Jumlah Penduduk Bali Berkurang Berdampak Pada Budaya

Pertumbuhan penduduk yang saat ini dialami oleh Indonesia memang menjadi permasalahan yang cukup mengkhawatirkan. Beberapa kota besar yang tersebar di seluruh Indonesia sedang mengalami permasalahan mengenai jumlah penduduk. Jika dilihat di ibu kota Jakarta mungkin anda akan menemukan sebuah fenomena yang menarik yakni sedang dihadapkan dengan permasalahan padat penduduk. Namun hal ini berbeda dengan masalah kependudukan yang ada di Bali. Sedikit bertolak belakang dengan ibu kota, Bali sendiri mempunyai masalah dalam pertumbuhan penduduk yakni terjadinya penuruan jumlah penduduk Bali.

Laju Pertumbuhan Penduduk Cukup Mengkhawatirkan

Ketika Indonesia khususnya ibu kota yang sedang disibukan dengan masalah padat penduduk, masih ada wilayah di Indonesia yang sedang membutuhkan peningkatan jumlah penduduk. Salah satu program yang sedang dijalankan oleh pemerintah Indonesia untuk menekan laju pertumbuhan adalah dengan adanya Keluarga Berencana. Bali juga mencoba menerapkan program tersebut demi membuat keseimbangan antara kelahiran dan kematian, namun ternyata dengan adanya Keluarga Berencana tersebut membuat masalah yang cukup mengkhawatirkan bagi budaya yang ada di Bali. Mengenai laju pertumbuhan penduduk bisa anda ketahui dari demographic survey questions.

pixabay.com

Bali memang menjadi salah satu wilayah yang masih kental dengan kebudayaannya. Adanya program Keluarga Berencana tentu membuat setiap keluarga hanya mempunyai 2 anak, yang mana hal ini akan menghilangkan salah satu budaya yang dimiliki oleh Bali yakni dalam pemberian nama seorang anak. Tentu saja pemberian nama seorang anak di Bali dihubungkan dengan keterangan anak nomor berapa. Ketika setiap keluarga hanya mempunyai 2 orang anak saja maka akan menghilangkan nama – nama yang biasanya digunakan untuk anak nomor 3 dan 4 seperti Nyoman dan Ketut. Tentu saja hal ini jika dibiarkan akan menimbulkan hilangnya budaya yang selama ini dijaga dengan baik.

Mengingat hal tersebut sangat mengancam kebudayaan yang dimiliki Bali maka paradigma kependudukan diganti yang awal mulanya ingin mengurangi jumlah penduduk diganti menjadi bagaimana keluarga dapat menciptakan seorang anak dengan kualitas yang lebih baik. Tentu saja hal ini tidak akan membatasi setiap keluarga untuk mempunyai anak yang lebih dari 2 melainkan akan membuat keluarga tersebut berfikir lebih baik untuk bisa menghadirkan seorang anak dengan kualitas hidup yang lebih baik.

Walaupun mempunyai paradigma kependudukan yang berbeda dari beberapa wilayah lainnya yang ada di Indonesia tidak lantas membuat Bali melupakan masalah kepadatan penduduk. Walaupun setiap keluarga diperbolehkan mempunyai anak lebih dari 2, namun tetap saja disiapkan rencana – rencana untuk menghadapi masalah kepadatan penduduk. Seperti yang diketahui bahwa sebenarnya penduduk Bali juga sudah terbilang cukup besar. Melalui pemantauan jumlah penduduk maka akan lebih mudah untuk memantau laju pertumbuhan penduduk agar tidak terjadi masalah kepadatan penduduk.

pixabay.com

Bali dengan Sejuta Kelebihan Wisata

Penduduk Bali tentu bisa mamanfaatkan kelebihan wisata yang dimiliki bali untuk bisa menunjang perekonomian. Bali memang dikenal dengan sejuta wisatanya yang terkenal, banyak orang baik dari dalam negeri maupun luar yang tertarik untuk berwisata di Bali. Wisata yang disajikan di Bali memang mempunyai kelebihan dibandingkan dengan beberapa wisata yang ada di berbagai wilayah di Indonesia. Inilah beberapa kelebihan wisata yang ada di Bali :

  1. Terdapat berbagai destinasi wisata

Ketika anda berada di Bali maka anda akan dengan mudah menemukan berbagai destinasi wisata yang bisa anda kunjungi. Selain itu pemandangan yang ditawarkan juga sangat bagus sehingga mampu menarik minat anda untuk datang kembali.

  1. Kental akan budaya dan tradisi

Bali memang masih menjungjung tinggi kebudayaan dan tradisi yang selama ini telah dianut. Ketika berada di Bali maka anda akan merasakan suasana yang sangat berbeda ketika anda berada di wilayah lainnya.  Budaya dan tradisi yang masih dilaksanakan di Bali tidak hanya terlihat pada bangunannya saja melainkan anda bisa menemukan beberapa wisata yang menyajikan pemandangan yang kental akan budaya dan tradisi.

  1. Penduduk yang ramah

Selain kental dengan budaya dan tradisi, salah satu keunggulan yang dimiliki Bali adalah penduduknya sangat ramah. Sambutan yang diberikan penduduk kepada pendatang sangat ramah sehingga membuat para pendatang merasa nyaman di Bali.

pixabay.com

  1. Keindahan alam

Salah satu wisata yang ditawarkan di Bali adalah keindahan alam, anda akan menemukan banyak sekali wisata yang menyajikan keindahan alam. Salah satu keindahan alam yang bisa anda temui di Bali adalah banyaknya pantai. Ada beberapa pantai yang terkenal di Bali, pantai – pantai tersebut menjadi pantai favorit bagi pengunjung seluruh dunia.

Tidak hanya pantai, di Bali anda juga bisa menemukan persawahan. Keindahan alam seperti persawahan tentu saja dapat membuat anda merasakan kesejukan dan jauh dari kata polusi.

Itulah beberapa hal terkait dengan perkembangan yang sedang terjadi di Bali. Walaupun mempunyai jumlah penduduk yang banyak, namun penduduk di Bali tetap berusaha untuk membuat penduduk mempunyai perekomomian yang baik sehingga tidak akan terjadi berbagai masalah kependudukan. Selain beberapa informasi tersebut, masih ada banyak informasi menarik lainnya terkait dengan perkembangan penduduk di Bali.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *