Mengenal Seluk Beluk Kerja Online

Bekerja adalah kegiatan yang harus dilakukan manusia untuk menghasilkan uang dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada macam-macam sekali jenis pekerjaan yang bisa dijalankan. Ada pekerjaan yang formal sepeerti menjadi karyawan perusahaan, pegawai bank, pegawai negeri, hingga guru dan lain-lain. Uang juga bisa dihasilkan dengan berwirausaha, yakni berusaha dengan modal dan usaha sendiri secara mandiri tanpa bergantung kepada pihak tertentu.

Wirausaha adalah salah satu alternatif pekerjaan yang mulai dibidik banyak orang saat ini. Pasalnya lapangan pekerjaan semakin sempit. Jumlah pengangguran cenderung meningkat. Jika dulu mereka yang pengangguran identik dengan pendidikan yang rendah, kini tidak demikian halnya. Di kota-kota besar terutama, tak sulit menemukan lulusan perguruan tinggi yang tak kunjung mendapat pekerjaan.

Namun jika mau ditelaah lebih jauh, sesungguhnya memasuki era digital ini ada banyak jenis pekerjaan baru yang kurang atau bahkan tidak dikenal di era sebelumnya. Sebut saja konsultan sosial media. Tak pernah terpikir bahwa sosial media bisa menjadi alat yang begitu vital untuk mengembangkan sebuah usaha atau mencapai tujuan lainnya.

Konsultan media adalah salah satu contoh pekerjaan yang bisa dilakukan secara online. Kerja online artinya segala macam rapat dengan klien bisa dikerjakan secara online. Hasil pekerjaan juga cukup diunggah atau dikirim secara online sehingga bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet.

Keuntungan Kerja secara Online

Kerja online adalah cara kerja yang paling efektif dan efisien saat ini. Jenis pekerjaan seperti ini membuat orang tak perlu terlalu banyak membutuhkan mobilitas sehingga menghemat waktu dan tenaga. Berbagai transaksi pekerjaan yang dilakukan secara online juga cenderung rendah resiko. Secara lengkap, keunggulan menjalani pekerjaan online adalah sebagai berikut:

  • Fleksibel

Bekerja secara online memang lebih fleksibel secara tempat dan waktu. Anda yang menjalani cara kerja semacam ini bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Satu-satunya hal terkait waktu yang akan membatasi Anda hanyalah deadline pekerjaan yang ditetapkan oleh klien. Anda juga akan terbebas dari aturan kantor yang mengharuskan Anda mengenakan jenis pakaian tertentu saat bekerja.

www.pexels.com

Banyak orang memutuskan melakukan pekerjaan online dari rumah. Namun mereka yang membutuhkan suasana terbaru biasanya memutuskan untuk bekerja di cafe atau co-working space. Saat ini tempat-tempat yang mendukung kebutuhan para pekerja online sudah sangat banyak tersedia, terutama di kota-kota besar.

 

  • Produktif

Karena Anda bisa menciptakan suasana kerja sesuai keinginan Anda, maka produktifitas juga cenderung akan meningkat. Apalagi fleksibiltas yang dimiliki memungkinkan Anda memiliki lebih dari satu pekerjaan. Pekerjaan online memang bisa dijadikan sumber penghasilan utama maupun sampingan. Jika menjadi sumber penghasilan atau pekerjaan sampingan, produktifitas Anda jelas akan lebih tinggi lagi.

 

Produktifitas tentu saja tak selamanya diukur dari penghasilan yang didapat. Produktifitas juga perlu diukur dari kualitas pekerjaan yang diselesaikan. Namun di era di mana kebutuhan hidup terus meningkat ini pekerjaan yang bisa dilakukan secara online tentu sangat menggiurkan untuk menghasilkan uang tambahan.

www.pexels.com

  • Efisien

Ketika melakukan pekerjaan konvensional, misalnya di kantor, Anda perlu membuang waktu untuk menempuh perjalanan pulang dan pergi. Hal ini tentunya cukup membuang waktu, terutama bila kantor atau tempat tinggal Anda berada di zona macet. Belum lagi untuk menyerahkan pekerjaan Anda juga perlu bertatap muka dengan atasan. Jika atasan tengah tak ada di tempat dan Anda perlu bertatap muka untuk menyerahkan tugas, menunggunya kembali tentu adalah hal yang sangat tidak efisien.

 

Hal-hal tersebut tak perlu Anda alami jika bekerja secara online. Anda bisa melakukan pekerjaan dari rumah tanpa harus terjebak macet. Pekerjaan yang sudah selesai juga tinggal Anda kirimkan via email atau media yang disepakati. Bahkan bila ada revisi sekalipun semuanya bisa diselesaikan dengan menjalin komunikasi secara online atau melalui telepon.

 

  • Memiliki Lebih Banyak Waktu untuk Keluarga

Anda yang sudah menjadi ibu rumah tangga tak perlu lagi mengubur mimpi untuk bekerja karena takut urusan rumah terbengkalai. Anda tak perlu lagi mengorbankan satu hal demi yang lainnya. Adanya sistem kerja online memungkinkan Anda untuk bekerja tanpa meninggalkan rumah. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena Anda tetap bisa memiliki penghasilan sendiri tanpa mengabaikan urusan rumah.

 

Bekerja secara online dari rumah membuat Anda memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga. Namun untuk menjamin konsentrasi ketika sedang bekerja, usahakan untuk memiliki ruang kerja sendiri yang tenang dan tidak diganggu oleh penghuni rumah lainnya.

www.pexels.com

  • Pangsa Pasar Luas

Peluang pekerjaan online sangat banyak tersedia di internet. Selama Anda memiliki skill yang mumpuni Anda tak perlu khawatir kehabisan hal untuk dikerjakan. Saat ini media sosial pribadi yang Anda punya juga bisa dimanfaatkan menjadi semacam portofolio. Calon klien bisa memutuskan jasa Anda layak digunakan atau tidak dengan melihat apa yang Anda tampilkan di media sosial. Oleh karena itu tak ada salahnya untuk mulai mengelola media sosial dengan serius mulai saat ini.

 

Selain media sosial ada banyak tempat lain di internet yang bisa menjadi tempat Anda untuk menjaring pekerjaan. Jangan ragu untuk menjelajahi berbagai situs dan memamerkan hasil kerja Anda. Era digital bukan lagi tempat yang sesuai untuk menunggu pihak lain menemukan potensi Anda. Sudah saatnya untuk memamerkan pada khalayak apa-apa yang bisa Anda kerjakan agar pekerjaan terus berdatangan.

Jenis-Jenis Pekerjaan Online

Jika Anda masih merasa baru dan bingung dengan dunia kerja online, berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang bisa Anda kerjakan secara online:

  1. Desain Grafis

Pekerjaan desain grafis adalah salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan saat ini. Ada banyak sekali yang membutuhkan desain grafis. Mulai dari pamflet acara, pakaian, hingga kemasan makanan dan lain-lain.

 

Pekerjaan sebagai desain grafis sangat mungkin dikerjakan secara online. Klien tinggal mengirimkan brief desain seperti apa yang mereka inginkan. Setelah itu Anda yang memang memiliki kemampuan untuk mendesai bisa mulai coba mengeksekusinya menggunakan berbagai aplikasi desain. Jika sudah, kirimkan kembali hasil desain Anda kepada klien dan tunggu pendapatnya.

 

Agar bisa mendapat banyak klien, Anda harus sering-sering memamerkan keahlian mendesain Anda di berbagai media di internet. Mulai dari media sosial pribadi hingga website tempat mencari kerja seperti Linked In dan lain-lain. Jangan ragu untuk memasang tarif yang Anda rasa memang layak untuk desain Anda. Klien pasti rela membayar lebih jika hasil yang diinginkan memang sangat bagus.

www.pexels.com

  1. Content Writer

Anda yang memiliki kemampuan untuk menulis juga bisa memanfaatkan keahlian Anda untuk mencari uang melalui sistem kerja online. Saat ini banyak media online maupun agensi yang membuka lowongan kerja bagi siapa saja dan dimana saja selama memiliki kemampuan untuk menulis. Jika Anda bisa lolos seleksi menulis di salah satu media atau agensi, Anda bisa mulai bekerja secara online.

 

Komunikasi yang dilakukan dalam pekerjaan ini biasanya hanya berlangsung melalui email. Klien akan mengirimkan detail jenis tulisan seperti apa yang mereka ingin dan Anda tinggal mengerjakan sesuai pesanan. Jika ada hal-hal yang ingin direvisi klien juga akan menyampaikannya kembali melalui email.

 

Pekerjaan sebagai content writer cukup menjanjikan. Semakin banyak tulisan yang Anda hasilkan tentunya semakin banyak juga upah yang Anda peroleh. Jika ingin mencoba pekerjaan ini, pastikan notifikasi email Anda selalu menyala dan tuntaskan pekerjaan sebelum deadline.

 

  1. Admin Media Sosial

Saat ini media sosial menjadi hal yang penting, baik bagi usaha dagang maupun image seseorang secara personal. Para pejabat di era modern ini, misalnya, memahami betul pentingnya mengunggah pencapaian atau kegiatan kerja mereka ke media sosial. Hal tersebut dimaksudkan agar rakyat bisa melihat dan berinteraksi secara langsung mengenai kinerja-kinerja yang dilakukan.

 

Sayangnya para pejabat kerap kali terlalu sibuk untuk mengurusi media sosial mereka sendiri. Karena itulah mereka akan membutuhkan orang lain untuk mengelola media sosial mereka, yang kemudian dikenal dengan nama admin media sosial. Peluang inilah yang bisa Anda bidik.

 

Jika menjadi admin media sosial terasa terlalu serius dan aksesnya sulit, Anda bisa mulai dengan menjadi admin media sosial online shop. Atau Anda juga bisa menawarkan jasa kepada orang di dekat Anda yang kebetulan sudah memilki banyak followers dan menajdi semacam buzzer di media sosial. Pekerjaan ini tidaklah terlalu sulit dan yang Anda butuhkan hanyalah ponsel dan koneksi internet.

 

  1. Transalator

Jasa yang juga dicari oleh banyak orang saat ini adalah translator atau penerjemah. Anda yang menguasai beberapa bahasa tentunya bisa menjadikan ini sebagai peluang. Pekerjaan sebagai translator juga sangat mungkin dilakukan secara online. Orang yang membutuhkan jasa Anda nantinya tinggal mengirimkan file yang ingin diterjemahkan melalui email atau media lain yang disepakati.

 

Translator biasanya dibayar per halaman. Tarif translate juga bisa berbeda tergantung jenis dokumennya. Karya tulis ilmiah atau surat resmi biasanya dikenai tarif lebih mahal daripada file biasa. jika bekerja secara personal, Anda berhak menentukan tarif Anda sendiri.

 

Pekerjaan sebagai translator akan semakin menguntungkan jika Anda menguasai lebih dari satu bahasa, karena di era global ini bukan hanya dokumen dalam Bahasa Inggris yang banyak dibutuhkan orang. Jika Anda ingin jasa Anda semakin dihargai orang, Anda juga bisa mengusahakan diri Anda menjadi sworn translator atau translator tersumpah. Dengan demikian tarif Anda bisa semakin naik dan jasa Anda semakin diminati oleh klien-klien besar.

 

  1. Membuka Online Shop

Era digital telah membuat pola konsumsi masyarakat kita berubah. Online shop tumbuh semakin menjamur karena peminatnya juga terus bertumbuh setiap harinya. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja secara online, maka membuka online shop bisa menjadi solusinya.

 

Ada banyak jenis barang yang bisa diperjualbelikan melalui online shop. Sebaiknya Anda memilih barang yang memang senantiasa dicari oleh banyak orang. Jika tak mau ribet berurusan dengan pengiriman barang, Anda bisa menjadi semacam reseller yang hanya bertugas menjaring pembeli tanpa harus berurusan dengan pengiriman. Selain menjadi lebih mudah, cara kerja online yang demikian juga terhitung rendah modal, sehingga ketiadaan modal yang besar tak perlu menjadi kendala untuk bisa bergabung di bisnis online shop.

 

Agar keuntungan yang Anda peroleh dari online shop maksimal, Anda harus menggencarkan promosi, baik yang berbayar maupun tidak. Promosi yang berbayar misalnya memasang iklan langsung di instagram dan facebokk, atau mengendorse buzzer. Sementara promo yang tidak berbiaya adalah melakukan promosi di akun pribadi Anda dan juga menjangkau orang-orang terdekat, misalnya melalui grup whatsapp. Online shop yang dikelola secara serius dapat menghasilkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Beberapa orang yang sudah sukses bahkan menjadikan online shop ini sebagai sumber pemasukan utamanya.

Selain kelima jenis pekerjaan di atas, masih banyak lagi pekerjaan yang bisa Anda lakukan secara online. Namun kerja online tentunya juga tak terhindari dari kekurangan. Sistem kerja yang seolah-olah bebas seringkali membuat para pekerjanya menjadi lalai dan pekerjaan selesai dengan kurang maksimal.

Tips Bekerja Secara Online

Berikut adalah tips untuk kerja online yang harus Anda praktekkan agar bisa menjadi pekerja online yang baik:

  • Disiplin

Meskipun bekerja secara online, usahakan Anda menciptakan jam kerja sendiri yang harus dipatuhi dengan disiplin. Kedisiplinan ini akan membuat setiap pekerjaan yang Anda terima selesai dengan baik dan tepat waktu. Buat jadwal yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Usahakan selama jadwal tersebut Anda benar-benar hanya menyelesaikan pekerjaan online tanpa terganggu hal lain agar hasilnya maksimal.

 

  • Komitmen

Meskipun dalam sistem kerja online Anda seringkali tidak mengenal dan tak pernah bertatap muka dengan klien, jangan pernah anggap sepele masalah komitmen. Pekerjaan yang Anda terima tetap harus diselesaikan dengan maksimal. Pada era digital ini, informasi mengenai baik atau buruknya pekerjaan Anda dapat menyebar dengan sangat cepat. Jika klien puas terhadap hasil kerja Anda, ia akan secara otomatis menjadi sarana promosi. Namun jika tak puas, Anda kemungkinan akan sulit mendapat pekerjaan lagi karena review buruk Anda sangat mungkin sudah tersebar luas di internet.

 

  • Memiliki Daya Kompetitif

Persaingan kerja di dunia online tak jauh beda dengan pekerjaan yang dilakukan secara langsung di dunia nyata. Persaingan tentunya harus dimenangkan secara sehat. Cara yang bisa Anda lakukan untuk memenangkan persaingan di dunia online adalah membuat portofolio digital sebaik mungkin. Manfaatkan semua media yang Anda punya sebagai wadah bagi portofolio Anda. Selain itu jangan pernah berhenti belajar dan mengembangkan kemampuan Anda, itulah senjata terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memenangkan iklim yang kompetitif di dunia online.

 

  • Menjaga Attitude

Tak hanya di dunia nyata, di dunia maya tempat berlangsungnya berbagai pekerjaan online attitude juga sangat penting. Ketike berkomunikasi dengan klien gunakanlah bahasa yang sopan. Tanggapi semua keluhan atau revisi dengan klien sebaik mungkin. Walaupun harus menolak revisi karena dirasa sudah terlalu berlebihan, pastikan Anda tetap menggunakan kata-kata yang santun dan mencerminkan profesionalitas. Servis kepada klien yang baik sangat mungkin membuat klien tersebut mencari Anda kembali untuk pekerjaan yang selanjutnya.

Baik bekerja secara online maupun offline tentu sama baiknya asal ditekuni dengan sungguh-sungguh. Jika berbicara penghasilan, tentunya akan selalu sepadan dengan kerja keras dan kemampuan yang Anda miliki. Walaupun bekerja secara online, jangan lupa untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan agar nilai Anda di mata klien juga terus meningkat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *