Keuntungan Penggunaan Kanopi Rumah dari Baja Ringan

Anda tentu taka sing lagi dengan istilah kanopi. Kanopi adalah sebuah istilah yang digunakan dalam bidang bangunan yang berupa rangka dan atap yang biasa dipasangkan di beranda depan rumah atau suatu bangunan. Bangunan umum yang biasanya menggunakan kanopi, seperti pada bangunan masjid, kost-kostan, rumah sakit, dan berbagai bangunan lainnya yang memanfaatkan area beranda.

Secara harfiah, kanopi berasal dari kata canope yang merupakan bahasa Perancis dan canopeum dari bahasa Latin. Artinya, berkaitan dengan desain interior yang memiliki 4 tiang dengan kain tirai penutup bagian atas maupun samping sebagai pelindung udara.  Namun, memasuki masa modern, kanopi diterapkan pada bagian luar atau sebagai eksterior rumah atau bangunan.

Fungsi Kanopi

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika rumah Anda dipasangkan kanopi. Secara fungsional, penggunaan kanopi bisa berfungsi sebagai pelindung teras rumah atau garasi mobil atau motor dari sengatan cahaya matahari langsung, serta menghindari lantai licin karena terkena hujan. Sebab, pemasangan kanopi biasanya menurun sampai depan pagar rumah.

Selain itu, pemasangan kanopi rumah juga dapat menjadi pelindung dari benda-benda yang jatuh dari atas rumah atau kotoran, seperti dedaunan dan tangkai yang jatuh karena tertiup angina. Sehingga, halaman rumah tetap terjaga kebersihannya dan Anda sebagai penghuni rumah juga tidak terkena bahayanya.

unsplash.com

Disamping menyaring atau menyerap panas dan hujan, fungsi kanopi lainnya bisa menciptakan suasana rumah yang teduh. Hal ini karena udara panas sudah terserap terlebih dahulu. Sehingga, tidak memunculkan suhu panas yang berlebihan. Jika kanopi yang digunakan menutupi rumah dengan baik, maka udara di depan rumah akan terasa lebih sejuk dan terhindar dari rasa gerah.

Dari segi estetika, penggunaan kanopi di teras atau garasi rumah juga bisa mempercantik tampilan luar rumah. Agar lebih bernilai estetika, Anda bisa menyesuaikan desain dan warna rangka kanopi dan penutup atasnya sesuai dengan gaya rumah Anda. Dengan demikian, rumah Anda akan terlihat lebih indah dan pasti akan sangat berbeda dengan rumah tanpa kanopi.

Manfaat lainnya dari pemasangan kanopi rumah adalah mampu menghemat pengeluaran untuk material bangunan pada bagian atap luar rumah Anda. Jika tidak ada kanopi sebagai salah satu material atap bangunan rumah Anda dan lebih menggunakan genting untuk keseluruhan, maka biaya yang Anda keluarkan untuk membangun rumah bisa jadi semakin membengkak.

Untuk lebih memaksimalkan keunggulan penggunaan kanopi, penting juga memikirkan bahan kanopi yang digunakan pada rumah Anda. Masih banyak orang yang menggunakan kanopi berbahan kayu yang sebenarnya memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, bahannya mudah lapuk akibat serangan rapat dan peralihan cuaca yang tak menentu.

unsplash.com

Keunggulan Baja Ringan

Oleh karenanya, kanopi dari bahan baja ringan adalah pilihan yang tepat jika dibandingkan dengan kanopi berbahan kayu atau besi. Jika Anda masih ragu akan material yang satu ini, simak beberapa keunggulan dari penggunaan baja ringan sebagai kanopi rumah Anda. Dijamin, banyak sekali keuntungan yang Anda dapatkan.

  • Pemasangan mudah dan cepat

Penggunaan kanopi baja sangat cocok untuk Anda yang memiliki keterbatasan waktu pembangunan. Sebab, pemasangannya tergolong mudah dan cepat, yaitu hanya merakitnya dengan pengait khusus. Tidak seperti kayu yang harus menggunakan paku dan kanopi besi yang harus dirakit menggunakan mesin las. Bobotnya pun tidak terlalu berat.

  • Anti rayap

Tidak seperti kanopi kayu yang rentan oleh serangan rayap dan membuatnya mudah lapuk hingga ambruk, kanopi baja ringan tidak akan mengalami serangan rayap. Sebab, materialnya memang tidak disukai oleh rayap. Karenanya, jika Anda ingin kanopi di rumah Anda tahan lama dan digunakan dalam jangka waktu panjang, sebaiknya gunakan material baja ringan.

  • Anti karat

Kanopi dengan material besi mengalami korosi atau karat seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan cuaca. Namun, tidak demikian dengan material baja yang tidak akan mengalami karatan. Hal ini karena baja ringan sudah dilapisi langsung dengan Galvalum, yaitu pelapis anti karat yang terbuat dari zinc, karbon, dan alumunium zinc. Perubahan cuaca seperti apapun, tidak berpengaruh.

unsplash.com

  • Memiliki sifat non-combustible

Non-combustible artinya tidak bisa membuat api menyala lebih besar lagi. Artinya, dari segi keamanan, material baja ringan ini sangat bisa jadi pertimbangan Anda. Jika sewaktu-waktu rumah Anda mengalami musibah yang tak terduga dan menyebabkan api, maka kanopi baja ini tidak akan membuat api semakin besar dan menjalar. Jadi, dibandingkan kanopi kayu, tentu baja lebih aman.

  • Biaya terjangkau

Anda yang memiliki keterbatasan dana, bisa menghemat pada biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan kanopi. Sebab, secara keseluruhan, mulai dari pembangunan hingga perawatan, kanopi menggunakan baja ringan lebih terjangkau dibandingkan dengan kanopi dari bahan lainnya, misalnya kayu dan besi. Apalagi pemasangannya cenderung mudah dan tidak memakan waktu berhari-hari.

Dari semua alasan keuntungan tadi, tentu Anda jadi semakin yakin kan untuk menggunakan kanopi berbahan baja ringan? Tapi ingat, gunakanlah tenaga ahli yang profesional, seperti karyatukang untuk memasangkan kanopi baja ringan Anda. Karyatukang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menangani pemasangan baja ringan untuk berbagai macam kebutuhan rumah Anda.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *