Cara Menjaga Kesehatan Mata Dan Aktivitas Yang Membahayakan Kesehatan Mata

Di dunia ini manusia adalah salah satu makhluk sempurna yang memiliki organ tubuh yang paling baik dan lengkap. Setiap indera dan organ vital yang ada dalam tubuh manusia akan membantu pertumbuhan, regenerasi, aktivitas dan proses metabolisme manusia dapat berjalan dengan baik. Karena semua indera dan organ yang ada dalam tubuh manusia bekerja secara seimbang dan berdampingan maka akan terjadi masalah khususnya masalah kesehatan jika ada satu indera atau satu organ tubuh manusia yang mengalami masalah.

Masalah yang terjadi akan berpengaruh pada kesehatan manusia dan bahkan ada yang menyebabkan kematian. Untuk itu tidak salah jika kita dituntut untuk menjaga kesehatan tubuh kita dengan baik bukan hanya berolahraga tapi juga menjaga pola hidup dan pola makan kita setiap harinya agar nantinya tidak ada salah satu organ atau bagian dari tubuh kita yang akan mengalami masalah atau mengalami kerusakan baik itu kerusakan fatal maupun hanya sekedar gangguan ringan saja.

Salah satu indera yang paling penting bagi tubuh manusia adalah indera penglihat atau mata. Bahkan ada banyak bentuk mata yang dimiliki manusia salah satunya deep set eyes. Dengan menggunakan mata kita bisa mengetahui apa yang terjadi di sekitar kita dan kita juga bisa melihat dunia serta semua keindahan yang ada di dunia ini. Aktivitas kita akan sangat terganggu jika kita memiliki masalah pada mata. Seperti contohnya saat kita memiliki gangguan mata minus atau mata plus maka kita harus menggunakan kacamata atau kontak mata untuk membantu kita dapat melihat dengan jelas.

Tentu saja menggunakan kacamata atau kontak mata akan sangat menganggu dan bahkan menggunakan dua alat tersebut akan sangat mengganggu aktivitas kita dan tidak jarang kita akan merasa tidak nyaman saat memakai kacamata atau kontak lens dalam waktu yang lama. Untuk itu kita harus mampu menjaga kesehatan mata kita dengan baik. Saat ini juga ada banyak cara menjaga kesehatan mata yang bisa kita lakukan. Mulai dari cara yang paling mudah untuk dilakukan hingga cara yang paling sulit untuk kita lakukan.

www.pexels.com

Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Paling Mudah Dan Paling Dasar

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata kita. Bahkan beberapa cara menjaga mata kita bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan cara-cara tertentu sangat identik dengan aktivitas dan pola hidup kita setiap harinya. Sebagai informasi tambahan berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan mata yang paling dasar dan paling mudah untuk dilakukan:

  1. Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata merupakan cara menjaga kesehatan mata yang paling mudah. Melakukan kunjungan dan chek up rutin ke dokter mata bisa membuat kita selalu update kesehatan mata kita. Kita juga bisa mengetahui lebih awal jika terjadi masalah tertentu pada mata kita selain itu kita juga bisa mendapatkan saran dari dokter mata tentang langkah terbaik apa yang harus kita ambil.
  2. Menjaga pola hidup sehat. Kita juga harus mengontrol pola hidup yang kita lakukan setiap harinya. Kita harus mengontrol asupan makanan yang kita konsumsi. Untuk menjaga kesehatan mata kita bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, vitamin A dan letuin yang bagus untuk menjaga kesehatan dan kondisi mata kita. Kurangi mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji. Selain itu kita juga harus rajin melakukan olahraga untuk menjaga kondisi tubuh tetap baik karena jika tubuh kita baik maka kondisi kesehatan mata kita juga akan baik.
  3. Hindari memakai make up dan kontak mata dalam waktu yang lama. Kebiasaan menggunakan make up dan kontak mata dalam waktu yang lama akan membuat kerusakan pada mata. Bahkan menggunakan softlens bisa mengakibatkan iritasi pada mata dan bahkan bisa mengakibatkan kebutaan. Pemakaian make up dimata yang berlebihan dan lama juga bisa mengakibatkan iritasi pada daerah mata.
  4. Hindari merokok, kita harus menghindari merokok, kebiasaan merokok bisa memperbesar peluang terjadinya katarak dan rabun mata, ini karena kandungan di rokok bisa mengakibatkan perubahan genetik yang bisa mengganggu saraf optik di tubuh kita.
  5. Jangan terlalu sering melihat perangkat elektronik, untuk menjaga mata tetap sehat maka kita tidak bisa melihat televisi, smartphone, dan komputer dalam waktu yang lama. Terlalu sering melihat perangkat elektronik akan membuat mata kering dan bisa mengakibatkan banyak gangguan kesehatan lain pada mata.

Dengan melakukan kelima hal tersebut kita bisa menjaga kesehatan mata kita. Apalagi cara menjaga kesehatan mata tersebut juga cukup mudah untuk dilakukan dan merupakan cara yang paling dasar. Karena mata adalah salah satu indera yang paling penting bagi tubuh manusia maka kita harus menjaga kesehatan mata dengan baik. Dengan berkonsultasi secara rutin, menjaga pola makan dan menjaga pola hidup kita menjadi salah satu kunci agar mata kita tetap sehat dan baik.

www.pexels.com

Aktivitas Yang Bisa Mengganggu Kesehatan Dan Kondisi Mata

Selain menjaga kesehatan mata dengan melakukan cara-cara tersebut, kita juga bisa memilih cara menjaga kesehatan mata dengan menghindari beberapa aktivitas yang bisa mengakibatkan gangguan pada mata. Beberapa aktivitas yang bisa mengganggu kesehatan mata adalah sebagai berikut:

  1. Tidak memakai kacamata hitam saat di bawah sinar matahari yang terik. Salah satu gangguan yang terjadi pada mata bisa terjadi karena sinar matahari. Untuk itu agar sinar matahari tidak mengganggu kesehatan mata kita maka kita harus memakai kacamata hitam.
  2. Seharian bermain gadget. Salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh masyarakat saat ini adalah kita sering tidak bisa lepas dengan gadget. Padahal kebiasaan kita bermain gadget seharian akan membuat mata kita lelah, iritasi bahkan bisa mengakibatkan gangguan yang lebih parah pada mata.
  3. Menggunakan softlens. Bagi perempuan yang menggilai kecantikan dan penampilan banyak yang mengambil resiko pada kesehatan termasuk resiko kesehatan mata. Seperti pilihan untuk memakai softlens yang pada banyak kasus dapat mengakibatkan masalah pada mata dan bahkan kebutaan.

Aktivitas yang kita lakukan setiap harinya memiliki resiko untuk kesehatan mata. Bahkan beberapa aktivitas tersebut seperti tiga aktivitas di atas dapat mengakibatkan kebutaan pada mata. Sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan menghindari aktivitas-aktivitas yang bisa menimbulkan gangguan pada kesehatan mata seperti tiga aktivitas yang disebutkan di atas, untuk itu mulai sekarang ada baiknya kita berhati-hati saat melakukan aktivitas setiap harinya.

Mata adalah salah satu jendela bagi kita untuk melihat keindahan dunia dan juga menjadi indera yang membantu kita untuk bisa menjalankan aktivitas dengan baik setiap harinya. Tapi mata juga bagian tubuh manusia yang sangat sensitif dan mudah mengalami masalah jika kita tidak tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mata dengan baik. Gangguan mulai dari gangguan mata yang paling ringan seperti mata kering dan iritasi mata hingga kebutaan pada mata terjadi akibat aktivitas yang kita lakukan setiap harinya. Untuk mengatasi hal tersebut kita harus bisa menjaga kesehatan mata kita dengan baik dengan berbagai cara yang mungkin kita lakukan

www.pexels.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *