Tempat Wisata Palestina Paling Populer

Palestina merupakan wilayah yang berada di Timur tengah, terletak di antara Laut Tengah dan Sungai Yordan. Palestina memiliki nama yang beragam, mulai dari Tanah Israel, Kanaan, Kerajaan Yerussalem, Suriah Selatan, dan masih banyak lagi nama lainnya. Negera ini berada di wilayah yang sangat strategis, di antara Suriah, Mesir dan Jazirah Arab. Ada banyak bangsa yang pernah menguasai Negara ini, di antaranya adalah orang farsi, orang Romawi, orang Babilonia, orang Yunani Kuno, Kekhalifahan Arab Sunni, orang Salibi, Ayyubiyah, Turki Usmani, Mamluk, orang Israel Modern, orang Britania dan masih banyak lagi lainnya. Untuk batas wilayah Negara ini selalu berubah-ubah,. Perbatasan Negara ini dimulai dari Lebanon Ras El-Nakoura wilayah Laut Tengah, dengan garis lurus mengarah timur hingga daerah yang dekat dengan kota kecil Lebanon .

Untuk perbatasan dengan Yordania dimulai dari danau Tabariyya, sepanjang sungai Yordan ke arah selatan dan membelah Laut Mati dan lembah Arabi, dan sampai Aqaba. Untuk perbatasan dengan Mesir garis lurus membelah daerah Semi-pulau Seena dan padang Al Nagab. Untuk bagian Barat palestina berada di perairan lepas laut Tengah yang memiliki jarak 250 km dari ras El-Nakoura. Negara ini adalah Negara yang istimewah, berada di tengah-tengah Negara Arab membuat Negara ini memiliki kombinasi geografis yang humanis dan natural. Sebagai Negara jembatan penghubung dan lokasi pusat yang sangat strategis. Untuk saat ini Palestina terbagi menjadi daerah Negara Israel dan daerah Otoritas Nasional palestina yang sebagian besar berwilayah di tepi barat dan semua jalur Gaza.

pexels.com

Tempat Wisata Palestina

Palestina merupakan Negara yang memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik, namun karena di akibatkan perang dengan Israil maka ada banyak tempat wisata yang hancur. Berikut ini adalah tempat wisata keren yang tidak kalah menarik dengan Negara lainnya :

  • kota Tua Jenin

Ada banyak kota tua yang bisa anda kunjungi di Negara ini, salah satunya adalah kota Jenin. Di tempat ini anda akan merasakan kehidupan timur tengah yang sejuk dan nyaman. Di tambah ada alunan music local dan lantunan adzan yang akan menambah suasana sahdu dan membuat seseorang beriman. Namun sekarang kota ini menjadi kota yang di larang untuk dikunjungi karena perselisihan Palestina dengan Israel.

  • Kota Tua Akka

Kota tua selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah kota Akka, berada di perbatasan dengan Israel. Di kota ini anda bisa menikmati keindahan pantai Mediterania. Dahulu tempat ini dijadikan sebagai benteng pasukan kerajaan Salib. Ada banyak orang yang berkunjung ketempat ini untuk mengenang kembali peristiwa yang pernah ada di sini.

  • Kota Kuno Sebastian

Ada banyak kota tua yang ada di Negara ini, kota tua selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah kota Sebastian. Kota ini berada di 12 km dari arab Barat dari kota Nablus. Untuk populasi penduduk kota ini mencapai 4.500 jiwa. Anda bisa menemukan keindahan kota ini dengan mengunjungi dua menara Hellenic, yang mana sisa reruntuhan Istana Samaria dan gereja Bizantium. Bahkan ditempat ini wisatawan juga bisa berwisata di kebun buah. Kebun zaitun ini dikenal juga dengan nama bukit Zaitun.

  • Masjidil Al Aqsa

Hampir semua muslim mengenal masjidil Al-Aqsa, hal ini disebabkan nabi Muhammad pernah melakukan perjalanan isro’ mi’roj. Perjalanan ini dumulai dari masjidil haram ke kemasjidil Aqsa, selanjutnya nabi melakukan perjalanan ke sidrotul muntaha. Masjid ini menjadi tempat suci agama islam yang berada dalam satu kompleks dengan kota lama Yerusalem. Untuk anda yang ingin berwisata islami maka tempat ini harus menjadi wisata inti. Di masjidil Aqsa anda juga bisa mengunjungi Tower of David. Tower ini memiliki desain infrastruktur yang sangat bagus.

  • Hammam Ash-Shifa Nablus

Adalah tempat yang menyediakan tempat pemadian air hangat, air yang dingin dan pemandian uap yang menggunakan cara tradisional. Sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menghilangkan penat karena perjalanan. Di tempat ini bahkan tersedia jasa pijat dengan pelayanan yang sangat ramah. Anda juga bisa menikmati teh, manisan, dan sisha khas dari Timur Tengah. Di tambah dengan lantunan music arab local yang membuat nyaman.

  • Pasar Tradisional Hebron

Di Negara ini juga ada pasar untuk belanja oleh-oleh dan lain sebagainya yang layak dikunjungi, yaitu pasar tradisional Hebron. di tempat ini ada banyak penjual pakaian, kerajinan tangan, dan barang lainnya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

  • Istana Hisham, Jericho

Istana ini berada di hamparan padang pasir Jericho. berada di tepi barat dan menjadi salah satu wisata yang harus dikunjungi oleh wisatawan. Waktu yang cocok untuk berkunjung ketempat ini adalah menjelang musim panas. Di tempat ini anda bisa melihat pengendara yang melewati jalanan dan sambil menikmati daging bakar.

  • Taybeh Beer

Merupakan minuman bir yang diracik untuk umat muslim dan yahudi, minuman ini sama sekali tidak mengandung alcohol. Nama dari taybeeh diambil dari nama tempat yang berada di wilayah tepi barat, dibangun di pertengahan tahun 1994. dipasaran anda akan menemukan 3 jenis beer, yaitu Taybeh golden, light bir, dan dark. Bir halal ini diciptakan oleh Nadim Khoury yang saat ini berada di Amerika.

  • Pantai Gaza

Gaza adalah salah satu wilayah yang hingga saat ini masih dikuasai oleh Palestina. sebelumnya pantai Gaza memiliki pesona tersendiri. Pantai ini berada di jalur Gaza yang saat ini sama sekali tidak aman untuk dikunjungi. Tempat wisata ini cukup popular dan banyak wisatawan yang datang ke palestina dengan tujuan ke pantai Gaza.

  • Kota Deir Ghassana

Tempat ini berada di tepi barat, kota ini berada di bagian kota Ramallah yaitu ibukota Palestina. banyak wisawatan yang sengaja datang ke Negara ini untuk mengunjungi kota Deir Ghassana. Hal ini disebabkan bahwa kota ini memiliki bangunan kota yang terbuat dari batu dan sudah ada sejak abad ke 18. Anda akan menjumpai penduduk yang masih mempertahankan tradisi ini, bahkan masih banyak penduduk yang mempertahankan tradisi lawas dengan memiliki sumur-sumur tua. sumur tersebut digunakan untuk menyimpan air, biji-bijian dan minyak zaitun, khususnya yang akan digunakan di musim penceklik. Di tempat ini bahkan anda akan menemukan banyak sekali kuliner khas palestina yang menggiurkan lidah.

pexels.com

Fakta-Fakta Menarik

Ada banyak sekali fakta menaruik seputar Palestina yang bisa anda ketahui, berikut ini adalah fakta menarik yang bisa dketahui :

  • Asal usul Palestina berasal dari bangsa Romawi ditahun 130. Awalnya Negara ini bernama Yudea dan menjadi Filistia dan Palistine. Nama Negara ini di ubah sebagai salah satu bentuk agar orang-orang yahudi tidak memberontak. Selain itu juga memiliki nama yang banyak di antaranya Xoele-Xyiria, provinsi Ludaea, Zion, Syiria Selatan, Levant Selatan, Tanah suci, tanah Israel, Kanaan dan masih banyak lagi nama lainnya. Bahkan dalam tulisan hieroglip Negara ini memiliki nama Peleset.
  • Negara ini pernah dikuasai oleh beragam bangsa lainnya, di antaranya adalah Romawi, Yunani Kuno, Mesir Kuno, Kanaan, Ottoman, Mongol, Bizantium, Persia, Israel, Assiria, Dinasti Abbasiyah, Dinasti Fatimiyyah, tentara perang salib, Dinasti Umayah, Palestina modern dan Babilonia.
  • Ternyata nenek moyang dari bangsa Palestina bukanlah orang dari arab, namun bangsa Turki yang akhirnya dikuasai oleh Inggris.
  • Penduduk palestina sebelumnya berjumlah 4 juta orang saja, di tepi barat berjumlah 2,5 juta dan di jalur Gaza berjumlah 1,5 juta. Namun adanya konflik yang terus menerus terjadi sekarang jumlah penduduk Negara ini semakin berkurang.
  • Salah satu kota terkenal yang ada di Palestina adalah Bethlehem berada di Tepi Barat, Kota ini menjadi kota kelahiran dari Raja daud yang dinobatkan sebagai raja oleh kaum Israel, dan konon katanya di tempat ini juga Yesus lahir.
  • Yerussalem menjadi kota yang direbutkan oleh banyak agama, mulai dari agama yahudi, Kristen hingga islam.
  • Penting untuk diketahui bahwa ternyata negara ini adalah Negara tertua, sudah ada manusia di sejak zaman perunggu yang hidup di Negara ini
  • Di tempat ini juga sebagai lahirnya agama-agama besar yang ada di dunia ini, yaitu antara yahudi dan Kristen.
  • Ibu kota Palestina adalah Yerusalem, bangsa Israel dan Palestina sama-sama mengklaim bahwa Yerussalem adalam ibukota mereka.
  • Kota Hebron merupakan tempat makan patriarch dan Matriach makam keluarga. Nabi Ibrahim, nabi Ishak, istri dan anak-anaknya dimakamkan di tempat ini.
  • Penting untuk wawasan bahwa laut mati adalah titik terendah dari bumi, dan laut mati ini berada di Palestina.
  • Ternyata budaya dari Palestina masih terhubung dengan budaya Eropa. Dan untuk nenek moyang manusia dari Palestina merupakan kelompok yang sama dengan manusia yang berasal dari Eropa.
  • Betllehem merayakan natal hingga tiga kali, pertama di tanggal 25 Desember, selanjutnya 6 januari di Gereja Ortodoks dan yang ketiga adalah tanggal 18 januari sebagai tradisi Armenia.
  • Istana Hisham atau dikenal dengan nama Khirbet El-Mafjir berada di 3 km utara Jercho. Di bangun oleh Khalifah Umayah Hisham bin Abdul di abat 724 hingga 743.
  • Temukan pemandian terkenal yang bernama hammam esh-Shifa, pemandian ini berada di kota Nablus yang sangat kuno.
  • Ada salah satu tempat wisata yang cocok bersama dengan keluarga, merupakan tempat area berenang juga bertamasya.
  • Datanglah ke kelas masak Bait Al Karama, adalah tempat makanan khas dari palestina yang bisa anda kunjungi.
  • Salah satu buah yang sangat diagungkan di Negara ini adalah zaitun, bahkan minyak ini sebagai budaya dan tradisi dari warga Negara ini.
  • Di Negara ini terdapat gereja yang di anggap sangat suci oleh orang-orang Kristen, bahkan gereja ini adalah gereja tertua.
  • Kota Jericho adalah pusat perkantoran tertua di dunia. Bahkan di yakini kota ini sebagai peninggalan 11 ribu tahun yang lalu. Hingga saat ini kota Jericho sudah melakukan renovasi hingga 20 kali.

Untuk anda yang akan berlibur keluar negeri seperti Palestina, pastikan menyiapkan segala hal jauh-jauh hari. Berikut ini adalah hal-hal apa saja yang harus anda siapkan :

  • Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, Paspor, Visa dan dokumen lainnya. Dengan adanya dokumen tersebut maka sebagai bukti bahwa anda adalah warga Negara Indonesia. Dokumen ini sangat penting karena di gunakan untuk chek-in pesawat terbang
  • Sangat disarankan untuk memesan tiket jauh-jauh hari, maka anda akan mendapatkan banyak pilihan diskon yang pastinya akan membantu anda untuk lebih berhemat. Jika anda membeli secara mendadak maka anda akan kesulitan mendapatkan pesawat yang memiliki promo. Penerbangan mendadak akan dikenai harga yang cukup mahal.
  • Selanjutnya pastikan anda mencari rute paling aman untuk datang ke Palestina, apalagi kita tahu bahwa Negara ini merupakan yang saat ini masih rawan dengan peperangan. Anda harus benar-benar mencari info keamanan dari pihak yang valid.
  • Belajar bahasa yang digunakan di Palestina, di tempat ini biasanya menggunakan bahasa Arab, anda juga bisa menggunakan bahasa Inggris karena bahasa ini adalah bahasa Internasional.Sebaiknya anda download terlebih dahulu kamus bahasa yang sesuai dengan bahasa di sana.
  • Mencari info tempat wisata yang masih aman, karena ada banyak tempat yang hancur karena peperangan antara bangsa Palestina dengan bangsa Israel.

pexels.com

Mengenal Lebih Dekat Masjidil Aqsa

Masjidil Aqsa atau dikenal dengan nama Baitul Maqdis merupakan sebuah kompleks masjid yang memiliki luas 144.000 meter. Masjid ini berada di kota Yerussalem yang menjadi kota suci bagi agama islam, Kristen dan Yahudi. Di dalam bangunan Masjidil Aqsa tidak hanya terdiri dari satu bangunan saja, anda akan menemukan Jami’ Al Aqsha yaitu bangunan berkubah biru dan kubah Shakhrah yaitu bangunan berkubah emas. Masjid ini menjadi kiblat bagi kaum muslim mulai dari generasi awal hingga generasi tujuh belas bulan setelah hijrah, kemudian baru dialihkan ke Ka’bah yang berada di Masjidil Haram. Sebagai tempat suci orang Yahudi karena mereka menganggap bahwa masjid Aqsa adalah tempat berdirinya Bait Suci berdasarkan sumber Yahudi. Untuk pembangunan Masjidil Aqsa secara besar-besaran dimulai dari Dinasti Umayyah dan bangunan di dalamnya selesai pada tahun 692 M, dan menjadikannya sebagai bangunan paling tua di dunia. Setelah terjadinya kemenangan perang salib tahun 1099 pengelolaan dari Masjidil Aqsa jatuh secara menyeluruh kepada orang-orang Yahudi, tempat ini di ubah menjadi istana yang dinamakan dengan Templum Solomonis atau kuil Sulaiman, juga sebagian bangunan di dalamnya diubah menjadi gereja Templum Domini atau kuil Tuhan. Fungsi Masjidil Aqsa kembali setelah umat islam mampu merebut kembali. Dan ini menjadi masalah paling utama kenapa hingga saat ini Palestina dan Israel bentrok.

Ada beberapa fakta menarik yang harus anda ketahui sebelum anda pergi ke Negara Palestina khususnya ke Masjidil Aqsa :

  • di Masjid ini anda akan menemukan kubah pertama yang ada di dunia, yaitu Kubah Dome of Rock yang dibangun oleh Abdul Malik bin Marwan dari dinasti Umayyah. Pada kekuasaan Turki Usmani kubah yang tadinya menggunakan keramik diubah menjadi marmer.
  • Masjid Al-Aqsa pernah menjadi tempat sampah, hal ini terjadi pada saat Romawi menguasai Yerussalem, namun setelah Amirul Mukminin Umar bin Khattab mengalahkan Romawi fungsi dari Masjidil Aqsa dikembalikan lagi.
  • Masjidil Aqsa juga pernah dibakar dan dihancurkan disebabkan karena peperangan, walaupun akhirnya dibangun kembali.
  • Sebagai tempat lahirnya kitab-kitab besar, seperti kitab Ulya Ulumuddin karangan dari Al Ghazali.
  • Masjid ini juga dijadikan sebagai perpustakaan yang didirikan pada tahun 1923 oleh Dewan Legislatif Muslim Tertinggi.
  • Memiliki mimbar buatan dari Jepara, pada tahun 1969 Masjid ini dibakar dan akhirnya mimbar Nurudin Zanki ikut terbakar. Raja Yordania Abdullah bin Husein akhirnya memperkasai pembuatan mimbar, tiga orang dari lima pembuat mimbar berasal dari Jepara Indonesia.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Masjidil Haram ada banyak manfaat yang bisa anda petik, berikut ini merupakan manfaat yang cukup besar bagi anda yang ingin melakukan tour masjidil aqsa :

  • Memaknai Peristiwa Isra’ Mi’raj lebih dalam

Isra’ Mi’raj adalah peristiwa yang sangat penting bagi semua umat muslim di dunia. Dengan adanya isro’ mi’roj maka Nabi Muhammad Saw mendapatkan perintah dari Allah swt untuk menjalankan sholat 5 waktu dalam satu hari. Masjidil Aqsa adalah menjadi saksi sejarah perjalanan Isra’ Mi’raj, karena menjadi salah satu tempat persinggahan sebelum melakukan peristiwa isra’ mi’raj. Dengan mengunjungi masjidil aqsa maka kita akan lebih Dalam untuk memaknai agama islam.

  • Akan mendapatkan pahala yang lebih banyak

Dengan melakukan sholat di masjidil aqsa maka pahala akan mengalir dan dilipat gandakan. Rosulullah saw pernah bersabda yang isinya bahwa sholat di Masjidil Haram lebih utama dengan pahala seratus kali lipat dibanding sholat di masjid-masjid lainnya. Sholat di Masjid Nabawi lebih utama seribu kali lipat  daripada sholat di masjid lainnya. Dan untuk sholat di Masjidil Aqsa lebih utama lima ratus kali lipat daripada sholat di masjid lainnya. Hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad.

pexels.com

  • Untuk memaknai perjuangan umat muslim

Masjid Al Aqsa merupakan masjid yang berdiri di kawasan yang penuh dengan konfik antara Israel dan Palestina. Dengan mengunjungi daerah ini terutama masjidil Aqsa maka kita akan lebih memaknai perjuangan bangsa Plestina yang melindungi masjid ini dari serangan penduduk Israel. Sekarang ini berkunjung ke masjid ini menjadi impian semua umat muslim yang ada di dunia, dan untuk bisa mengunjungi tempat ini anda masih bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan jasa travel.

Berkunjung ke Negara Palestina tidak semudah berkunjung ke Negara lain yang ada di dunia ini. Untuk mengunjungi Palestina dibutuhkan perjuangan untuk mampu mendapatkan perijinan dari pihak Israel. Untuk bisa masuk kedalam Palestina harus melewati proses penjagaan dari Israel. Ditambah Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatis dengan Israel. Sedangkan pihak Palestina juga mempromosikan pariwisata yang didukung oleh Japan Internasional Corporation Agency, juga dibantu oleh pihak Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan Pariwisata palestina  dihadapan agen travel, pebisnis dan media. Dengan adanya usaha ini maka keindahan alam negeri Palestina, budaya hingga kuliner bisa dinikmati oleh para wisatawan yang penasaran dengan Negara ini seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk anda yang tertarik untuk datang ke Palestina, bisa mencoba cara lainnya dengan melalui Aman, dan Yordania. Bisa juga melalui Mesir dan masuk ke jalur Gaza, dan tetap saja anda akan mengalami kendala perijinan dari Israel dan Mesir. Hal lainnya yang menyulitkan wisatawan datang ke Negara ini adalah masalah Visa, dari pihak Indonesia memudahkan pembuatan Visa, namun banyak orang yang lebih memilih Visa yang dibuat dari Kedutaan Israel yang ada di Singapura. Cara yang mudah untuk bisa datang ke Negara tersebut adalah dengan melalui agen perjalanan, untuk perjalanan individual sulit untuk dilakukan, sehingga solusi terbaik adalah dengan melalui agen.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *