Kesuksesan Samsung Galaxy Menguasai Pasar Ponsel Dunia

Handphone atau yang saat ini lebih sering disebut sebagai smartphone karena fungsinya yang beragam terus berkembang pesat. Perkembangan smartphone atau telepon pintar ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih. Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi terus berupaya mengembangkan teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia dalam menyelesaikan segala pekerjaan dari semua bidang.

Kehadiran teknolog memang mampu menyihir manusia terutama kecanggihan yang ditawarkan oleh smartphone. Kini, hampir setiap orang memiliki ponsel yang serba guna ini. Hal ini tidak terlepas dari kecanggihan smartphone yang membuat segalanya menjadi lebih mudah. Selain untuk berkomunikasi, smartphone juga mampu digunakan sebagai tempat untuk mengekspresikan diri di media sosial hingga dimanfaatkan sebagai alat berbisnis. Terlihat dari semakin banyaknya orang yang memulai berbisnis hanya menggunakan ponsel. Salah satunya adalah online shop yang membuat proses promosi, penjualan, traksaksi, hingga pengiriman barang yang lebih murah dan efektif.

Tak heran jika saat ini para perusahaan teknologi saling berlomba salah satunya adalah dengan menciptakan smartphone yang berkualitas. Salah satunya adalah Samsung yang telah memiliki nama besar di pasar dunia dalam bidang teknologi. Samsung Electronics dibentuk pada tahun 1969 di Daegu, Korea Selatan. Pada mulanya, perusahaan ini memproduksi peralatan elektronik mulai dari TV, kalkulator, kulkas, pendingin ruangan, hingga mesin cuci.

Dalam perkembangannya, Samsung juga memproduksi perangkat telepon yang berkualitas. Bahkan, saat ini Samsung menjadi perusahaan smartphone terbesar di dunia. Mereka mengungguli Apple dan Xiaomi yang masing-masing berada di urutan ke dua dan tiga. Hal ini tidak terlepas dari komitmen Samsung dalam menciptakan smartphone yang berkualitas. Sejak kedatangan Sistem Operasi Android, Samsung juga menciptakan smartphone dengan sistem operasi tersebut. Mereka merancang, memproduksi, dan memasarkan seri perangkat berbasis Android yang diberi nama Samsung Galaxy.

www.pexels.com

Sejarah Lahirnya Samsung Galaxy

Demi bersaing dengan perangkat yang lain terutama Apple, Samsung mulai mengembangkan ponsel yang didukung oleh Sistem Operasi Android. Samsung mengeluarkan seri Samsung Galaxy yang mampu menarik banyak peminat. Bahkan, pada tahun 2012, Samsung menjadi vendor dengan penjualan smartphone terbesar di dunia. Kesuksesan mereka tidak terlepas dari seri Galaxy yang menawarkan fitur yang jempolan. Mereka mampu menyaingi Apple yang dikenal dengan teknologi yang sangat canggih. Hal ini karena Samsung menciptakan lebih dari 50 model perangkat yang berbeda. Tak hanya dari modelnya saja, mereka juga menciptakan ponsel dengan berbagai macam bentuk, ukuran, hingga sistem operasi. Banyaknya variasi tersebut membuat orang-orang bisa memilih tipe dan model Samsung yang mereka inginkan. Gagasan Galaxy ini bermula dari kehadiran smartphone full touch pada model Samsung Instinct dan Omnia pada tahun 2008. Setahun setelah itu, Samsung meluncurkan Galaxy dengan tipe i7500 yang mengusung Sistem Operasi Android 1.5 Cupcake dengan CPU Qualcomm MSM7200A 528MHz dan sebuah GPU Adreno 130. Smartphone ini dibekali dengan ruang penyimpanan sebesar 8GB built-in dan RAM 128 MB. Tak hanya itu, i7500 juga dilengkapi dengan kamera 5 MP dan layar AMOLED 3.2 inci dengan resolusi 320 x 480. Untuk kapasitas baterai sendiri sudah cukup besar yaitu 1.500 mAh. Setelah i7500, Samsung menghadirkan seri Galaxy S pada bulan Juni 2010 dan seri S lainnya sebagai berikut :

  1. Galaxy S

Galaxy seri S yang pertama ini muncul dengan Sistem Operasi Android 2.1 Eclair yang kemudian di-upgrade menjadi Android 2.3 Gingerbread. Galaxy S ini memiliki layar yang lebih besar dari i7500 dengan Super AMOLED 4 inci yang menawarkan resolusi 480 x 800. Untuk ruang penyimpanan pun juga ditingkatkan dengan pilihan 8GB dan 16GB dengan RAM sebesar 512 MB. Smartphone ini juga dilengkapi dengan chipset Cortex-A8 1 GHz, GPU PowerVR SGX540 untuk grafisnya.

  1. Galaxy S2

Samsung kembali melawan Apple dengan menciptakan seri Galaxy S2 pada bulan April 2011. Ponsel ini dibekali dengan Sistem Operasi Android 2.3.4 Gingerbread yang kemudian ditingkatkan menjadi 4.1 Jelly Bean. Dengan mengusung layar Super AMOLED Plus pada 4.3 inci dan CPU Exynos 4210 1.2GHz dual-core, Samsung mampu mengalahkan Apple yang memiliki layar lebih besar dan prosesor yang lebih cepat daripada iPhone 4S. Galaxy S2 dibekali RAM sebesar 1GB dan ruang penyimpanan yang tersedia dalam dua pilihan yaitu 16GB dan 32GB. Selain itu, juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 8MP dengan kualitas video 1080p.

  1. Galaxy S3

Pada bulan Mei 2012, Samsung merilis Galaxy S3 dengan layar yang lebih besar yaitu Super AMOLED 4.8 inci pada resolusi 720 x 1280. Perangkat yang hadir dengan Sistem Operasi Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich ini menggunakan CPU Exynos 4412 quad-core 1.4GHz, GPU Mali-400MP4 dan RAM sebesar 1GB. Untuk penyimpanan sendiri dengan tiga pilihan mulai dari 16GB, 32GB, dan 64GB dengan daya baterai 2.100mAh.

www.pexels.com

  1. Galaxy S4

Kesuksesan Samsung terus berlanjut dengan hadirnya Samsung Galaxy S4 pada bulan April 2013. Tipe ini menjadi satu-satunya smartphone Android yang antisipasinya sama dengan iPhone. Keduanya saling berebut posisi pertama dan meninggalkan smartphone lain yang berada jauh di belakangnya. Dengan menawarkan layar 10 inci x 10 inci x 1920 Super AMOLED, S4 juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 13MP. Untuk Sistem Operasi Android yang digunakan adalah 4.4.2 Jelly Bean dengan CPU Exynos 5410 okta-core. Sedangkan untuk ruang penyimpanan yang ditawarkan adalah 16GB, 32GB, dan 64GB dengan RAM sebesar 2GB.

  1. Galaxy S5

Pada bulan Februari 2014, Samsung merilis seri Galaxy S5 dengan CPU yang lebih cepat yaitu 2.5GHz. Begitu pula dengan layar yang ditawarkan pun lebih besar yaitu 5.1 inci Super AMOLED 1080p. Perangkat ini juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 16MP dengan daya baterai 2.800mAh. Sayang, pada tahun 2014, kesuksesan Samsung tidak lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari margin mereka yang turun 39 persen. Mereka juga menjual 6,2 persen smartphone lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Penjualan dari Galaxy S5 sendiri terjual 40 persen lebih sedikit dari Galaxy S4 yang saat itu mencapai angka 45 juta unit di seluruh dunia. Hal ini terjadi karena persaingan di pasar ponsel semakin sengit. Terlebih setelah kehadiran Xiaomi dan Lenovo yang terus mengalami kemajuan pesat.

  1. Galaxy S6 / Galaxy S6 Edge

Samsung tidak pernah menyerah untuk keluar dari bayang-bayang iPhone. Mereka menciptakan smartphone dengan tampilan yang lebih elegan dan eye-catching dalam diri Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Pada perangkat seri S6 dan S6 Edge ini, Samsung membekali Sistem Operasi Android 5.0.2 Lollipop dan telah di-upgradeĀ  menjadi Android 7.0 Nougat. Pada kap mesinnya, Samsung menyematkan chipset inti Exynos 7420 octa-core yang terdiri atas empat core 2.1GHz dan empat core 1.5GHz serta didukung oleh GPU Mali-T760MP8. Smartphone ini dibekali RAM sebesar 3GB namun mereka membuang penyimpanan microSD. Pada bagian kamera, Galaxy tipe ini dilengkapi dengan kamera wide-level 16MP, self snapper 5MP, OIS-enchanced 28mm dengan perekaman video 4k. Kemudian untuk kapasitas baterai sendiri cukup besar yaitu 2.550mAh.

  1. Galaxy S7 / Galaxy S7 Edge

Samsung kembali melahirkan smartphone tipe Galaxy dalam dua bentuk yaitu Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Seri ini keluar dengan layar yang lebih besar yaitu 5.1 inci pada Galaxy S7, kemudian pada Galaxy S7 Edge adalah layar sebesar 1440 x 2560 QHD Super AMOLED dengan ukuran 5.5 inci. Galaxy ini didukung oleh chipset Exynos 8890 octa-core dengan grafik Mali-T880 MP12. Kemudian untuk penyimpanan, Samsung menawarkan model 32GB dan 64GB yang masih dapat ditingkatkan dan ditambah dengan RAM 4GB. Smartphone ini terlihat semakin mengesankan dengan dibekali kamera 12MP yang dilengkapi dengan lensa aperture f / 1.7 26mm yang baru, deteksi dasa autofocus, dan peningkatan stabilisasi gambar optik untuk menghasilkan gambar yang lebih menakjubkan. Kemudian untuk daya baterai sendiri adalah sebesar 3.000mAh dengan kemampuan Quick Charge 2.0.

  1. Galaxy S8 / Galaxy S8 Plus

Samsung semakin luar biasa dengan merilis Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus yang memiliki layar melengkung yang elegan. Perangkat ini telah beralih dari panel infinity ke rasio aspek 18,5: 9 yang baru dengan resolusi 1440 x 2960 pada layar berukuran masing-masing 5,8 inci dan 6,2 inci. Seri ini menawarkan kamera utama dengan resolusi 12MP dan kamera depan sebesar 8MP. Kemudian untuk ruang penyimpanan sendiri adalah sebesar 64GB dengan RAM sebesar 4GB. Perangkat ini didukung chipset Exynos 8895 octa-core atau Snapdragon 835 untuk AS dan Mali-G71 MP20 GPU. Untuk daya tahan ponsel sendiri dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000mAh.

  1. Galaxy A5 2017

Selain mengeluarkan seri Galaxy S, Samsung juga menghadirkan seri A yang salah satunya adalah Samsung Galaxy A5 2017. Selain Galaxy A5, Samsung juga meluncurkan A3 dan A7 pada tahun yang sama. Seri A ini hadir dengan desain yang lebih segar dan memiliki beragam fitur canggih yang tidak kalah dari Galaxy S. Untuk Galaxy A5 ini hadir dengan desain yang sangat elegan dan hampir mirip dengan Galaxy S7. Dengan rancangan unibody logam dan lapisan kaca 3D, ponsel ini juga dilengkapi dengan tombol home yang terintegrasi dengan sensor finger print, tombol capacitive Back dan Recent Apps. Layar yang digunakan dalam Galaxy A5 2017 ini adala sebesar 5.2 inci Super AMOLED dengan resolusi Full HD (1920 X 1080p). Sedangkan untuk Sistem Operasi Android yang digunakan adalah 6.0.1 Marshmallow. Perangkat ini juga didukung dengan chipset Exynos 7880 dengan prosesor octa-core 1,9GHz dan GPU Mali T830. Sementara untuk ruang penyimpanan adalah dengan RAM 3GB beserta internal sebesar 32GB yang dapat ditingkatkan menjadi 256GB menggunakan microSD. Harga Samsung A5 2017 ini adalah Rp 4.499.000 dan harga second pada bulan Januari 2019 ini adalah Rp 2.610.000.

www.pexels.com

Kelebihan Samsung Dibanding Smartphone Lainnya

Melihat kesuksesan Samsung Galaxy yang menjadi nomor satu di dunia, hal ini tentu tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang mereka miliki jika dibandingkan dengan smartphone yang lain. Berikut kami sajikan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Samsung :

  1. Kualitas Terbukti

Masalah kualitas memang Samsung sudah tidak perlu diragukan lagi. Samsung memiliki kualitas yang sangat baik dan mampu menyaingi Apple. Soal harga, memang banyak yang mengatakan bahwa Samsung sedikit lebih tinggi dibandingkan perangkat lain. Namun, harga tersebut sebenarnya sudah sesuai dengan kualitas yang mereka tawarkan. Apalagi soal ketahanan di mana Samsung merupakan ponsel yang sangat tahan lama. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih tertarik dengan Samsung dibandingkan dengan perangkat lain.

  1. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli smartphone adalah dari fitur yang ditawarkan. Orang-orang tentu akan memilih smartphone dengan fitur yang paling canggih dan menarik dengan menyesuaikan budget yang mereka miliki. Hal ini dimiliki oleh Samsung yang menggunakan teknologi canggih demi memberikan fitur-fitur yang canggih pula.

  1. Memiliki Layanan Purna Jual yang Sangat Baik

Selain menawarkan beragam fitur yang menarik, Samsung juga memiliki layanan yang sangat baik meliputi customer service, layanan perlindungan produk, hingga cabang-cabang kantor pelayanan yang tersebar luas. Hal ini juga membuat Samsung memiliki karyawan yang sangat banyak. Bahkan, perusahaan asal Korea Selatan ini memiliki jumlah karyawan terbanyak dibandingkan dengan perusahaan yang lain seperti Apple. Dengan nama besar yang mereka miliki, Samsung memiliki pasar yang sangat luas. Mereka juga menghadirkan varian smartphone dengan harga yang bervariasi pula. Dengan begitu, mereka mampu menjangkau konsumen dari berbagai kalangan baik atas maupun bawah.

  1. Memiliki Fitur Signal-Max

Seperti yang telah diulas di atas bahwa Samsung selalu menghadirkan fitur menarik dengan teknologi yang canggih digunakan. Salah satunya adalah dengan adanya fitur Signal Max. Fitur ini hanya dimiliki oleh Samsung yang berfungsi untuk mengoptimalkan semua sinyal yang tersedia. Untuk ponsel Samsung yang telah dibekali dengan fitur Signal Max ini antara lain Galaxy A5, A7, J5 2016, dan J5 2016.

www.pexels.com

  1. Dibekali Mode Glove

Mode Glove ini berfungsi membuat akses layar pada smartphone Samsung menjadi lebih sensitif. Hal ini untuk menghindari masalah layar smartphone yang tidak sensitif sama sekali. Untuk mengaktifkan mode glove ini, kita tinggal masuk ke menu Settings > Dispaly > Touch lalu aktifkan menu Increase Touch Sensitivity. Dengan pengaktifan ini, smartphone Samsung akan menjadi lebih sensitif ketika disentuh.

  1. Service Center yang Banyak

Setiap smartphone pasti memiliki masalah terutama jika sudah lama digunakan. Untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada smartphone tentu bisa membawanya ke service center dari smartphone tersebut. Beruntung bagi para pengguna smartphone Samsung karena telah memilik service center yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Curved Edge Display

Saat ini, penggunaan fitur layar lengkung terus dikembangkan. Samsung juga telah memiliki smartphone dengan fitur curved edge display ini dalam diri Galaxy S8 Edge dengan rasio bodi-to-display 83 persen dan Infinity Display. Fitur ini membuat Samsung memiliki tampilan yang menarik dengan kesan lebih lebar namun nyaman dalam genggaman.

  1. Multi Window

Multi Window adalah fitur yang memungkinkan para pengguna Samsung untuk dapat mengakses dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Namun, penggunaan fitur multi window pada Samsung terbatas pada aplikasi tertentu saja mulai dari Galeri, Internet, Email, Messaging, Pemutar Video, Maps, Gmail, Youtube, dan Hangouts saja. Untuk cara pengaktifan fitur ini dengan membuka menu Settings > Display > Multi Window atau dengan menekan tombol Back sekitar dua detik.

www.pexels.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *