Mengenal Kabel Fiber Optik Lebih Dalam

Bangsa Romawi lebih mungkin daripada tidak puas dengan diri mereka sendiri pada hari mereka merancang pipa timah sekitar 2000 tahun sebelumnya. Akhirnya, mereka memiliki metode sederhana untuk menyampaikan air mereka mulai dari satu tempat kemudian ke yang berikutnya. Bayangkan apa yang akan mereka pikirkan tentang tautan kabel fiber optik saat ini— “pipa” yang dapat menyampaikan panggilan dan pesan secara langsung di seluruh dunia dalam ketujuh per detik!

Apa itu kabel fiber optik?

Kami terbiasa dengan kemungkinan data masuk dalam berbagai cara. Pada titik ketika kita berbicara ke telepon darat, tautan kabel menyampaikan suara dari suara kita ke lampiran di pembagi, di mana tautan lain membawanya ke perdagangan telepon lingkungan. Ponsel bekerja dengan cara alternatif: mereka mengirim dan mendapatkan data menggunakan gelombang radio yang tidak terdeteksi — sebuah inovasi yang disebut remote karena tidak menggunakan tautan.

Serat optik bekerja dengan cara ketiga. Ini mengirimkan data kode dalam emisi cahaya ke saluran kaca atau plastik. Awalnya diproduksi untuk endoskopi selama 1950-an untuk membantu spesialis melihat di dalam tubuh manusia tanpa memotong terlebih dahulu. Selama tahun 1960-an, para insinyur menemukan metode untuk memanfaatkan inovasi serupa untuk mengirimkan panggilan dengan kecepatan cahaya (biasanya yaitu 186.000 mil atau 300.000 km untuk setiap detik dalam ruang hampa udara, namun memudahkan kembali ke sekitar 66% kecepatan ini dalam serat). tautan optik).

link serat optik terdiri dari untaian kaca atau plastik yang luar biasa tipis yang dikenal sebagai filamen optik; satu tautan dapat memiliki sebanyak dua untai atau lebih dari beberapa ratus. Setiap helai tidak sepersepuluh setebal rambut manusia dan dapat mengirimkan sekitar 25.000 panggilan, sehingga seluruh sambungan serat optik tanpa banyak bentangan dapat menyampaikan beberapa juta panggilan.

Tautan serat optik menyampaikan data antara dua titik yang memanfaatkan inovasi optik (berbasis cahaya). Asumsikan Anda perlu mengirim data dari PC Anda ke rumah rekan di ujung jalan menggunakan serat optik. Anda dapat menghubungkan PC Anda ke laser, yang akan mengubah data listrik dari PC menjadi pengembangan detak jantung ringan. Pada titik itu Anda akan menembakkan laser ke tautan serat optik. Setelah menuruni tautan, pilar cahaya akan berkembang di ujung yang berlawanan. Teman Anda akan membutuhkan sel fotoelektrik (bagian pengenal cahaya) untuk mengubah denyut cahaya menjadi data listrik yang dapat dipahami oleh PC mereka. Jadi seluruh rakitan mekanis akan menyerupai bentuk teknologi yang sangat sempurna, seperti jenis telepon yang dapat Anda buat dari dua toples kacang yang dipanaskan dan seutas tali!

Bagaimana fungsi serat optik

Cahaya menembus tautan serat optik dengan melompati pembagi berulang-ulang. Setiap foton kecil (molekul cahaya) melompati corong seperti bobsleigh menuruni es. Saat ini Anda dapat mengantisipasi emisi cahaya, masuk melalui pipa kaca yang masuk akal, hanya untuk keluar dari tepiannya. Bagaimanapun, jika cahaya menyentuh kaca pada tepi yang benar-benar dangkal (di bawah 42 derajat), ia memantulkan kembali sekali lagi — seolah-olah gelas itu sebenarnya cermin. Keajaiban ini disebut refleksi batin absolut. Itu adalah sesuatu yang membuat cahaya di dalam corong.

Hal lain yang membuat cahaya di saluran adalah struktur tautan, yang terdiri dari dua bagian terpisah. Bagian mendasar dari tautan — di tengah — dikenal sebagai pusat dan itulah bagian yang dilalui cahaya. Melipat bagian luar tengah adalah lapisan kaca lain yang disebut kelongsong. Tanggung jawab utama cladding adalah untuk menjaga sinyal cahaya di dalam pusat. Hal ini dapat dilakukan karena terbuat dari jenis kaca alternatif secara mendalam. (Terlebih lagi, cladding memiliki file bias yang lebih rendah.)

Jenis tautan serat optik

Menurut ngertiaja.com Mode tautan serat optik menunjukkan cara sinar untuk tautan file langkah tunggal dan multi-mode

Untaian optik membawa sinyal cahaya ke bawah mereka dalam apa yang disebut mode. Kedengarannya terspesialisasi namun hanya metode berbagai metode untuk pelayaran: mode pada dasarnya adalah cara pilar cahaya mengikuti serat. Salah satu mode adalah langsung ke tengah serat. Cara lain adalah dengan melewatkan serat di tepi yang dangkal. Mode yang berbeda termasuk memantul serat di tepi yang berbeda, cukup curam.

Jenis serat optik yang paling sulit disebut single-mode. Ini memiliki pusat yang sangat tipis sekitar 5-10 mikron (sepersejuta meter) dalam jarak. Dalam serat mode soliter, semua tanda bergerak lurus ke tengah tanpa memantul dari tepinya (garis kuning pada grafik). Sinyal TV, Internet, dan telepon digital sebagian besar disampaikan oleh untaian mode tunggal, yang disatukan menjadi satu paket yang luar biasa. Tautan seperti ini dapat mengirim data lebih dari 100 km (60 mil).

Jenis lain dari tautan serat optik disebut multi-mode. Setiap serat optik dalam tautan multi-mode sekitar beberapa kali lebih besar dari satu dari setiap tautan mode soliter. Ini menyiratkan bar cahaya dapat melewati pusat dengan mengikuti berbagai cara (garis kuning, oranye, biru, dan cyan) – pada akhirnya, dalam berbagai

mode ous. Tautan multi-mode dapat mengirim data hanya melalui pemisahan singkat dan digunakan (sebagai tambahan untuk hal-hal lain) untuk menghubungkan pengaturan PC secara bersamaan.

Filamen yang secara signifikan lebih tebal digunakan dalam instrumen klinis yang disebut gastroscope (semacam endoskop), yang spesialis menusukkan tenggorokan seseorang untuk mengenali penyakit di dalam perut mereka. Suatu gastroskop adalah suatu penghubung serat-optik yang tebal yang terdiri dari banyak untaian optik. Di bagian atas sebuah gastroscope, ada lensa mata dan cahaya. Lampu memancarkan cahayanya ke bawah sepotong link ke perut pasien. Pada titik ketika cahaya tiba di perut, ia memantulkan pembagi perut menjadi titik fokus di pangkal tautan. Pada titik itu akan kembali sepotong link ke lensa mata spesialis. Berbagai jenis endoskopi bekerja dengan cara yang sama dan dapat digunakan untuk menilai berbagai bagian tubuh. Ada juga adaptasi modern dari aparatus, yang disebut fibercope, yang dapat digunakan untuk memeriksa hal-hal seperti di luar jangkauan bit perangkat keras pada motor pesawat.

Pemanfaatan untuk serat optik

Membunuh cahaya corong tampaknya menjadi aksi pengumpulan logis yang sempurna, dan Anda mungkin tidak akan berpikir akan ada banyak aplikasi akal sehat untuk sesuatu untuk efek itu. Meskipun demikian, sama seperti daya dapat mengendalikan berbagai jenis mesin, emisi cahaya dapat menyampaikan berbagai jenis data — sehingga mereka dapat membantu kita dari berbagai sudut pandang. Kita tidak melihat secara pasti bagaimana hubungan serat optik yang biasa mengingat fakta bahwa tanda-tanda berbahan bakar laser yang mereka bawa flash jauh di bawah kaki kita, mendalam di bawah lantai kantor dan jalan kota. Inovasi yang memanfaatkannya — pengorganisasian PC, penyiaran, pemeriksaan klinis, dan perlengkapan militer (untuk menyebutkan hanya empat) – melakukannya dengan tidak terdeteksi.

Sistem PC

Tautan serat optik saat ini merupakan metode dasar untuk menyampaikan data melalui pemisahan panjang karena mereka memiliki tiga titik fokus yang sangat besar pada tautan tembaga gaya lama:

Kurang penyempitan: (sinyal kemalangan) Informasi menjelajah beberapa kali lebih jauh sebelum perlu diintensifkan – yang membuat sistem serat lebih mudah dan lebih murah untuk bekerja dan mengikuti.

Tidak ada halangan: Tidak seperti dengan tautan tembaga, tidak ada “crosstalk” (impedansi elektromagnetik) antara filamen optik, sehingga mereka mentransmisikan data dengan lebih baik dengan kualitas sinyal yang lebih baik

Kapasitas transmisi yang lebih tinggi: Seperti yang baru saja kami amati, sambungan serat optik dapat memberikan informasi yang lebih besar dibandingkan dengan sambungan tembaga dari pengukuran yang sama.

Anda membaca kata-kata ini saat ini di Internet. Anda mungkin berisiko pada halaman ini dengan perayap web seperti Google, yang bekerja dengan sistem pertanian server goliath keseluruhan yang terkait dengan tautan fiber-optic batas sangat besar (dan saat ini berusaha untuk mengubah asosiasi serat cepat dengan kita semua). Setelah mengetuk koneksi pencari internet, Anda telah mengunduh halaman situs web ini dari server web saya dan kata-kata saya telah bersiul lebih dari setengah jalan ke Anda lebih banyak lagi tautan serat optik. Tanpa ragu, jika Anda menggunakan broadband serat optik cepat, tautan serat optik melakukan hampir semua pekerjaan setiap kali Anda pergi di web. Dengan asosiasi broadband paling cepat, hanya bagian terakhir dari perjalanan data (yang disebut “mil terakhir” dari biro terkait serat di jalan Anda ke rumah atau kondominium) termasuk kabel kuno. Itu adalah sambungan serat optik, bukan kabel tembaga, yang saat ini menyampaikan “suka” dan “tweet” di bawah jalur kami, melalui perluasan zona negara, dan bahkan jauh di bawah laut yang menghubungkan daratan. Jika Anda membayangkan Internet (dan World Wide Web yang mengendarainya) sebagai jaringan penangkap serangga di seluruh dunia, untaian yang menyatukannya adalah tautan serat optik; sesuai beberapa evaluasi, tautan serat menyebar lebih dari 99 persen jarak tempuh absolut Internet, dan melanjutkan 99 persen dari setiap lalu lintas korespondensi global.

Individu yang lebih cepat dapat mengakses Internet, semakin banyak yang dapat — dan akan — mereka lakukan di web. Munculnya Internet broadband membuat keajaiban komputasi terdistribusi (di mana individu menyimpan dan memproses informasi mereka dari jarak jauh, memanfaatkan manfaat web daripada PC rumah atau bisnis di tempat mereka sendiri). Demikian pula, peluncuran broadband serat yang konsisten (biasanya 5-10 kali lebih cepat daripada broadband DSL biasa, yang menggunakan saluran telepon normal) akan membuatnya lebih khas bagi individu untuk melakukan hal-hal seperti memancarkan film secara online daripada menonton TV komunikasi atau menyewa DVD . Dengan batas serat yang lebih banyak dan asosiasi yang lebih cepat, kami akan mengikuti dan mengendalikan lebih banyak bagian dari web kami yang berbasis web dengan memanfaatkan dugaan Internet.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *