Masak-masak Menu Indonesia, Aneka Resep Makanan Tradisional

Berbicara tentang masak-masak, Indonesia memiliki banyak sekali aneka jenis makanan tradisional yang lezat dan tak kalah dari makanan luar negeri. Kekayaan kuliner Indonesia didukung pula dengan rempah-rempah dan hasil bumi yang amat kaya di tanah Indonesia yang subur.

Setiap daerah memiliki berbagai budaya dan tradisinya sendiri, sehingga membuat setiap wilayah yang ada di Indonesia mempunyai makanan tradisionalnya sendiri. Tentu saja, setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Meskipun ada beberapa percampuran budaya yang membuat beberapa makanan daerah menjadi milik bersama, tetap saja ada banyak sekali makanan khas yang berbeda di tiap daerahnya.

Makanan khas Indonesia seringkali kalah pamor oleh makanan dari luar negeri yang banyak dijual di restoran cepat saji. Lebih parahnya, generasi muda Indonesia sendiri lebih memilih makanan fast food sebagai gaya hidupnya dan melupakan kekayaan kuliner Indonesia. Oleh karena itu, kita harus lebih mencintai budaya Indonesia sendiri dan jangan lupa untuk mempelajarinya. Blog ngopimasi.com dapat menjadi salah satu referensi ilmu pengetahuan di masa kini.

Resep menu masakan tradisional Indonesia

Makanan khas Indonesia memiliki banyak sekali variasinya, lho. Kekayaan kuliner Indonesia dapat memanjakan lidah Anda para pecinta kuliner. Di bawah ini akan membahas tentang berbagai resep menu masakan dari berbagai daerah di Indonesia.  Bagi Anda yang hendak mencoba memasak makanan khas Indonesia, yuk simak penjelasannya dari ngopimasi.com.

  1. Resep masak cara membuat menu gudeg

Gudeg adalah makanan khas tradisional Indonesia dari derah Yogyakarta. Siapa yang tak kenal gudeg? Kuliner yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga. Lalu, bagaimana cara membuat gudeg? Yuk, simak resepnya di bawah ini.

 

Bahan utama yang dibutuhkan yaitu 500 gram buah nangka muda dan iris-iris kasar,  200 gram kacang tolo, serta 1 liter santan. Untuk membuat bumbu, haluskan 8 buah bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar, 6 bh kemiri, dan garam. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan tambahan yaitu gula merah, santan kental, lengkuas, daun salam, dan serai.

pexels.com

Yang perlu Anda lakukan adalah panaskan wajan dan sangrai kacang tolo, kemudian rebus selama beberapa saat hingga setengah matang. Setelah itu, rebus santan hingga mendidih dan masukkan kacang tolo yang telah disangrai tadi. Kemudian, aduk dan masukkan nagka muda yang sudah dipotong, lengkuas, daun salam, gula merah, serta santan yang masih kental. Terakhir, masukkan bumbu halus dan aduk terus.

 

Masak gudeg dengan api kecil selama kira-kira 5 jam hingga kuah menyusut. Setelah matang, kuah akan kering dan gudeg berwarna kemerahan. Angkat, dan gudeg siap disajikan. Bahan-bahan yang disebutkan di atas boleh saja Anda tambahkan dengan yang lain dan ditakar sesuai selera Anda.

 

  1. Resep masak cara membuat menu soto Betawi

Masak-masak yang selanjutnya ada menu dari daerah Jakarta atau Betawi, yaitu soto Betawi. Soto Betawi memiliki isian jeroan serta kuah yang khas dan menjadikan soto Betawi terasa nikmat di lidah. Yang unik, kuah soto Betawi menggunakan campuran santan dan susu yang membuatnya berbeda dengan yang lain.

 

Bahan yang perlu Anda siapkan yaitu 500 gram daging sapi, santan kental, 3 butir telur rebus dan kentang rebus, buah tomat dan jeruk nipis, lengkuas, sereh, daun jeruk, garam, gula pasir, dan bawang goreng secukupnya. Untuk bumbu halus, Anda membutuhkan 5 buah bawang merah  dan 3 siung bawang putih, kemiri, kunyit, dan jahe. Setelah itu, haluskan bumbu halus.

 

Pertama, rebus daging sapi di dalam air mendidih sebanyak 2 liter hingga daging menjadi empuk dan mudah dipotong. Simpan air bekas merebus daging untuk kaldu soto. Setelah itu, potong dadu atau potong dengan ukuran sesuai selera.

 

Panaskan wajan dan tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma harum. Jika sudah berbau wangi, masukkan daging yang sudah dipotong tadi dan tumis bersama bumbu halus. Setelah itu, masukkan lengkuas, daun jeruk, sereh, dan garam serta gula pasir untuk membuat cita rasanya menjadi lezat. Masukkan bahan tadi sesuai selera Anda. setelah itu, masukkan air kaldu bekas merebus daging dan aduk terus.

 

Tambahkan santan kental dan masak dengan api sedang. Jika Anda hendak menambahkan susu, tambahkan susu atau bahan lain yang Anda inginkan sesuai selera Anda. jika sudah, aduk terus hingga matang dan mengeluarkan aroma wangi. Jika kaldu kuah sudah mulai menyusut, tandanya soto akan segera matang dan daging rebusan akan terasa empuk jika Anda merebusnya dengan waktu lama. Angkat dan sajikan selagi panas dengan taburan bawang goreng dan kerupuk jika Anda hendak menambahkannya. Soto Betawi siap untuk dinikmati.

 

  1. Resep masak cara membuat menu garang asem

Bagi orang awam, mungkin Anda jarang mendengar nama ini atau bisa juga ada yang sudah sering mendengarnya. Garang asem adalah makanan tradisional khas Jawa Tengah, terutama kota Solo dan Kudus, yang berbahan dasar ayam dengan bumbu rempah yang pastinya akan membuat Anda menikmati cita rasa lezat dan berbeda.

 

Bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat garang asem yaitu 1 kg daging ayam, cabe rawit, belimbing sayur, santan, daun bawang, lengkuas, dan bumbu halus. Untuk membuat bumbu halus, siapkan 5 siung bawang putih, kencur, jahe, ketumbar, dan kunyit, serta garam dan gula. Setelah itu haluskan bahan bumbu halus tersebut. Jangan lupa siapkan bawang goreng secukupnya sesuai selera untuk penyajian.

 

Langkah pertama, balurkan bumbu yang sudah dihaluskan ke permukaan daging ayam yang sudah dipotong. Balurkan bumbu hingga merata dan remas-remas bumbu ke daging agar semakin meresap. Kemudian, didihkan air secukupnya dan masukkan bumbu halus setelah air mendidih. Jika sudah, masukkan ayam dan biarkan beberapa saat. Setelah itu masukkan belimbing sayur sesuai selera, daun bawang, cabai rawit, dan lengkuas. Kemudian, tambahkan santan cair sedikit demi sedikit.

 

Aduk terus secara perlahan dan masak dengan api sedang hingga daging ayam sudah empuk serta kuahnya mengental dan surut. Anda dapat mengeceknya dengan menusukkan lidi dan mengetes apakah daging sudah cukup empuk untuk dimakan. Jika sudah, angkat daging ayam dan siapkan langkah selanjutnya.

pexels.com

Bungkus daging ayam tadi dengan daun pisang dan kaitkan dengan lidi agar tidak terbuka. Kemudian, kukus garang asem dengan api sedang selama sekitar 30 hingga 45 menit dan garang asem siap disajikan. Garang asem sangat cocok bila disajikan dengan menggunakan daun pisang atau piring bambu khas Jawa Tengah supaya nuansa tradisionalnya makin terasa. Jangan lupa, tambahkan bawang goreng saat penyajian agar rasanya lebih gurih dan nikmat.

 

  1. Resep masak cara membuat menu opor ayam

Masih dengan olahan dari daging ayam, kali ini ada opor ayam dari daerah Jawa Tengah. Opor ayam adalah menu makanan yang sudah sangat khas dan banyak digemari, terutama jika sedang Hari Raya Idul Fitri. Banyak orang memasak menu ini sebagai makanan untuk keluarga saat lebaran, dan banyak juga penjual opor ayam yang mudah ditemui di manapun.

 

Bahan untuk membuat opor ayam tidak terlalu sulit. Anda membutuhkan lontong atau kupat, daging ayam sebanyak 1 kg dan suwir-suwir sesuai selera jika sudah matang, 500 ml santan, daun salam, dan serai. Untuk membuat bumbu yang dihaluskan, tumbuk 10 buah bawang merah, 5 siung bawang putih, kemiri dan merica butir sesuai selera, kunyit, lengkuas, jahe, jinten, ketumbar, serta garam dan gula. Bahan-bahan ini dapat Anda takar sesuai selera dan jika tidak suka pada suatu bahan, Anda dapat menyesuaikannya.

 

Langkah pertama, rebus daging ayam hingga empuk, kemudian tiriskan airnya. Kemudian, tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu masukkan daging ayam yang sudah direbus tadi agar rasa ayamnya terasa. Masukkan daging ayam yang belum disuwir-suwir. Setelah itu, aduk hingga ayam berubah warna dan masukkan santan. Masak dengan api sedang dan tunggu hingga santan mulai menyusut. Jika sudah, masukkan daun salam dan serai. Aduk terus hingga matang dan opor ayam siap disajikan.

 

Penyajian opor ayam sangat mudah. Potong-potong lontong atau kupat yang sudah disiapkan, lalu siram dengan kuah opor. Setelah itu, taburi dengan suwiran ayam dan bawang goreng atau kerupuk jika ingin menambahkannya. Opor ayam siap untuk dimakan dan sangat nikmat jika dimakan selagi masih hangat.

 

  1. Resep masak cara membuat menu karedok

Makanan yang satu ini adalah makanan khas daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ya, siapa yang tak kenal dengan karedok. Makanan dengan sajian sayur ini menjadi salah satu makanan yang banyak dijual di kalangan umum. Di setiap daerah, hampir selalu ada orang yang menjual karedok.

pexels.com

Makanan khas ini menjadi salah satu makanan tradisional yang memiliki banyak kandungan gizi karena terdiri dari sayuran yang banyak khasiatnya. Apa saja bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat karedok? Di bawah ini akan dijelaskan tentang resep cara membuat karedok.

 

Bahan-bahan utama yang harus Anda siapkan untuk membuat karedok yaitu 200 gram kacang tanah yang sudah digoreng sebagai bumbunya, aneka sayuran seperti kangkung, sawi, sayur kol, kacang panjang, mentimun, tauge, dan bengkuang. Anda dapat menambahkan sayuran lain yang Anda sukai tergantung selera Anda.

 

Selanjutnya, untuk membuat bumbu halus, Anda membutuhkan cabai rawit dan cabai merah masing-masing 5 buah, kencur, gula jawa, dan garam. Jika Anda ingin menambahkan air asam jawa atau terasi bakar, Anda bisa saja menambahkannya pada saat mengulek bumbu halus ini bersama kacang tanah goreng.

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, potong sayuran yang sudah Anda siapkan. Jika menggunakan sayur kangkung, tauge, dan sayur sawi, maka rebuslah terlebih dahulu. Setelah itu, ulek bawang putih dan garam hingga halus dengan ciri dan mutu dari batu supaya rasanya lebih nikmat. Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan blender saja.

 

Setelah itu masukkan gula jawa, kencur, cabai, dan terasi. Jika sudah halus, masukkan kacang goreng dan ulek hingga rata. Anda dapat mencampurkan air matang supaya lebih cair. Bumbu halus pun siap untuk disajikan. Anda dapat menyajikan karedok dengan menyiram sayuran tadi dengan bumbu kacang ini.

 

Cara membuat bumbu halus tadi adalah untuk membuat satu porsi karedok. Jika hendak membuat porsi banyak, Anda dapat membuat bumbu halus karedok dengan cara menghaluskan kacangnya terlebih dahulu menggunakan blender, dan haluskan bumbu yang lain secara terpisah. Jika sudah, bumbu kacang dan bumbu halus dapat dicampurkan.

 

Karedok dapat disajikan dengan tambahan kerupuk atau bawang goreng sesuai selera. Makanan ini sangat cocok dimakan saat bersantai bersama keluarga sambil menikmati es kelapa muda atau es teh. Hmm, nyam nyam.

 

  1. Resep masak cara membuat menu urap sayuran

Urap adalah salah satu menu tradisional dari daerah Jawa, khususnya Jawa Tengah. Urap juga bisa ditemui di daerah lain seperti Surabaya, dan sebagainya. Urap merupakan olahan sayur yang direbus dengan taburan parutan daging buah kelapa yang membuat cita rasanya menjadi gurih dan nikmat. Masakan urap ini tentu saja sangat bergizi karena berisi berbagai macam sayuran yang mengandung vitamin yang beraneka macam.

 

Urap biasanya dapat Anda temui di jamuan makan tradisional khas Jawa. Kadang, ada pula warung makan atau restoran tradisional yang menyajikan urap sebagai menunya. Urap juga disukai terutama bagi pelancong yang singgah di kota tertentu. Tak heran, sebab hidangan urap ini menjadi favorit keluarga dan juga bergizi tinggi. Lantas, apa saja resepnya dan bagaimana cara membuat urap ini? Yuk, simak di bawah ini.

pexels.com

Pertama, Anda harus menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan dalam membuat menu urap ini yaitu aneka sayuran seperti daun singkong, daun pepaya, sayur kangkung, kacang panjang, sawi, dan tauge. Kemudian, siapkan juga jeruk nipis untuk menambah aroma dan cita rasa agar lebih segar. Dan tentu saja, Anda membutuhkan parutan buah kelapa untuk pelengkap utamanya.

 

Selanjutnya, siapkan bumbu yang dihaluskan yaitu terdiri dari bawang putih, cabe rawit, garam, dan gula jawa. Jika selera Anda dapat menambahkan ketumbar atau kencur namun tidak dianjurkan karena tidak biasa dipakai dalam memasak urap.

 

Langkah pertama setelah menyiapkan bahan yaitu menghaluskan bumbu. Haluskan bawang putih dan garam, lalu ulek juga cabai rawit dan gula jawa. Sambil membuat bumbu halus, rebus sayuran yang telah disipapkan dan tiriskan airnya. jika sudah, panaskan wajan dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga mengeluarkan aroma harum. Setelah itu, masukkan kelapa parut dan jeruk nipis. Lalu aduk terus dan masak dengan api sedang hingga matang. Setelah matang, angkat dan siapkan sayuran.

 

Taruh sayuran dalam wadah dan campurkan dengan bumbu halus serta kelapa parut yang sudah matang. Aduk hingga tercampur secara merata dan sajikan selagi hangat. Wah, urap sayuran yang sedap ini sudah siap disajikan.

 

Anda dapat menikmati urap dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya agar nuansa tradisionalnya semakin terasa. Cita rasa sayur yang segar ditambah dengan bumbu yang nikmat akan memanjakan lidah Anda. terlebih, campuran dari parutan kelapa akan membuat urap terasa gurih dan nikmat. Selamat makan!

 

  1. Resep masak cara membuat menu sate ayam

Siapa yang tak kenal dengan menu yang satu ini? Makanan tradisional khas Madura ini sudah mendunia hingga ke mancanegara dan terkenal akan kelezatannya. Ya, sate ayam madura adalah salah satu kuliner Indonesia yang sudah sangat dikenal dan digemari oleh setiap kalangan. Jika belum merasakan cita rasa sate ayam madura, belum bisa nih disebut orang Indonesia.

 

Sate ayam tidak hanya ditemui di kota Madura saja, melainkan juga berbagai kota yang ada di Indonesia. Yang menjadikan sate ayam madura berbeda dan khas ialah karena bumbunya yang special. Jika membuat sate ayam, tak lengkap rasanya jika tak ditambahi bumbu kacang. Memakan sate ayam akan sangat nikmat dengan campuran bumbu kacang yang menggugah selera. Nah, apa saja yang dibutuhkan jika hendak membuat sate ayam madura? Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

 

Untuk membuat sate ayam madura, ada berbagai bahan yang perlu Anda siapkan. Pertama, siapkan daging ayam dan potong kecil-kecil. Potongan yang dianjurkan adalah potongan tipis supaya daging cepat matang dan bumbunya meresap. Setelah itu, tusukkan daging tersebut ke tusuk sate. Anda dapat menggudakan lidi atau juga bambu sebagai tusuk satenya.

 

Siapkan juga jeruk nipis untuk menghadirkan aroma wangi dan rasa yang segar. Tambahkan juga tomat, kecap, cabai, dan bawang merah untuk dibuat sambal kecap. Sambal kecap ini bisa menjadi pelengkap untuk bumbu kacangnya.

 

Untuk membuat bumbu kacang, siapkan kacang tanah yang sudah digoreng, 5 buah bawang merah, 3 siung bawang putih, kemiri, garam, dan 150 ml air kaldu. Kemudian jika Anda hendak menambahkan sambal bawang, siapkan bawang putih, cabai merah, garam, dan minyak goreng.

 

Langkah memasak sate ayam madura yang pertama yaitu menghaluskan semua bahan bumbu kacang. Haluskan bawang putih, bawang merah, garam, dan kemiri,  ulek hingga merata. kemudian, campurkan dengan kacang tanah goreng yang juga sudah dihaluskan. Setelah itu, panaskan wajan dan minyak goreng. Masukkan bumbu kacang dan masak dengan api sedang. Masukkan air kaldu dan aduk hingga matang. Tunggu hingga bumbu kacang mengental, berarti tandanya sudah matang.

 

Siapkan daging sate yang hendak dibakar. Celupkan daging sate ke bumbu kacang sedikit saja, campurkan pula kecap, dan bakar hingga setengah matang. Jika sudah setengah matang, celupkan kembali ke dalam bumbu dan bakar lagi hingga daging sate matang sempurna dan empuk dimakan.

 

Jika sate sudah matang dan dagingnya empuk, sajikan dengan siraman kuah bumbu kacang. Anda dapat menambahkan lontong atau kupat sebagai pengiring makanan supaya lebih lengkap. Jangan lupa, tambahkan sambal kecap dan jeruk nipis yang sudah disiapkan. Lalu jika hendak menambahkan sambal bawang, caranya mudah sekali. Tumis potongan bawang hingga setengah matang, lalu tumbuk bersama minyak gorengnya dan cabe merah serta garam. Sate pun akan lebih lengkap jika dimakan bersama sambal bawang.

 

Sate ayam madura ini sangat cocok dinikmati saat sedang bersantai bersama keluarga di rumah, apalagi saat sedang pergi ke tempat wisata. Tak heran, banyak sekali tempat wisata yang menjual sate ayam di manapun daerahnya. Sate ayam madura juga sering menjadi sajian dalam event tradisional ataupun menu dalam restoran. Nyam, sate madura memang enak dimakan.

 

Demikianlah 7 resep makanan tradisional Indonesia, sebagai kegiatan masak-masak menu makanan Indonesia yang tak kalah enaknya dengan menu dari luar negeri. Selamat mencoba, dan selamat makan!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *