakan saksi sejarah nasib Jayakatwang. Ia harus mengalami hal seperti diasingkan dimana tempatnya sekarang ini termasuk salah satu wilayah dari Malang, yaitu Desa Kalirejo. Jika membahas tentang sejarah masa kerajaan, maka kita tidak dapat melupakan Kerajaan Majapahit.

pxhere.com

  1. Masa penjajahan

Baru setelahnya kita bisa mengenal Malang lebih jauh dari sejarahnya pada masa Penjajahan. Malang juga ikut mengalami masa penjajahan Belanda dan Jepang seperti kota-kota lainnya di Indonesia terutama di Jawa.

 

Jika kita mengetahui tentang hal-hal di atas, maka kita bisa sedikit belajar menganai sejarah kota Malang. Selain belajar dari internet, kita juga bisa belajar banyak dengan mendatangi tempat-tempat bersejarah yang ada di Malang. Dengan berkunjung ke Malang, tentu kita akan lebih mudah belajar mengenai sejarah kotanya. Lagipula ada beberapa destinasi wisata budaya yang bisa dikunjungi di kota ini.

            Cara Menarik Belajar Sejarah

 

            Sebagian besar orang akan merasa bosan saat belajar sejarah, karena kita tidak dapat melihatnya sendiri. Namun, jika berniat untuk belajar sejarah, maka ada beberapa cara menarik yang bisa digunakan agar tidak membosankan dan lebih menarik. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan, diantaranya:

pxhere.com

  1. Berkunjung ke tempat yang akan dipelajari

Jika memang memungkinkan, tidak ada salahnya mendatangi tempat yang terdapat bukti sejarah. Dengan begitu, belajar akan jauh lebih berkesan karena kita melihat sendiri tempatnya. Dan kalau ingin mempelajari kota di Indonesia, seperti Malang ada cara mudah melakukannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan jasa mobil Travel Malang Juanda untuk mengunjungi berbagai tempat dimana kita bisa belajar sejarah Malang.

  1. Membaca Buku Sejarah

Cara yang satu ini tidak semuanya menyukai, pasalnya ada banyak bacaan yang harus dibaca. Namun, bagi yang hobi membaca buku, tentu hal ini merupakan cara yang paling asyik untuk mempelajari sejarah.

  1. Lewat Film

Terkadang membaca terlalu banyak akan membuat ngantuk, namun ada cara lain untuk belajar sejarah, yaitu dengan menonton film dengan tema sejarah. Cara ini banyak dipilih karena belajar melalui video merupakan hal yang menyenangkan.

  1. Mengunjungi Museum

Nah, yang ingin melihat bukti sejarah maupun lewat gambar maupun ilustrasi sebuah tempat atau peristiwa maka kunjungilah museum. Ada banyak pula peninggalan sejarah yang merupakan sumber sekaligus bukti dari masa lalu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *