Ini Dia Daftar 5 Oleh Oleh Khas Cirebon

Cirebon adalah satu satu kota di Jawa Barat. Kota ini menjadi salah satu kota yang terdekat dengan perbatasan Jawa Tengah. Cirebon juga dikenal dengan sebutan kota udang. Di kota ini terdapat banyak sekali tujuan wisata yang bisa anda kunjungi. Karena letak geografis kota ini yang dekat laut, Cirebon mempunyai banyak sekali tempat wisata pantai yang sangat menarik. Cirebon yang terletak di pesisir pantai utara ini tentu saja memiliki pantai dengan ombak yang tenang. Tak jarang banyakwisatawan yang singgah untuk berwisata di kota ini.

Cirebon yang merupakan salah satu kota kesultanan ini juga memiliki tempat wisata budaya yang sangat menarik. Wisata ini tentu sangat layak untuk dikunjungi jika anda suka dengan wisata kearifan budaya. Salah satu peninggalan budaya dari kesulttanan ini adalah batikya. Motif batik yang dimilki oleh kota ini berbeda dengan motif-motif yang ada di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Motif batik ini dinamakan mitif mega mendung karena bentuknya yang seperti awan. Batik ini juga merupakan salah satu oleh oleh khas Surabaya.

pxhere.com

Apa saja oleh oleh khas Cirebon

Nah, bagi anda yang mau berkunjung ke kota udang ini tentu saja anda harus tahu oleh-oleh apa sa yang menjadi ciri khas kota ini. Oleh oleh khas Cirebon ini dalam segi kuliner banyak sekali olahan dari hasil laut karena kota ini merupakan salah satu kota pesisir. Banyak sekali oleh-oleh yang berbahan dasar hasil laut di kota ini. Cirebon dijuluki kota udang juga mempunyai sebab tertentu. Di kota ini banyak sekali hasil olahan dari udang karena itu Cirebon mendapat jukukan tersebut. Selain hasil dari olahan udang, Cirebon juga memiliki beragam oleh-oleh lainnya.

Selain kulner, Cirebon juga memiliki cenderamata berupa kain batik. Motif batik yang khas daerah ini menjadi salah satu keunikan dari kota ini. Batik dari kota ini sudah terkenal sampai ke mancanegara. Maka tak salah jika menjadikan batik dari Cirebon ini sebagai salah satu buah tangan untuk dibawa pulang.

pxhere.com

Daftar 5 oleh oleh khas Cirebon

Berikut adalah beberapa oleh oleh khas Cirebon yang akan diulas kali ini. Oleh-oleh ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan sebagai buah tangan jika anda berkunjung ke kota udang ini.

  1. Terasi udang

Terasi merupakan salah satu bahan sebagai bumbu dari makanan. Terasi biasanya terbuat dari olahan udang rebon. Cirebon yang merupakan salah satu kota pengahasil udang terbanyak tentu saja mempunyai hasil olahan ini. terasi udang dari kota ini sangat kha rasanya. Keunikan rasa yang berbeda dengan terasi lainnya membuat olahan ini menjadi terfavorit untuk dijadikan sebgai buah tangan para wisatawan yang berkunjung. Terasi yang dihasilkan di kota ini terbuat dari 100% udang murni. Tentu saja hal ini yang membuat rasa dari terasi udang Cirebon ini sangat lezat.

  1. Kerupuk udang

Selain terasi, Cirebon juga memiliki olahan dari udang lainnya. Salah satu olahan yang terkenal adalah kerupuk udang. Kerupuk udang khas Cirebon ini memiliki tekstur yang renyah serta rasa yang gurih. Kerupuk ini bisa dijumpai dengan mudah di kota ini. kerupuk yang merupakan camilan sebagai pelengkap makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan kita. Kerupuk udang olahan dari Cirebon ini terbuat dari udang segar yang dipadu dengan bumbu-bumbu special dan tepung lalu dikeringkan. Kerupuk ini sangat terkenal sampai ke kota-kota lain yang ada disekitarnya. Jadi tak lengkap rasanya ika kita berkunjung ke kota ini tanpa mencicipi kelezatan dari kerupuk ini.

pxhere.com

  1. Ikan asin

Selain olahan berbahan dasar udang, Cirebon juga mempunyai olahan hasil laut lainnya. Ikan asin sebagai salah satu contoh olahan hasil laut yang sangat populer di Cirebon. Olahan ini bisa bertahan sampai berbulan-bulan, hal ini yang menjadi keunikan dari olahan ikan asin khas Cirebon. Ikan asin khas Cirebon ini menggunakan ikan segar yang baru diangkat dari jaring para nelayan. Ikan ini akan dikeringkan dengan dibubuhi garam sebagai pengawet alaminya. Proses pengeringan yang alami dan membutuhkan waktu yang sangat lama menjadikan hasil olahan ini bisa bertahan lama dan tidak mengandung bahan pengawet sama sekali. Jadi ikan asin khas Cirebon ini sangat aman untuk dikonsumsi.

  1. Gula batu

Cirebon merupakan salah satu kota penghasil gula batu terbesar di Indonesia. Gula batu yang dihasilkan di kota ini banyak didistribusikan ke seluruh kota di Indonesia. Gula batu khas Cirebon memiliki tekstus seperti berlian. Warnanya yang putih kebiruan membuat gula batu dari Cirebon ini menjadi sangat khas. Rasa dari gula batu ini juga juara mengalahkan gula batu yang diproduksi di kota lain.

  1. Batik

Sebagai salah satu kota kesultanan tentu menjadikan Cirebon memiliki cinderamata berupa batik. Motif yang sangat berbeda dengan motif batik dari daerah lain yang kebanyakan mengambil dari motif tumbuhan, Cirebon memiliki motif yang unik karena berbentuk se[erti awan. Motif ini dinamakan motif batik mega mendung. Batik dari Cirebon merupakan salah satu kekayaan batik yang yang ada di Indonesia.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *