Menanam Bibit Jagung Yang Berkualitas

 

 

Jagung merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin dan protein. Tak heran jika ada banyak petani yang memilih untuk mengisi lahan pertaniannya dengan tanaman jagung ini. hasil panen jagung yang banyak dan bagus juga tentu akan memberikan keuntungan yang besar bagi petani tersebut. Sebaliknya jika buah jagung yang tumbuh justru sedikit dan tidak bagus akan merugiikan para petani tersebut. Hal ini bisa jadi karena pemilihan bibit yang salah.

Ciri Bibit Jagung Yang Baik

Bagi anda yang akan membeli bibit jagung maka sebaiknya anda simak terlebih dahulu beberapa ciri bibit yang baik dari tanaman jagung tersebut. Hal ini agar anda tidak salah pilih membeli bibit hasil panen jagung yang anda dapatkan pun tidak akan mengecewakan anda. Diantara cirinya adalah sebagai berikut :

  1. Bibit tanaman jagung yang baik akan selalu tumbuh dengan seragam. Baik itu dari tingginya, maupun banyak produktivitasnya.
  2. Bibit tanaman jagung yang baik akan selalu menghasilkan produktivitas yang berlimpah pada setiap panennya. Sekurang-kurangnya adalah sebanyak 10 ton per hektar.
  3. Bibit tanaman jagung yang baik akan tahan terhadap serangan bulai yang merupakan salah satu penyakit yang seringkali menjadi momok menakutkan untuk para petani jagung.
  4. Bibit tanaman jagung yang baik akan selau tumbuh dengan genjah yang mana perawatnnya akan mudah. Hal ini nantinya akan sangat menguntungkan pihak petani saat melakukan proses panen karena tidak memerlukan banyak biaya tambahan.

Mengambil Keuntungan Dari Menanam Jagung

Petani yang menanam jagung pada lahan sawahnya bisa karena dua hal. Karena memang untuk dinikmati sendiri hasilnya dan yang kedua karena memang ingin dijual ke pasaran untuk mendapatkan keuntungan lebih. Bagi petani yang ingin menikmati sendiri hasil panennya mungkin hal ini tidak memerlukan tips khusus. Namun untuk petani yang ingin menjualnya kembali tentu dibutuhkan tips khusus agar petani semakin untung. Cara yang tepat untuk memperoleh keuntungan sesuai target adalah dengan melakukan kerjasama dengan pihak pasar yang akan secara pasti membeli hasil panen dari tanaman jagung tersebut.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *