Ragam Iklan Produk di Dunia Online

Dalam dunia wirausaha ataupun dalam dunia bisnis, yang tidak boleh dilupakan adalah iklan produk. Hal ini sangat penting dan wajib. Kenapa? Karena kalau kita tidak melakukan proses iklan produk atau mengenalkan produk ke pada pasar. Maka, bagaimana calon pembeli akan mengetahui dan mengenal produk kita?. Sebaliknya dengan mengiklankan dan memberitahukan khalayak pasar tentang produk yang akan kita jual, entah dalam bentuk barang maupun jasa, maka sangat besar kemungkinan menjadi laku dan laris di pasaran.

Dalam dunia serba digital sekarang, pemasaran telah massif dalam sosial media. Memasarkan produk adalah langkah-langkah iklan produk yang baik dan juga jitu. Anda bisa mencapai target penjualan yang lebih efektif karena dengan strategi promosi yang tepat maka pemasaran produk dapat tepat sasaran.

Ragam Iklan Produk di Dunia Online

Berikut akan diulas tentang iklan produk yang baik lagi jitu yaitu dengan memanfaatkan sosial media. Memanfaatkan Sosial Media. Selain digunakan untuk berinteraksi antara pengguna (yang saling kenal), sosial media juga bisa digunakan sebagai sarana promosi yang paling tepat. Apakah benar begitu? Lalu apa sajakah media online yang bisa dijadikan media promosi handal untuk bisnis Anda, berikut ulasannya:

  1. Facebook

Media sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan sebagai media iklan produk online selain di situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi iklan produk pun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk. Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar iklan produk melalui Facebook cukup sukses?

www.pexels.com

  1. Pastikan halaman utama Facebook Anda menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like.
  2. Anda harus dapatkan like sebanyak mungkin.
  3. Jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook Anda.
  4. Fokuslah untuk membuat konten yang menarik.
  5. Twitter

Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagai status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk media iklan produk. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone)  masyarakat dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini. Beberapa cara untuk memaksimalkan iklan produk dan pemasaran produk melalui Twitter adalah sebagai berikut:

  1. Memperbanyak jumlah follower,
  2. Mengirimkan tweet secara teratur,
  3. Mempromosikan situs secara teratur,
  4. Menentukan waktu posting tweet,
  5. Menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online lainnya.
  6. Instagram

Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi Anda untuk sarana iklan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan sebagai media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis Anda.

www.pexels.com

  1. Path

Path awalnya dikenal sebagai media sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah teman yang bisa ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti akun ini tidak bisa dijadikan media promosi dan pemasaran online. Bisa dikatakan bahwa Path merupakan bentuk private dari Facebook dan Twitter namun bukan berarti media sosial satu ini tidak bisa memberikan Anda kesempatan untuk iklan produk, memperluas jaringan dan pasar.

  1. Kaskus

Media sosial satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan atau iklan produk. Kaskus dikenal sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula di media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh.

  1. Google+

Media sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi media iklan produk dan pemasaran online Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya mampu mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah Anda jika Youtube ternyata merupakan produk Google yang kini juga tidak kalah ramai digunakan sebagai media promosi online? Beberapa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan menyaring dan mengatur Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan Hangouts, mengedit dokumen bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta mengatur acara.

  1. Market Place

Selain menggunakan media sosial seperti yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan situs market place seperti shopee, bukalapak, OLX.co.id, tokobagus.com, elevenia.com, dan lain-lain. Marketplace ini sangat membantu para pebisnis online untuk memiliki halaman toko mereka sendiri dan melakukan aktivitas iklan produk dan pemasaran produk. Tidak jarang para pemilik bisnis yang sudah memiliki toko fisik pun membuat halaman toko mereka di berbagai market place guna memperluas jaringan dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

www.pexels.com

  1. Blog

Media satu ini memang memiliki kemiripan dengan website secara sekilas namun penggunaan blog hanya sebatas untuk mendukung usaha promosi. Caranya dengan memuat berbagai artikel seputar bisnis dan produk toko online bahkan jika Anda mau memuat berita terbaru mengenai toko online Anda dan menunjukkan prestasi yang sudah diraih. Untuk semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO guna semakin menarik lebih banyak pelanggan.

  1. Email Marketing

Email marketing dianggap sebagai metode kuno di antara media online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media satu ini. Email marketing dikenal memiliki kekuatan yang cukup besar untuk melakukan promosi secara online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirimkan berita promosi hingga penawaran serta iklan produk terbaru pada para pelanggan.

  1. Youtube

Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin. Oleh karena mempromosikan bisnis bahkan iklan produk di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha. Langkah utama jika ingin mempromosikan bisnis pada Youtube adalah mengupload video melalui akun pribadi lalu pilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang akan dipromosikan, judul video haruslah menarik dan mengandung banyak keywords yang banyak digunakan orang untuk memperbesar kemungkinan muncul pada laman pertama pada Youtube saat hasil pencarian video terkait keywords keluar.

Selain iklan produk dalam dunia online, juga ada dalam bentuk audio visual yang mana juga sedang banyak diminati, yaitu dengan videotron. Bagi, Anda yang tinggal di daerah Jakarta, Anda bisa Sewa Videotron Jakarta. Selamat mencoba!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *