Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan

Memilih jurusan untuk melanjutkan pendidikan tinggi  memang tidak bisa dikatakan sangat mudah. Terkadang  ada sebagian orang yang memilih secara sembarangan atau mirip dengan kawan atau sahabat. Namun sebenarnya jika jeli dan dapat melhat peluang dengan baik, maka jurusan pada saat menempuh pendidikan tinggi dapat memberikan masa depan yang cukup baik. Siapa sih yang tidak ingin memiliki karir gemilang serta mapan di masa yang akan datang. Hampir semua rata-rata ingin memiliki masa depan yang cerah di depan mata. Kebanyakan tidak memiliki pertimbangan yang cukup matang pada saat akan memilih jurusan untuk pendidikan lanjutnya.

Memilih Jurusan Kuliah Yang Prospektif

Menempuh pendidikan tinggi dengan jurusan yang sesuai bisa menjadi jalan yang sesuai untuk mendapatkan pekerjaan impian. Seringnya, pemilihan jurusan kuliah tidak disertai dengan alasan atau pertimbangan yang cukup kuat pada saat memilihnya. Ada beberapa alasan yang dijadikan dasar untuk memilih jurusan untuk kuliah:

  • Memilih jurusan atas dasar minat. Pilihan jurusan untuk kuliah berdasarkan pilihan minat menjadi salah satu pertimbangan atau alasan. Beberapa pertimbangan yang dijadikan alasan adalah ketika memilih berdasarkan minat karena betapa berat yang harus dijalankan pada saat perkuliahan, tentu tetap akan senang. Minat yang kuat mampu mengalahkan beratnya kuliah yang dijalani. Banyaknya tugas ketika dilakukan dengan senang hati maka tidak akan terasa berat karena sesuai dengan keinginan dan juga minat yang kuat pada jurusan tersebut.

pexels.com

  • Memilih berdasarkan kepribadian. Ada beberapa kepribadian seseorang yang sangat cocok untuk beberapa jurusan yang ditawarkan di universitas. Meskipun jumlah jurusan yang ditawarkan cukup banyak, namun saat memilih berdasarkan kepribadian maka akan lebih mudah pada saat akan menjalankannya. Apabila memiliki kepribadian lebih senang membantu orang lain, maka pilihan jurusan yang lebih sesuai adalah jurusan pendidikan. Sebab jurusan ini akan mengajarkan kepada mahasiswanya mengenai caranya untuk membantu orang guna menjelaskan sesuatu dengan lebih detail sehingga mudah dimengerti oleh sebagian orang.
  • Memilih untuk orang yang suka berbahasa. Pilihan jurusan bagi orang yang suka dengan mengolah kata atau bahasa bisa memilih kuliah pada jurusan bahasa asing. Memilih untuk jurusan kuliah bahasa asing menjadi salah satu yang cukup prospektif. Cukup banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan penguasaan bahasa asing cukup baik. Misalnya untuk perusahaan dengan kelas internasional, maka jurusan ini sangat sesuai. Selain itu, prospeknya di dunia kerja juga lebih baik. Prospek pengembangan karir pada perusahaan asing yang mempekerjakan karyawan dengan penguasaan bahasa asing cukup bagus juga sangat menjanjikan. Selain itu, jurusan yang cocok untuk orang-orang yang menggilai kata-kata adalah jurusan jurnalisme. Jurusan ini mengajarkan kepada mahasiswanya tentang bagaimana mengolah data dan fakta yang ditemukan di lapangan menjadi sajian yang informatif namun mudah dipahami.
  • Memilih berdasarkan prospek kerja yang bagus. Sebagian orang akan cenderung memilih jurusan yang prospek kerjanya bagus. Sebagian besar kalangan lebih menyukai hal demikian demi mendambakan memperoleh pekerjaan dengan cepat dan karir yang gemilang. Jurusan-jurusan yang unggulan ini biasanya memiliki peluang memperoleh pekerjaan cukup besar. Tidak heran jika jurusan tersebut memiliki jumlah mahasiswa yang sangat banyak. Oleh karenanya, tidak begitu aneh jika jurusan-jurusan ini merupakan primadona di kalangan para calon mahasiswa. Meskipun demikian sama sekali tidak menyurutkan niat serta keinginan dari calon mahasiswanya untuk mengikuti perkuliahan di jurusan-jurusan tersebut.

pexels.com

Jurusan Yang Paling Banyak Menjanjikan Pekerjaan Yang Mantab

Memilih jurusan kuliah dengan janji kemudahan mendapatkan pekerjaan memang bukan hal aneh lagi. Terlebih bagi kalangan yang masih beranggapan, sukses dalam bekerja ketika berhasil mendapatkan pekerjaan impian di perusahaan yang bonafid. Sehingga jurusan yang paling banyak dipilih diantaranya:

  • Jurusan yang satu ini tergolong memiliki jumlah peminat yang sangat banyak. Tidak heran peminatnya banyak. Sebab jumlah kebutuhan untuk tenaga akuntan di perusaaan tidak bisa dianggap remeh. Hampir semua perusahaan mulai dari perusahaan yang kecil hingga perusahaan tingkat internasional memilih dan membutuhkan seorang akuntan yang profesional. Tidak heran jika jurusan ini dianggap sebagai jurusan yang memiliki prospek kerja yang sangat bagus ke depannya. Meskipun tidak bekerja pada perusahaan besar dan lebih memilih menekuni sebagai akuntan publikpun masih sangat mentereng.
  • Teknik informatika. Jurusan ini tergolong memiliki prospek yang cukup luar biasa. Sebenarnya dalam jurusan ini, akan mengajarkan kepada mahasiswanya mengenai cara memanfaatkan komputer seperti misalnya membuat program komputer ataupun komputer jaringan. Mengapa jurusan ini banyak peminatnya karena, hampir setiap perusahaan baik itu perusahaan milik pemerintah maupun perusahaan swasta memiliki kebutuhan akan tenaga teknis khusus untuk komputer. Apalagi belakangan ini perusahaan pada umumnya memiliki visi ke depan untuk menjadi perusahaan modern yang memiliki keinginan untuk menyambut pasar bebas dengan cara yang lebih modern. Oleh karenanya dianggap bahwa ilmu teknik informatika menjadi jurusan yang prospektif untuk perusahaan dengan kelas internasional.
  • Teknik mesin. Jurusan yang satu ini dibutuhkan oleh pabrik-pabrik yang menggunakan mesin produksi otomatis. Memilih jurusan kuliah teknik mesin memiliki kecenderungan bisa memperoleh pekerjaan pada perusahaan impian cukup besar. Terlebih di dalam perusahaan yang bergerak di bidang apapun dan mengoperasikan banyak mesin membutuhkan tenaga khusus yang dapat merawat serta mengoperasikan mesin produksi. Sehingga proses produksi dan proses bekerjanya sebuah perusahaan menjadi lebih efisien. Itulah mengapa banyak anggapan bahwa teknik mesin sangat prospektif untuk memperoleh pekerjaan baik itu pada perusahaan milik negara maupun pada perusahaan swasta yang sedang berkembang dengan cukup pesat.
  • Teknik sipil. Pilihan teknik sipil juga termasuk memperoleh peringkat cukup bagus. Termasuk untuk memperoleh pekerjaan impian. Meskipun anggapan bahwa teknik sipil akan bekerja pada perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan, akan tetapi apabila memilih untuk menjadi wiraswastapun juga bisa. Menjadi seorang developer atau menjadi seorang kontraktor bisa dipilih sebagai alternatif jika selesai menempuh kuliah pada jurusan teknik sipil. Meskipun tergolong memerlukan perjuangan yang cukup panjang, akan tetapi pada kenyataanya, lulusan teknik sipil memiliki peluang untuk merajut masa depan yang penuh dengan harapan pasti.
  • Jurusan yang memiliki peminat sangat banyak di berbagai universitas adalah jurusan kedokteran. Sudah jelas bahwa jurusan yang satu ini diinginkan oleh kebanyakan orang. Sebab menjadi dokter merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Pekerjaan yang menjanjikan masa depan yang sangat cemerlang. Banyak kebutuhan akan tenaga paramedis khususnya dokter menjadi alasan tepat mengapa tenaga paramedis ini menjadi salah satu jurusan favorit. Baik bekerja pada rumah sakit milik pemerintah maupun rumah sakit swasta, akan tetapi jurusan ini jelas menjanjikan. Bukan hanya bekerja pada rumah sakit saja. Bekerja pada perusahaan besarpun bisa dilakukan. Sebab tidak jarang perusahaan besar memiliki klinik sendiri untuk menolong karyawannya yang membutuhkan pertolongan karena suatu hal. Misalnya terjadi kecelakaan kerja.

pexels.com

Jurusan Unik Namun Dibutuhkan Perusahaan

Menentukan jurusan kuliah yang sangat prospektif ke depannya tidak melulu hanya jurusan yang populer saja. Akan tetapi ada jurusan-jurusan yang nampaknya tidak memiliki banyak peminat namun tetap memiliki banyak peluang mendapatkan pekerjaan yang sangat menjanjikan. Mau tahu? Ini dia:

  • Jurusan yang satu ini mempelajari perihal rumus serta simbol-simbol yang sangat rumit. Bisa dikatakan bahwa rumus dan juga simbol ini memerlukan ketelitian untuk bisa memecahkannya. Bukan hanya perihal rumusnya saja yang sangat rumit, akan tetapi dalam hal penerapannya juga rupanya tidak bisa dianggap mudah. Diperlukan konsentrasi, dedikasi serta kedisiplinan yang tinggi. Praktek-praktek dilakukan untuk memecahkan sebuah persoalan.  Lulusan yang dihasilkan bisa dikatakan memiliki tingkat kualitas kinerja yang memuaskan. Oleh karenanya, tidak heran jika jurusan ini memiliki peluang yang tidak kalah tinggi dibandingkan dengan jurusan populer guna mendapatkan pekerjaan impian.
  • Jurusan pemasaran. Jurusan pemasaran termasuk yang juga diminati oleh pasar kerja. Alasannya adalah setiap perusahaan baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besarpun membutuhkan tenaga profesional pemasaran yang siap memasarkan produknya hingga ke konsumen dalam jumlah omset yang tinggi. Jurusan khusus pemasaran ini memiliki cara atau teknik khusus untuk membuat produk lebih layak untuk dijual. Membuat produk terlihat sangat menarik dan juga sangat layak untuk dibeli. Bagaimana caranya meningkatkan omset perusahaan dalam jumlah yang cukup tinggi. Oleh karenanya, perusahaan tidak akan segan untuk mencari tenaga pemasar profesional yang memahami ilmu pemasaran dengan baik.
  • Jurusan yang ini dibutuhkan oleh perusahaan. Terutama pada bagian personalia. Perusahaan akan sangat membutuhkan tenaga personalia yang mampu menilai orang dengan jeli serta sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan. Ilmu psikologi mengajarkan secara tertulis mengenai bagaimana mencari sosok orang dan juga mengenali sosok orang yang cocok untuk bekerja pada bidang perusahaan. Meskipun perusahaan memiliki kriteria untuk masing-masing jabatan, akan tetapi orang-orang yang mengetahui ilmu psikologi inilah yang mampu memberikan penilaian secara akurat. Ada beberapa instrumen pengetesan yang menjadi dasar bagi bagian personalia perusahaan guna mencari pekerja yang sesuai pada bidangnya.

pexels.com

Pada instansi pemerintah maupun swasta, jurusan-jurusan untuk kuliah diatas memiliki tempat masing-masing. Meskipun tidak semuanya diminati banyak orang, setidaknya prospek untuk memperoleh pekerjaan serta masa depan yang cemerlang masih bisa diperoleh. Ilmu yang didalami serta waktu kuliah yang dilewati dengan tanpa beban membantu mahasiswa untuk segera menyelesaikan kuliahnya dan bergerak mendapatkan pekerjaan. Keilmuan yang dijalani dengan penuh semangat serta dijalankan dengan kesungguhan membuat proses belajar juga menjadi relatif lebih mudah.

Menyesuaikan pilihan dengan kemampuan diri menjadi salah satu alasan terbaik. Meskipun memiliki prospek bagus namun tidak sesuai dengan kemampuan diri, maka masa perkuliahan menjadi mimpi buruk yang tidak berkesudahan. Memilih yang sesuai dengan kemampuan serta minat meskipun tidak semuanya memiliki peluang kerja tinggi, membuat keilmuan mudah diterima dengan baik. Hal ini bagus untuk para mahasiswa yang ingin menjalani masa kuliah dengan lebih cepat selesai. Bukan itu saja, menyesuaikan dengan minat dan kemampuan tentunya membuat pekerjaan juga relatif mudah didapatkan setelah masa perkuliahan yang relatif tanpa beban. Mendalami ilmu tanpa beban menjadi kunci untuk mudahnya mendapatkan pekerjaan meskipun jurusan yang dipilih termasuk tidak memiliki banyak peminatnya. Justru ketika sesuai dengan kemampuan maka pekerjaan akan mendekat dengan lebih mudah. Untuk info lebih lanjut anda bisa lihat di inibagus.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *