Tips Memilih Kolam Renang Bayi Terbaik Dan Aman

Dengan berenang merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan dan bisa bermanfaat bagi si kecil. Karena ada sebuah penelitian di mana jika kita bisa mengajari bayi untuk berenang akan membuat bayi tersebut untuk memiliki kecerdasan yang sangat baik. Namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan perhatikan jika anda ingin membawa anak anda ke dalam kolam renang bayi. Banyak para orangtua juga sudah membiasakan anak mereka dari sejak bayi untuk diajak berenang. Namun Sebenarnya ada waktu yang terbaik untuk anda mengajak si kecil ke dalam kolam renang yaitu jika mereka memang sudah berusia di atas 6 bulan.

 

Kriteria kolam renang yang aman untuk bayi

Karena memang umur di atas 6 bulan anak-anak sudah memiliki kondisi badan yang lebih kuat dibandingkan baru pertama saat dia lahir yang lebih rentan terhadap udara ataupun air. Jadi anda harus bisa memiliki beberapa tips ataupun kiteria yang baik untuk kolam renang bayi yang memang direkomendasi di antaranya :

pxhere.com

Untuk bayi yang masih berusia dibawah 6 bulan sangat disarankan tidak membawanya kedalam kolam renang umum yang memang untuk semua usia karena kolam renang umum biasanya airnya terlalu dingin untuk bayi dengan usia ini jadi bayi yang masih berusia dibawah 6 bulan boleh untuk melakukan aktivitas renang namun sebaiknya hanya di kolam renang yang memiliki suhu air sekitar 32 derajat Celcius. Namun sebaiknya anda jangan terlalu lama juga membiarkan bayi anda berendam terlalu lama. Jadi saat anda melihat tubuhnya mulai menggigil anda harus segera mengangkat si kecil dari kolam renang dan anda harus langsung bisa memberikan handuk untuk menghangatkan tubuhnya.

 

Anda harus juga bisa memastikan ketinggian dari kolam renang tersebut yang mencapai pundak si kecil hal tersebut dilakukan agar untuk bisa menjaga tubuh si kecil agar tetap hangat dan memudahkan mereka untuk bergerak bebas didalam air.

 

Biasanya air dalam kolam renang umum memiliki kandungan klorin jadi bisa mengakibatkan kulit pada si kecil menjadi kering atau eksim jadi sangat disarankan untuk anda menghindari air kolam yang terdapat kandungan klorin karena nantinya akan menimbulkan iritasi pada kulit si kecil. Anda juga bisa melakukan konsultasi ke dokter anak sebelum anda memutuskan untuk membawa si kecil ke kolam renang. Setelah anda membawa si kecil untuk berenang sebaiknya setelah selesai berenang anda bisa langsung memandikannya agar zat kimia yang ada dalam kandungan air kolam tersebut tidak membuat kulit iritasi pada si kecil.

pxhere.com

Pada umumnya kolam renang yang disediakan untuk umum biasanya dipenuhi oleh banyak orang yang mungkin memiliki kondisi kesehatan atau kebersihan yang bermacam-macam. Jadi jika anda ingin membawa si kecil sebaiknya anda harus bisa menjaga kebersihan si kecil karena kekebalan tubuhnya masih sangat rentan. Hal tersebut dilakukan agar menghindari resiko infeksi pada si kecil.

 

Pada umumnya bayi yang masih kecil biasanya belum dapat mengontrol kepalanya secara baik sehingga hal tersebut bisa memungkinkan mereka untuk menelan banyak air yang ada di kolam renang sehingga membuat adanya kuman. Jadi sebaiknya anda bisa membawa berenang si kecil pada saat waktu yang sepi dan kolam renang tersebut dalam keadaan bersih hal tersebut untuk mencegah terjadinya si kecil untuk menelan air yang mungkin banyak kuman. Anda juga jangan pernah membiarkan si kecil berenang sendiri tanpa adanya pengawasan.

pxhere.com

Jika usia bayi anda masih dibawah 6 bulan sebaiknya anda bisa mengenalkan kegiatan berenang pada media kolam renang dari bahan plastiknnamun jika daerah anda tidak tersedia fasilitas kolam yang memang khusus untuk bayi sebaiknya anda bisa mulai mengajarkan kepada mereka untuk berenang dengan menggunakan bathtub yang ada di rumah jika itu pun tersedia.

 

Sebelum anda melakukan pengisian air sebaiknya anda harus memastikan bagian dari kolam renang berbahan plastik itu sudah bersih dari kotoran. Agar tidak terjadinya resiko penyebaran penyakit pada si kecil, sebelum dan sesudah berenang di dalam kolam renang buatan berbahan plastik sebaiknya anda harus memandikan anak anda dengan sabun dan air yang bersih. Setelah anda sudah selesai dalam pemakaian kolam renang berbahan plastik tersebut sebaiknya anda harus membersihkan dan melakukan pengeringan. Sangat dianjurkan untuk anda bisa menjemur kolam renang plastik tersebut selama 4 jam di bawah sinar terik matahari.

 

Anda juga harus memperhatikan agar anak anda bisa bermain dengan nyaman pada saat mereka berenang di kolam renang bayi. Jika anak anda sedang mengalami sakit seperti diare demam ataupun seberat sebaiknya jangan anda membawa dia ke dalam kolam renang dan bisa menunggunya di saat si kecil mulai sembuh. Anda juga harus bisa menggunakan popok khusus yang memang didisain agar tidak basah jika terkena air namun juga anti bocor. Namun sebaiknya jika si kecil membuang air kecil ataupun air besar anda bisa membersihkannya agar pupuk tersebut tidak bocor.

pxhere.com

Kolam renang buatan yang terjamin kebersihannya

Sebenarnya jika anda memiliki kolam renang buatan sendiri di rumah itu membuat anak anda bisa lebih sering beraktivitas berenang dan kebersihannya pun juga sangat terjamin karena semuanya anda sendiri yang melakukan perawatannya. Anda juga bisa menambahkan beberapa ornamen yang sangat menarik yang bisa anda dapatkan yang jual perosotan kolam renang.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *