Pengertian  Akuntansi Piutang Dan Mengenal Jenis-Jenisnya

Piutang adalah salah satu unsur yang biasanya terdapat pada suatu perusahaan dan terjadi diakibatkan oleh adanya penjualan barang jasa ataupun kredit pada debitur yang umumnya pembayarannya diberikan dengan waktu tempo sebulan sampai dengan 2 bulan lebih.  Dengan begitu bisa dikatakan piutang sendiri adalah suatu tuntutan kepada pihak lain berupa jasa uang ataupun barang yang diberikan secara kredit. Piutang sendiri di dalam akuntansi memiliki pengertian yaitu untuk menunjukkan suatu tuntutan pada pihak luar dan diharapkan untuk segera menyelesaikan masalah penerimaan uang tunai yang telah digunakan. Umumnya untuk piutang sendiri hadir dikarenakan adanya suatu transaksi penjualan barang ataupun jasa yang pembayarannya sendiri dilakukan apabila sudah terjadi transaksi jual beli.  Dikarenakan adanya piutang adalah salah satu harta dari perusahaan yang cukup penting tentunya dilakukan suatu prosedur untuk memuaskan kedua pihak.

Jenis-Jenis Piutang Dalam Akuntansi

Ada begitu banyak jenis piutang dalam akuntansi yang perlu untuk anda ketahui seperti berikut ini :

  • Piutang Usaha

Jenis piutang ini merupakan suatu jumlah untuk pembelian yang dilakukan secara kredit oleh pelanggan. Pada piutang usaha ini timbul sebagai suatu akibat adanya penjualan untuk jasa ataupun barang dan jasanya akan ditagih dalam kurun waktu antara 30 sampai dengan 60 hari lamanya.

  • Wesel Tagih

Pada jenis piutang ini merupakan syarat formal yang diedarkan untuk memberikan suatu pengukuran utang. Biasanya untuk wesel tagih ini memiliki kurun waktu tadi antara 1 bulan sampai 3 bulan lamanya nya pemilik utang untuk membayar bunganya.

  • Piutang Lain-lain

Dan yang terakhir yaitu piutang lain-lain adalah suatu piutang yang mencakup hal-hal yang berkaitan dengan piutang bunga uang muka karyawan piutang gaji serta pajak.  Dengan kata lain piutang ini merupakan suatu bagian yang terpisah dari neraca.

Demikian beberapa jenis piutang yang bisa anda ketahui dalam akuntansi.  Piutang merupakan suatu bisnis penting yang perlu untuk dikelola secara baik agar mendapatkan satu manfaat bagi perusahaan sekaligus untuk mendorong keinginan perusahaan lebih maju.  Meskipun dalam mengelola piutang adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan namun anda bisa menggunakan software untuk akuntansi yang memudahkan untuk ada mengelola piutang secara baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *