Rekomendasi Populer: Essential Oil untuk Tidur Nyenyak

 

Bagi Anda yang memiliki gangguan tidur, ada baiknya untuk segera mengatasi masalah tersebut. Caranya yaitu dengan memanfaatkan minyak esensial yang memiliki aroma terapi. Seperti apa manfaat dan varian essential oil agar mendapatkan tidur yang berkualitas? Simak ulasannya di sini!

Mengenal EO

  1. Pengertian

Essential oil merupakan ekstrak yang dihasilkan dari bahan alami seperti tumbuh tumbuhan. Minyak ini memiliki wujud cairan kental jika disimpan suhu yang tepat atau suhu ruangan. Selain itu, minyak ini memiliki sifat yang mudah menguap dan memberikan wangi khas.

  1. Manfaat dan Kegunaan

Karena terbuat dari bahan bahan alami, minyak esensial mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Sebab, aromaterapi yang menenangkan mampu membuat tidur lebih nyenyak dan terhindar dari stres.

Selain itu, menghirup essential oil ternyata dapat meningkatkan stamina dan konsentrasi. Efek menenangkan pada aroma minyak atsiri mampu meningkatkan konsentrasi Anda dalam kehidupan sehari hari.

Ini Dia, 10 Varian EO buat Kamu Tidur Nyenyak!

  1. Lavender

Lavender menjadi andalan banyak orang untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk insomnia. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menaruh minyak esensial di samping bantal.

  1. Cedarwood

Komponen cedarwood secara klinis mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Hal ini dibuktikan oleh studi yang dilakukan Journal of Physiological Anthropology, menyatakan jika minyak esensial ini membuat tidur lebih nyenyak.

  1. Bergamot

Dalam memilih aroma esensial, Bergamot menjadi favorit banyak orang karena memberikan efek menenangkan. Berdasarkan studi yang dilakukan Complementary Therapies in Clinical riset membuktikan minyak esensial bergamot mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

  1. Roman Chamomile

Roman Chamomile merupakan minyak esensial yang memiliki aroma bunga manis yang dapat menenangkan pikiran. Tak ayal jika essential ini banyak dipilih oleh orang untuk mengatasi gangguan tidur.

  1. Sacred Sandalwood

Sacred Sandalwood ini memberikan aroma yang hangat, menyegarkan, aroma kayu, dan manis, sekaligus memenangkan.

  1. Marjoram

Varian essential oil yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur berikutnya adalah marjoram. Anda bisa menggunakan minyak esensial ini dengan mengoleskannya ke tubuh bagian atas atau melakukan pijatan menenangkan.

  1. Ylang-Ylang

Selanjutnya ada Ylang-Ylang essential oil yang mampu memberikan manfaat untuk kualitas tidur lebih baik. Minyak atsiri ini mampu meningkatkan aliran darah, menyeimbangkan emosi yang membuat tidur lebih nyenyak.

  1. Frankincense

Aroma hangat dari Frankincense mampu memberikan perasaan tenang, damai, dan santai pada tubuh seseorang. Tak hanya itu saja essential oil yang satu ini mampu menyeimbangkan mood dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.

  1. Valerian

Valerian merupakan tanaman yang memiliki aroma manis dan menyegarkan. Sentuhan manis ini memberikan efek menenangkan dan cocok untuk mengobati insomnia yang sedang diderita.

  1. Lime

Varian minyak atsiri yang disediakan pada laman web SenseYourDay ini mampu membantu meredakan nyeri pada saraf kepala. Dengan kandungan baik ini, essential oil lime bisa digunakan untuk merelaksasi agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Kombinasi EO Paling Mujarab buat Tidur Makin Nyenyak

Bagi Anda yang ingin memiliki kualitas tidur lebih baik, maka bisa mencoba beberapa kombinasi essential oil. Untuk tidur nyenyak, kombinasi yang dapat digunakan yaitu 2 tetes vetiver, 2 tetes lavender, dan 2 tetes Roman Chamomile ke dalam diffuser dengan takaran air 250 ml.

Itulah beberapa informasi mengenai essential oil yang paling ampuh untuk atasi gangguan tidur atau insomnia. Anda bisa memanfaatkan beberapa campuran minyak esensial untuk menghasilkan  aroma kuat yang menenangkan untuk tidur berkualitas.

You may also like...