Mengenai Perubahan Warna Daun Hijau Menjadi Kuning

 

Pernahkan Anda melihat daun hijau warnanya berubah menjadi berwarna kuning? Biasanya proses tersebut akan dibarengi dengan keringnya daun lalu jatuh ke bawah alias ke tanah.  Nah, banyak yang belum mengetahui mengenai perubahan warna dari daun hijau tersebut. Padahal apabila ditelaah atau dipelajari secara mendalam perubahan tersebut sangatlah menarik untuk dibahas. Maka dari itulah simak penjelasan lengkap mengenai perubahan warna pada daun hijau menjadi berwarna kuning ini dengan seksama. Jangan sampai Anda mengabaikannya karena dijamin akan merugi dan menyesal dikemudian hari.

Perubahan Warna Daun Hijau ke Kuning

Apabila membahas soal perubahan warna daun hijau ke kuning ini, pertama-tama yang harus dibahas adalah warna hijau sebagai warna alami dari daun tersebut. Daun bisa berwarna hijau karena adanya zat klorofil yang fungsinys adalah untuk menangkap sinar matahari. Nah, sinar dari matahari tersebut nantinya akan dipergunakan dalam proses fotosintesis didalam daun hijau. Fotosintesis adalah proses dimana tumbuhan membuat makanannya sendiri pada daunnya.  Dalam proses tersebut  daun hijau juga membutuhkan air yang cukup. Namun ketika masa kemarau datang meyebabkan  daun hijau banyak kekurangan air sehingga bahan untuk proses pembuatan makanan juga ikut menurun. Dampaknya tentu proses fotosintesis daun hijau ini tidak akan produktif seperti sebelumnya dimana air masih berkecukupan. Hal tersebutlah yang membuat daun hijau akhirnya berubah warna menjadi kuning. Tujuannya agar daun dalam keadaan berkekurangan air tidak menjadi rusak.

 

Selain karena kekurangan air, daun hijau juga bisa berubah warna menjadi kuning karena musim dingin. Alasannya karena ketika musim dingin datang, daun hijau bisa rusak dan akhirnya berubah menjadi kuning hingga akhirnya berguguran ke tanah. Hal ini dipengaruhi oleh karena sinar matahari yang berkurang dimana mampu memecah klorofil daun hijau seperti dari  kondisi kekurangan air.  Dalam dua kondisi tersebut, klorofil akan berpindah ke akar. Akhirnya yang tertinggal didalam daun hijau hanyalah zat karotenoid yang membuat warna daun berubah dari hijau  ke kuning. Dari semua penjelasan tersebut tentunya Anda sudah paham bagaimana bisa daun hijau berbuah warna ke kuning.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *