Keunikan yang Dimiliki oleh Burung Unta

 

Burung unta atau Struthio camelus ini menjadi jenis burung terbesar hingga saat ini. Burung berukuran besar ini memiliki ketinggian hingga 3 m dan memiliki berat hingga 120 kg. Meskipun masuk ke dalam jenis burung, burung unta tidak mampu terbang selayaknya jenis burung lainnya. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh berat burung yang besar. Burung unta pertama kalinya muncul di benua Afrika dan wilayah di Timur Tengah. Meskipun ada banyak jenis burung unta yang ada saat ini, populasi burung unta kian menipis. Penyebab utama dari jumlah populasi yang menurun adalah minat tinggi manusia terhadap daging dan telur burung unta.

Keunikan Burung Unta

Meskipun bukan jenis burung yang mudah untuk ditemui, ada baiknya kita mengenal burung unta dengan baik. Mengenal burung unta akan memberikan wawasan yang lebih luas mengenai jenis burung yang hidup saat ini. Untuk mengenal burung unta dengan baik, simak beberapa keunikan burung unta yang tidak dimiliki oleh jenis burung lainnya di bawah ini:

  1. Burung unta merupakan burung yang tidak dapat terbang akibat beban tubuh burung yang berat. Burung unta memiliki bulu sayap yang terasa halus layaknya jenis burung lainnya. Akibat beban burung unta yang berlebih, burung unta kesulitan untuk terbang.
  2. Merupakan burung yang berkemampuan tinggi untuk lari

Meskipun tidak dapat terbang, burung unta memiliki kemampuan berlari yang cukup cepat. Burung ini dapat berlari dengan kecepatan 70 km setiap jamnya dan dapat melompat hingga jarak 5 m.

  1. Memiliki rentang sayap lebar hingga 2 m dan berfungsi untuk mengubah arah ketika berlari.
  2. Memiliki kemampuan untuk menyembunyikan kepala ke dalam tanah.
  3. Memiliki 2 kuku kaki saja.

Keunikan burung unta lainnya dapat dilihat ketika burung unta sedang memperebutkan pasangannya. Guna mendapatkan pasangannya, burung unta dapat melakukan perlawanan hingga kematian salah satu burung. Burung unta juga memiliki telur yang berukuran besar. Telur burung unta mampu mencapai panjang hingga 15 m dan memiliki berat 24 kali dari berat telur yang dimiliki oleh ayam.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *