Jenis Gambar Yang Mudah Digambar Bagi Para Pemula

Menggambar merupakan sebuah aktivitas kreatif untuk membentuk suatu imajinasi seniman atau pelukis. Hal ini bisa diartikan bahwa gambar merupakan suatu kegiatan menorehkan pensil atau pun pewarna di atas media kertas gambar atau canvas. Gambar merupakan karya seni rupa dua dimensi. Gambar di sini berfungsi untuk menjelaskan suatu objek yang digambar.

Dalam menggambar, seniman atau pelukis menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bagi Anda para pemula yang ingin mencoba mendalami dunia menggambar, Anda dapat memulainya dengan cara menggambar gambar bunga yang mudah. Hal ini dikarenakan, menggambar bunga tidak begitu sulit dibandingkan menggambar objek-objek yang lain seperti wajah seseorang.

Di sini dunia mewarnai gambar akan memberikan kepada Anda cara menggambar beberapa Bungan yang tentunya mudah untuk Anda pahami dan Anda ikuti. Yang pertama yaitu cara menggambar bunga mawar dengan batang. Berikut cara-caranya:

  • Gambarlah garis melengkung seperti huruf “U”. Gambarlah satu lagi garis melengkung yang serupa namun dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari sebelumnya. Gambarlah lengkungan tersebut di bawah garis lengkungan yang pertama hingga Anda mendapatkan 3 bentuk garis yang serupa.

  • Kemudian, gambarlah garis lengkung vertikal sebagai tangkau bunga mawar tersebut. Selain itu, gambarkan juga sehelai daun di satu sisinya agar objek bunga tersebut terlihat sedikit tampak nyata.

 

  • Setelah Anda membuat gambar garis besar dari Bungan mawar tadi, Anda dapat memualai membuat gambar bentuk kelopak bunga dari bunga mawar. Caranya yaitu pertama-tama gunakan bentuk “U” yang paling kecil terlebih dahulu.

 

  • Lalu, gambarlah kelopak bunga yang saling tumpang tindih pada bentuk “U” yang pertama. Setelah itu berikan detail bentuk kelopak bunga mawar Anda pada bentu “U” yang kedua.

 

  • Gunakan bentuk “U” yang terakhir untuk memandu Anda dalam menggambarkan kelopak yang serupa dengan yang Anda buat bentk “U” yang pertama dan kedua. Anda juga dapat menambahkan kelopak bunga yang lebih banyak lagi jika Anda ingin membuat gambar bunga mawar agar nampak menarik.

 

  • Gambarlah kuncup bunga mawar menggunakan sudut yang runcing. Jangan lupa untuk menambahkan duri pada batang bunga mawar. Dalam menggambar duri akan lebih baik digambarkan dengan sudut runcing. Tambahkan pula detail pada daun bunga mawar, dan jangan lupa bahwa daun bunga mawar memiliki tepi yang bergerigi.

 

  • Langkah terakhir yaitu warnai gambar bunga mawar Anda dengan menggunakan pewarna. Pada saat mewarnai bunga mawar, gunakanlah permainan warna atau berilah gradiasi pada gambar Anda agar gambar bunga mawar Anda akan nampak nyata.

 

Umumnya untuk menggambarkan bunga mawar terdapat dua tipe gambar bunga mawar. Yang pertama tadi yaitu gambar bunga mawar dengan tangkai. Nah yang selanjutnya yaitu menggambar bunga mawar tanpa tangkai. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buatlah satu lingkarang untuk membentuk tepi bagian dalam bunga mawah yang akan Anda gambar.
  • Kemudian, tambahkan dua lingkaran lagi. Hal ini dilakukan untuk membentuk tepi bagian luar kelopak bunga mawar.
  • Setelah itu, gambatlah sketsa bentuk kelopak bunga mawar dan berikan pengesan pada sketsa dasar Anda.
  • Yang terakhir yaitu warnai gambar bunga Anda dan berikan bayang-bayang serta garis akhir untuk memperjelas gambar Anda.

Seelain menggambar bunga mawar baik yang bertangkai maupun yang tidak, Anda juga dapat menggambar bunga tulip. Menggambar bunga tulip merupakan objek gambar bunga yang mudah digambar. Nah, apabila Anda ingin belajar menggambar bunga tulip berikut langkah-langkah menggambar bunga tulip yang dunia mewarnai gambar akan memberikan informasinya kepada Anda.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menggambar dua garis dengan posisi sedikit melengkung sebagai batang.
  • Langkah selanjutnya yaitu buatlah bentuk huruf “U” pada bagian atas untuk kelopak bunga tulip.
  • Kemudian, tarik garis dari ujung sebelah kiri kelopak ke bagian batang dengan posisi melengkung.
  • Buat garis yang sama, namun hanya sampai setengah kelopak bunga yang pertama Anda buat.
  • Setelah itu, buat juga gambar yang menyerupai huruf “V” terbalik pada tepat di bagian tengah kelopak bunga tulip.
  • Gambar daun dengan membuat dua garis melengkung berujung runcing. Anda juga harus menambahkan gambar yang menyerupai hrurf “V” terbalik di sela-sela kelopak bunga yang kosong.
  • Lalu, tambahkan beberapa garis kecil pada daun dan kelopak bunga agar gambar terlihat lebih detail.
  • Langkah terakhir yaitu mewarnai gambar bunga tulip Anda dengan warna yang Anda suka karena biasanya tulip memiliki punya banyak warna. Nah, dalam melakukan pewarnaan pada gambar bunga tulip Anda juga tidak boleh sembarangan. Lakukan teknik pewarnaan dengan baik agar hasil bunga tulip Anda nampak lebih nyata.

Pada dasarnya cara menggambar bunga tulip dengan bunga mawar dengan tangkai itu hampir sama. Yang membedakan diantaranya keduanya yaitu bunga mawar memiliki banyak kelopak, sedangkan bunga tulip tidak memerlukan banyak kelopak. Selain itu, dalam hal mewarnai, bunga mawar dengen tangkai lebih rumit dibandingkan bunga tulip.

 

You may also like...