Perawatan Rumahan ala Salon Rambut

Siapa sih yang tidak suka ke salon? Bagi sebagian orang, salon merupakan magnet yang sulit dihindari. Ada banyak hal yang membuat orang suka sekali datang ke salon. Misalnya, memotong rambut, melakukan perawatan rambut, perawatan tubuh, bahkan beberapa salon juga menyediakan perawatan wajah, seperti facial. Namun, seseorang biasanya mengunjungi salon karena ingin melakukan perawatan atau potong rambut.

Saat ini memang tren perawatan rambut tengah populer di kalangan masyarakat. Tren ini bukan hanya diminati kalangan perempuan saja, tetapi juga laki-laki. Entah apa yang membuatnya begitu populer, tapi kini setiap orang semakin banyak yang menginginkan rambut yang sehat. Bisa jadi karena tren gaya hidup sehat juga sedang gaung.

Karena tren ini, semakin banyak salon yang menawarkan berbagai macam jenis perawatan rambut khusus untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut rusak, seperti rambut berketombe, rambut rontok, rambut berminyak, rambut lepek, hingga memperindah rambut. Masing-masng permasalahan rambut berbeda-beda pula jenis perawatannya. Untuk mengatasi berbagai permasalahan pada rambut yang sering dialami banyak orang, salon rambut memberikan banyak opsi perawatan yang bisa Anda pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan. Yuk, kita bahas satu per satu!

Jenis-jenis Perawatan Rambut yang Umum di Salon

Selama ini, mungkin sebagian dari Anda hanya melakukan beberapa perawatan rambut di salon, seperti potong rambut, creambath, atau hair mask. Padahal, ada banyak perawatan lain yang bisa dilakukan di salon rambut. Berikut ini akan kami bahas satu per satu jenis perawatan rambut yang bisa dipilih.

  1. Hair Pampering

Sebagian dari Anda mungkin baru mengenal istilah ini, apalagi untuk Anda yang jarang ke salon. Hair pampering adalah perawatan rambut yang dilakukan hanya sekadar untuk merawat rambut. Jenis perawatan yang satu ini bisa dilakukan untuk memperbaiki rambut yang rusak, maupun mempertahankan kondisi rambut yang suda bagus. Hair pampering bisa dilakukan di rumah menggunakan bahan-bahan alami atau di salon kecantikan.

  1. Hair Trimming

Salah satu perawatan yang wajib dilakukan dan bukan merupakan opsional adalah hair trimming. Banyak yang menganggap perawatan ini tidak penting dilakukan karena hanya menghabiskan uang saja ke salon hanya melakukan hair trimming. Padahal, tanpa disadari dan mungkin juga belum Anda ketahui, melakukan hair trimmingakan mengurangi kesempatan untuk rambut rusak.

Hair trimming adalah teknik perawatan rmabut dengan cara menggunting bagian ujung rambut kira-kira 2 – 3 cm saja. Kegiatan ini idealnya perlu rutin dilakukan setidaknya 2 bulan sekali atau lebih bagus lagi satu bulan sekali. Perawatan ini bukan semata-mata dilakukan untuk menjaga rambut tetap bagus bentuknya, melainkan utnuk membuang rambut yang bercabang dan kering pada bagian ujung rambut untuk mengembalikan kelembaban rambut Anda.

www.pexels.com

  1. Creambath

Cream bath adalah perawatan rambut yang bisa dikatakan populer karena sering dipilih orang-orang, selain hair cutting atau potong rambut. Cream bath berfokus pada perawatan kulit kepala dengan menggunakan cream massage khusus untuk rambut, sesuai dengan namanya. Bahan-bahan yang digunakan sebagai campuran cream massage umumnya dibuat oleh bahan-bahan tradisional atau alami karena perawatan ini mengambil nutrisi penting untuk kulit kepala.

Pengaplikasian cream massage pada kulit kepala harus dilakukan secara teliti, yaitu dengan mengoleskan cream massage ke seluruh bagian rambut. Bukan hanya dioleskan, namun juga harus dilakukan dengan pemijatan ringan. Pemijatan dilakukan untuk melemaskan kulit kepala, sehingga nutrisi pada cream massage bisa menyerap dengan sempurna ke kulit kepala, sekaligus memberikan efek relaksasi pada tubuh. Setelah pemijatan, treatment dilanjutkan dengan pencucian rambut.

Jenis perawatan yang satu ini adalah yang biasa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok. Sebab, nutrisi yang terdapat di dalam krim yang digunakan untuk cream bath dapat memperkuat akar rambut, serta membuat rambut sehat secara keseluruhan, sehingga kerotokan rambut dapat teratasi.

  1. Hair Mask

Perawatan yang satu ini memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dari masker rambut yang umumnya dibuat dari bahan-bahan alami. Kini banyak juga salon yang sudah mengemas masker rambut menjadi produk perawatan rambut khusus, sehingga bisa dilakukan di rumah. Pada saat treatment hair mask biasanya tidak dilakukan pemijitan pada kulit kepala karena khawatir akan memperparah kerontokan.

Serupa dengan cream bath, hair mask sangat cocok untuk Anda yang memiliki masalah rambut rontok, berketombe, hingga rambut yang mengalami kerusakan parah. Banyak juga orang yang melakukan perawatan hair mask setelah melakukan cream bath dengan krim berkualitas, sehingga perawatan yang dilakukan untuk mengatasi masalah paling mengganggu (ketombe dan rontok) ini semakin optimal.

  1. Hair Spa

Bukan hanya tubuh yang bisa dirawat dengan cara spa, melainkan juga rambut. Jenis perawatan yang satu ini bertujuan untuk membuat rambut rusak menjadi sehat kembali dengan cara pemberian nutrisi dan menguatkan folikel rambut, sehingga rambut sehat hingga ke akar. Karenanya, dalam proses perawatan hair spa, pemijitan pada kulit kepala harus dilakukan.

Sepintas memang treatment­yang dilakukan sama dengan cream bath. Treatment ini juga dilakukan utnuk mereka yang ingin memperbaiki rambut kering dan kusam atau yang sudah rusak akibat proses rebounding atau smoothing.Hanya saja, nutrisi yang diberikan pada perawatan hair spa lebih banyak dan lebih menjangkau lapisan rambut terdalam. Setelah dilakukan pemijatan juga Anda tidak langsung membersihkan rmabut, melainkan dilanjut dengan melakuakn steam yang bertujuan untuk melancarkan peredaran dan sirkulasi darah di kepala. Hair spa juga berguna untuk merelaksasi tubuh secara keseluruhan.

Namun ada juga yang mengatakan, bahwa treatment ini tidak bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki rambut super rontok atau yang sudah mengalami kerontokan parah hingga nyaris mengalami kebotakan. Sebab, poses steam pada treatment hair mask hanya akan melemahkan akar rambut yang sudah terlanjur ringkih. Untuk kondisi ini mungkin treatment yang bisa dilakukan hanyalah cream bath.

www.pexels.com

  1. Hair Manicure

Kebanyakan orang hanya tahu manicure adalah perawatan tubuh untuk menanggulangi kerusakan pada kuku-kuku tangan. Padahal, ada istilah manicure juga pada jenis perawatan rambut, yaitu hair manicure. Jadi apa yang dimaksud dengan hair manicure?

Hair manicure adalah salah satu teknik perawatan rambut yang berfungsi untuk mengembalikan kilau rambut dan membuatnya tampak sangat sehat. Dilihat dari tujuan ini sebenarnya tidak jauh berbeda antara hair manicure dengan nail manicure. Cara penggunaan hair manicure cukup berbeda dengan hair mask, hair spa, ataupun cream bath, yaitu dengan cara meratakan krim khusus yang digunakan untuk hair manicure pada seluruh bagian rambut yang sudah dikeringkan sehabis dicuci terlebih dahulu tanpa perlu di bilas. Hasilnya, rambut Anda akan berkilau dan terlihat lebih indah alami.

  1. Hair Toning

Perawatan yang satu ini memang agak berbeda dari yang sebelum-sebelumnya di jelaskan. Jika perawatan lain berfungsi untuk menutrisi rambut hingga ke bagian dalam dan akar, tidak demikian dengan hair toning. Hair toning merupakan perawatan rambut bagian luar, tanpa menutrisi bagian terdalam rambut. Fungsinya hanyalah untuk menutupi kerusakan pada rambut, khususnya menutupi uban atau rambut putih di kepala.

Berbeda dengan pewarna rambut yang di dalamnya terkandung amonia, hair toning tidak berbau menyengat. Toning juga aman digunakan jika Anda ingin menggunakannya secara rutin, karena kanungan bahan kimia di dalam produknya adalah senyawa kimia yang baik. Artinya, bahan kimia yang terkandung di dalamnya merupakan bahan-bahan yang justru berfungsi untuk merawata kesehatan rambut dan kulit kepala.

  1. Smoothing

Smoothing merupakan jenis perawatan yang paling banyak digandrungi, karena smoothing bisa membuat rambut Anda lurus natural seperti rambut asli. Dengan melakukan smoothing rambut Anda menjadi lebih rapi dan menawan. Berbeda dengan rebounding yang telah lebih dulu dikenal sebagai perawatan yang bisa membuat rambut menjadi lurus juga, namun membuat rambut terlihat lurus kaku dan jauh dari kesan alami. Selain itu, rebounding biasanya membuat rambut Anda justru terlihat kering.

Sebenarnya, Anda bisa melakukan smoothing tanpa harus datang ke salon, melainkan hanya melakukannya sendiri di rumah. Namun, kemungkinan gagalnya lebih besar karena smoothing memang harus dilakukan oleh tenaga ahli perawatan rambut. Karenanya, banyak orang yang lebih memilih melakukan perawatan ini di salon.

Smoothing dilakukan di salon dengan beberapa tahapan dan memakan waktu yang cukup lama. Pertama, rambut Anda akan dicuci sampai bersih dan kemudian dilakukan pengeringan. Selanjutnya, rambut Anda akan disemprot cairan anti frizz dan diberikan vitamin khusus. Selanjutnya, proses smoothing dilanjutkan dengan membagi-bagi rambut. Proses ini disebut dengan parting. Setelah proses parting dilakukan, barulah obat smoothing tahap pertama diaplikasikan pada rambut secara merata dan diamkan kurang lebih sekitar 15 sampai 20 menit. Setelahnya, bilas rambut dengan air hangat.

Tahap selanjutnya, rambut Anda akan disemprotkan lagi cairan anti frizz dan dikeringkan kembali. Setelah cukup kering, rambut akan di-parting kembali untuk kemudian dicatok dan didiamkan sekitar 25 sampai 30 menit sampai panas dari efek mencatok hilang. Setelah itu, obat smoothing tahap keduadiaplikasikan secara merata ke seluruh kulit kepala hingga ke bagian rambut terluar. Rambut akan didiamkan sekitar 30 menit untuk memastikan obat smoothing berikut nutrisi di dalamnya benar-benar terserap oleh kulit kepala. Setelahnya, rambut bisa langsung dibilas dengan kondisioner.

www.pexels.com

Tahap terakhir, rambut Anda akan disemprotkan cairan anti frizz untuk yang ketiga atau terakhir kalinya sekaligus diberikan vitamin rambut dan dikeringkan. Kemudian, rambut Anda akan dicatok satu kali lagi untuk sentuhan akhir agar lebih lurus sempurna dan bertahan lama. Selesai sudah proses smoothing. Hasilnya, rambut Anda akan tampak lurus natural dan sama sekali tidak terlihat kaku. Namun, setelah melakukan treatment ini biasanya Anda dilarang untuk keramas, menggunakan prosuk perawatan rambut lainnya, dan juga dilarang untuk mengikat rambut. Hal ini ini dilakukan agar rambut hasil smoothing lurus sempurna dan kuat bertahan lama, bahkan bisa permanen.

Itulah tadi beberapa jenis perawatan yang bisa Anda lakukan di salon dan yang akan Anda dapatkan di salon apabila Anda berkonsultasi tentang masalah kerusakan rambut. Melakukan perawatan kecantkan rambut di salon baisanya menggunakan berbagai produk perawatan bermerek yang memiliki kualitas tinggi. Dengan menggunakan produk-produk ini, proses perawatan rambut Andaakan menjadi semakin maksimal. Ada juga jenis perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan alami yang ditawarkan salon untuk merawat rambut. Namun, sekali lagi segala jenis perawatan yang dilakukan tergantung pada kondisi rambut Anda dan sudah separah apa kerusakan rambut Anda.

Perawatan ala Salon di Rumah

Memilih perawatan di salon memang lebih praktis. Sayangnya, memang sulit untuk mempercayakan masalah rambut pada orang lain, apalagi jika karyawan salon ganti-ganti dan belum paham seluk beluk masalah rambut Anda. Jarak biasanya juga jadi masalah orang malas ke salon. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk satu kali perawatan rambut juga tidak sedikit dan tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan perawatan sendiri di rumah.

Untuk perawatan harian, seperti mencuci rambut, pemberian kondisioner dan vitamin rambut, dan perawatan dengan masker rambut (hair mask) sebetulnya bisa dengan mudah Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu datang ke salon. Apalagi, kini sudah banyak produk perawatan rmabut siap pakai yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Bahkan, kadang ada beberapa salon yang menyediakan atau mengeluarkan produk perawatan rambut sendiri, seperti hair mask, kondisioner, atau krim khusus cream bath di rumah.

Untuk perawatan rambut di rumah tanpa produk dari salon juga bisa mengguankan bahan-bahan alami yang biasa tersedia di rumah. Seperti beberapa cara berikut:

  1. Menutrisi Rambut: Minyak Kelapa dan Minyak Lavender

Untuk pemberian nutrisi pada rambut, Anda bisa melakukan overnight hair mask dengan menggunakan bahan minyak kelapa dan minyak lavender. Kedua bahan ini dapat menjadikan rambut halus dan lembut. Minyak kelapa dikenal kaya akan kandungan protein dan asam lemak esensial yang mampu menutrisi rambut hingga ke akarnya. Sedangkan, minyak lavender memiliki kandungan linalool dan linalyl acetate yang kaya akan vitamin E. Selain itu, kandungan ini juga mampu menjadi antiseptik untuk tubuh.

Caranya juga cukup mudah, yaitu campurkan 2 – 3 sendok teh minyak kelapa dengan 2 – 3 tetes minyak lavender yang banyak dijual di pasaran. Aplikasikan pada rambut Anda secara merata sampai kulit kepala tanpa melakukan pemijatan, hanya dioleskan saja. Kemudian, gunakanshower cap selama semalaman. Pagi harinya, bilas rambut dengan menggunakan shampoo. Anda akan mendapatkan rambut yang lembut dan berkilau.

  1. Mengembalikan kilau rambut: Yoghurt dan Strawberry

Yoghurt mengandung protein, vitamin D, dan vitamin B yang dapat menjadikan rambut Anda nampak berkilau, lembut, dan sehat. Itulah sebabnya, yoghurt dapat dijadikan masker untuk menjaga kesehatan rambut. Penambahan strawberry akan membuat rambut ternutrisi dengan vitamin C yang terkandung di dalam buah strawberry, sehingga rambut terlihat lebih segar dan lembab. Caranya adalah dengan menyiapkan strawberry yang telah di potong dadu atau porong kecil-kecil. Kemudian, campurkan satu cup yoghurt, ditambah dengan satu sendok makna cuka sari apel, dan satu sendok makan madu asli. Masukkan semua campuran ini ke dalam blender. Setelah tercampur rata dan mencapai kekentalan yang sesuai, segera tempatkan campurna ini di dalam wadah dan oleskan campuran ini pada ujung hingga akar rambut. Biarkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air dingin.

  1. Mengatasi Kerontokan: Minyak Jarak dan Minyak Rosemary

Untuk melakukan perawatan terhadap rambut rontok, Anda bisa melakukan hair mask sendiri di rumah dengan menggunakan bahan minyak jarakdan minyak rosemary. Minyak rosemary memilki sifat anti inflamasi, meningkatkan pertumbuhan saraf, serta mampu meningkatkan sirkulasi darah. Sifat ini akan sempurna lagi jika disandingkan dengan manfaat dari minyak jarak. Penggabungan manfaat antara kedua tumbuhan herba ini akan memberikan khasiat yang optimal untuk perbaikan kondisi folikel rambut sehingga kesehatannya akan tetap terjaga dan mencegahnya dari kerapuhan. Tentu saja juga bisa memperbaiki kondisi folikel rambut yang rusak dan menyebabkan kerontokan.

www.pexels.com

Caranya adalah dengan mencampurkan secangkir minyak jarak dengan 3 – 4 tetes minyak rosemary. Masukkan campuran ini ke dalam botol dan kocok hingga tercampur dnegan sempurna, kemudian segera aplikasikan ke kulit kepala hingga batang rambut. Lakukan sedikit saja pijatan lembut pada kulit kepala selama kurang lebih 10 menit, lalu gunakna shower cap dan biarkan semalaman. Bilas rambut pada pagi harinya menggunakan air bersih dan shampooanti hair fall berkualitas.

  1. Mengatasi Kerontokan Parah: Lidah Buaya

Rambut rontok memang merupakan masalah terbesar bagi sebagian besar orang. Apalagi, mereka yang memiliki rambut panjang. Selain menggunakan minyak jarak dan minyak rosemary, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut. Tumbuhan yang satu ini memang sudah lama terkenal mampu mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut, terutama untuk Anda yang memiliki rambut kering dan rontok.

Cara melakukan perawatan dengan lidah buaya cukup mudah. Aplikasikan gel lidah buaya yang bisa Anda dapatkan di dalam daun lidah buaya dengan cara membelahnya menjadi dua bagian. Setelah mengambil gel lidah buaya, Anda langsung bisa mengaplikasikannya ke rambut Anda secara merata. Diamkan gel pada rambut selama 10 – 15 menit. Setelahnya, bilas rambut dengan sampo untuk membersihkan sisa-sisa lidah buay apada rambut. Lakukan secara rutin, paling tidak seminggu dua kali, maka rambut rontok bukan lagi sahabat Anda.

  1. Mengatasi Kerontokan: Minyak Jarak dan Minyak Rosemary

Untuk melakukan perawatan terhadap rambut rontok, Anda bisa melakukan hair mask sendiri di rumah dengan menggunakan bahan minyak jarakdan minyak rosemary. Minyak rosemary memilki

Masalah kerontokan kadang bisa mengubur kepercayaan diri Anda, karena lama kelamaan rambut bisa mengalami kebotakan. Jika sudah mengalami kebotakan, rambut Anda akan sulit sekali tumbuh atau ditumbuhkan kembali. Karenanya, selain memanfaatkan perawatan rmabut di salon dan membuat perawatan rambut di rumah ala salon, Anda juga bisa mengatasi kebotakan ini dengan menggunakan produk ajaib bernama Caboki yang mampu menutupi kebotakan pada rambut akibat masalah rambut rontok.

www.pexels.com

Produk ini tidak hanya mampu menutupi kebotakan pada kepala Anda, melainkan juga membuat efek tebal dan lebat pada rambut, serta membuat warna rambut menjadi lebih cerah dan berkilau. Produk ini sudah pasti layak dijadikan pilihan. Mengapa? Karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya merupakan bahan-bahan alami, yaitu terbuat dari tanaman seperti kapas yang banyak tumbuh di daratan Maroko, Afrika. Setelah matang, tanaman ini akan menghasilkan biji-biji yang akan diekstrak menjadi bahan aktif dari Caboki Hair Building Fiber. Karena, terbuat dari bahan alami, Anda bisa menggunakannya kapan saja saat dibutuhkan dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Kemasannya yang modern, membuat produk ini cocok dibawa kemanapun Anda pergi.

Seperti apapun perawatan yang Anda lakukan, jika tidak dibarengi dengan gaya hidup yang sehat dan perawatan dari dalam, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Karenanya, rutinlah meminum air putih dan olahraga.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *