Sejarah Teknologi Printer Drivers Sebagai Penemuan Paling Berharga

Printer drivers dan perangkat komputer lainnya menjadi barang elektronik yang paling dibutuhkan terutama oleh mereka yang bekerja di kantoran dan orang yang berstatus sebagai pelajar. Jika saat ini anda sedang berada diruangan, tengoklah di sekeliling anda ada berapa banyak mesin teknologi yang ada disana mengelilingi kalian. Banyak bukan? Saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua hidup manusia bergantung pada teknologi.

Adanya teknologi di masa sekarang tentunya memberikan dampak yang sangat positif dan membawa perubahan dalam hidup keseharian manusia. Namun hadirnya teknologi yang membantu ini tidak begitu saja mudahnya datang di tengah-tengah kehidupan manusia. Teknologi juga berevolusi. Dahulu orang berkirim kabar dengan menggunakan surat, mengirim uang dengan wessel. Namun saat ini semua hal tersebut bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Saat ini mengirim kabar kepada sanak saudara menjadi lebih cepat karena adanya handphone. Dengan handphone orang-orang bisa bertukar pesan atau menelfon. Mengirim uang dahulu membutuhkan waktu lama. Namum saat ini hanya dalam hitungan detik anda bisa mengirim uang bahkan lintas negara dengan menggunakan transfer bank.

Mencatat informasi atau data saat ini tidak perlu lagi dengan tulis tangan atau mesin ketik, karena sudah hadir komputer atau laptop yang akan membantu anda menulis lebih mudah. Lalu dengan bantuan printer, data yang ada ketik dapat dicetak. Begitulah peran teknologi saat ini yang benar-benar membantu aktivitas manusia.

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu teknologi yang paling berkembang pesat dan memberi dampak nyata bagi kehidupan manusia. Teknologi informasi merupakan teknologi yang membantu manusia untuk dapat membuat, mengubah, menyimpan, menyebar, dan mengirimkan informasi. Data informasi yang diolah merupakan informasi dalam bentuk , tulisan, foto, video, dan angka.

Handphone, kamera, komputer, laptop, printer, dan internet merupakan beberapa terknologi yang dapat membantu persebaran informasi dan komunikasi. Pada jaman dahulu manusia berkomunikasi lewat bahasa. Lalu berkembang melalui surat bagi mereka yang ingin bertukar kabar dan informasi namun terhalang jarak.

Kelebihan Bekerja dengan Menggunakan Komputer

Saat ini manusia dapat berkomunikasi dengan belahan dunia manapun tanpa adanya dinding penghalang dengan menggunakan handphone dan koneksi internet. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan kemudahan bagi manusia untuk dapat mencatat dan menyimpan data dengan mudah.

Jika saat ini manusia bisa mengandalkan komputer untuk melakukan olah data dan penyimpanan, mesin ketik dahulu menjadi primadona untuk mencetak data dan informasi menjadi dokumen. Dahulu mesin ketik hanya digunakan oleh mereka para pekerja professional dan kantoran. Pengetikan informasi menjadi dokumen memakai alat ketik pun tidak semudah saat kita mengetik menggunakan komputer.

Dengan komputer kita bisa menghapus data yang salah saat diketik saat itu juga, berbeda dengan mesin ketik yang harus berhati-hati dan teliti dalam mentransfer data. Kesalahan mengetik saat menggunakan mesin ketik sama dengan mengganti kertas dengan yang baru karena fitur mesin ketik saat itu yang belum secanggih sekarang sehingga kesalahan penulisan sedikit tidak bisa dihapus karena tidak ada fiturnya. Namun, salah satu yang membuat mesin ketik lebih unggul dari komputer ialah alat ketik tersebut sekaligus bisa menjadi alat cetak dokumen.

Mesin ketik tidak membutuhkan perantara untuk mengubah data menjadi dokumen cetak, maka berbeda dengan komputer yang membutuhkan perangkat lain sebagai alat cetak pengubah dokumen yang tersimpan di komputer menjadi dokumen cetak. Printer merupakan perangkat yang dapat terhubung dengan komputer untuk mencetak data dalam bentuk dokumen baik berupa data teks, gambar maupun grafik.

Saat ini printer telah menjadi salah satu teknologi yang paling berperan penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Hampir semua instansi seperti sekolah, perkantoran, pemerintahan, perbankan, dan universitas membutuhkan printer untuk menjalankan aktivitasnya. Harga printer saat ini pun bervariasi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa harga printer merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi para pengguna saat akan membeli printer. Ada sebuah kalimat mengatakan bahwa harga membawa rupa. Maka saat membeli printer anda bisa mencari printer dengan kualitas yang baik tetapi dengan harga sesuai dengan budget.

www.pexels.com

Printer from time to time

Sebagai salah satu teknologi yang memberikan manfaat, printer juga berevolusi sama dengan komputer dan handphone. Printer sebagai sebuah peripheral berkembang seperti perangkat komputer output dan input lainnya. Perkembangan ini didasari pada tuntutan manusia akan hasil dokumen cetak yang semakin meningkat.

Perkembangan printer dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti permintaan dari segi kualitas hasil cetak, kuantitas, kecepatan saat mencetak, ukuran yang diharapkan semakin minimalis, dan cara pengoperasiannya yang semakin sederhana dan mudah dipahami.

  1. Awal berkembangnya pencetakan

Printer dimulai dari perkembangan teknik mencetak yang dimulai pada abad ke 14 di China. Saat itu tinta dan block printing berhasil diciptakan dan memberikan efek yang positif. Namun karena huruf alfabet china yang sangat spesifik, maka cukup sulit untuk menerapkannya dalam mesin yang membuat jarang ditemukannya mesin ketik dalam alfabet china. Jika dibandingkan dengan perkembangan di China, di Eropa berbanding terbalik. Perkembangan produksi dokumen cetak lebih cepat dan pesat karena harganya yang murah. Hal itu berlangsung sekitar tahun 1450.

Johannes Gutenburg, ilmuwan berkebangsaan Jerman, bisa dikatakan sebagai orang yang paling berjasa pada revolusi mesin cetak. Dia yang merupakan seorang pedagang emas dan pengusaha yang berhasil mengembangkan mesin cetak dan membuat printer menjadi penemuan paling berharga sepanjang masa. Karena pengetahuannya yang luas akan logam memudahkannya untuk menguasai tahapan kompleks dalam pembuatan tiap bagian mesinnya. Teknologi ini juga mengawali cara kerja dasar dari pencetakaan. Mereka mengatur tata letak setiap hurufnya disejajarkan dan ditempatkan dengan baik. Semua itu harus dipastikan tertata dengan baik dan di sebuah bentuk yang dapat menahan kuat saat mentransfer tinta ke atas kertas dan hasilnya merata.  Hal tersebut juga menyebabkan massal nya pencetakan alkitab pada masa tersebut.

  1. Berkembangnya Pencetakan

Pada awal tahun 1457 an, pencetakan berkembang pesat dan sangat dominan di Jerman. Saat itu terdapat sekitar 1500 mesin cetak yang tersebar di sekitar 60 kota yang ada di Jerman. Di negara-negara lain di Eropa juga mulai didirikan pencetakan kecuali di Rusia. Lalu pada tahun 1470, terdapat pencetakan di Sana, Venesia yang dipublikasikan sebagai pencetakan pers terbaik.

Sejak saat itu, pencetakan semakin berkembang di Eropa. Mulai banyak buku-buku ilustrasi yang dicetak dan diproduksi. Cara pencetakannya pun masih sederhana, yaitu dengan mengukir garis-garis ilustrasinya pada balok kayu lalu dicetak pada satu sisi saja. Biasanya buku tersebut merupakan alkitab dalam versi yang lebih sederhana. Lalu pada periode yang sama, mereka mulai mencetak gambar dan teks dan mulai diterbitkan.

  1. Awal berkembangnya printer

Setelah melalui proses yang panjang dan pertama kali pencetakan terjadi secara tradisional, pada tahun 1938 seseorang bernama Chester Carlson menemukan sistem pencetakan kering yang disebut dengan Xerox. Xerox merupakan teknologi pembuka jalan bagi printer laser yang sampai saat ini menjadi printer yang paling umum digunakan. Printer laser tersebut yang diberi nama EARS yang selanjutnya dikembangkan oleh sistem pencetakan elektronik Xerox 9700. Pada tahun 1977, akhirnya dirilislah printer laser xerografik pertama yang merupakan keturunan dari EARS yang asli.

Pernahkah anda berfikir apakah printer yang pertama yang dapat diinstal dan digunakan? Printer yang pertama kali dapat diinstal dalam perkantoran adalah printer IBM 300 yang juga merupakan printer pertama gabungan teknologi laser dan elektofotografi. IBM 300 dipasang pada kantor akuntansi pusat di pusat data Amerika Utara FW Woolworth di Milwaukee. Printer tersebut merupakan printer dengan kecepatan tinggi pertama di dunia dengan 100 tayangan per menitnya. Semakin tahun printer laser semakin berkembang karena banyaknya perusahaan besar yang juga memproduksi printer ini. Printer laser digemari karena lebih murah.

Kemudian pada tahun 1984, mulai banyak perusahaan yang memproduksi printer laser salah satunya adalah HP atau Hewlett-Packard yang memperkenalkan printer laser produksi mereka dengan harga 3.600 dollar AS. Printer ini memiliki resolusi 300dpi. Tidak ketinggalan, Apple juga ikut merilis printer laser yang satu tahun kemudian disempurnakan kembali. Lalu pada tahun 1990, printer laser terus mengalami perubahan dan pengembangan menjadi lebih baik. Banyak perusahaan-perusahaan memproduksi printer laser dengan kualitas tinggi yang terus mengalami pembaruan.

www.pexels.com

Tipe-tipe Printer

Dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula printer menjadi semakin lebih baik. Kebutuhan manusia akan printer yang berbeda-beda membuat hadirnya beberapa jenis printer yang dapat dipakai sesuai kebutuhan tiap manusia. Berikut ini beberapa jenis-jenis printer yang sesuai kebutuhan:

  1. Printer Daisy Wheel

Printer ini merupakan printer yang prosesnya menggunakan roda berisikan huruf karakter. Bisa dikatakan cara kerjanya hampir sama dengan mesin tik. Mengapa printer ini disebut daisy karena setiap karakter rodanya terletak pada lengan plastik yang terletak pada pusat roda sehingga seperti berbentuk bunga daisy atau juga piringan. Roda itu nantinya akan berputar dan akan berhenti pada roda karakter yang diinginkan. Cara kerja printer ini sangat lambat bahkan jika dibandingkan dengan mesin ketik listrik printer ini masih lebih lambat. Hal itu dikarenakan cara mencetak print ini yang mencetak huruf demi huruf.

Pada tahun 1969, David S. Lee merupakan orang yang pertama kali menemukan printer daisy wheel. Sebelum printer laser popular, printer ini dikenal karena kuantitas pencetakannya. Gambar dan grafik yang dihasilkan oleh daisy wheel berkualitas tinggi sehingga diminati banyak orang. Printer ini digemari banyak orang pada tahun 1970 sampe tahun 1980an. Pada tahun 1972, Diablo sistem, perusahaan yang menaungi David S. Lee diakuisisi oleh Xerox yang menyebabkan digunakannya Daisy Wheel ini untuk peningkatan perangkat yang diproduksi oleh IBM. Setelah itu, Daisy wheel berubah menjadi mesin printer palin terkenal di industry karena menggunakan diablo 630 yang menarik perhatian para perusahaan.

Walaupun cara kerja printer ini lambat, namun kualitas hasil cetakannya baik sehingga sering disebut sebagai Letter Quality Printer. Namun kelemahan dari printer ini adalah cara kerjanya yang sangat lambat dan hanya bisa mencetak huruf dan angka saja. Selain itu, Printer ini mencetak 40 hingga 100 karakter per second. Maka dari itu printer ini juga sering disebut character print.

  1. Printer Dot Matrix

Printer dot matrix merupakan printer sering kita temui di bagian kasir suatu toko atau restaurant. Kemampuannya yang dapat mencetak di media kertas lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan membuatnya digunakan sebagai pencetak struk pembayaran. Jika printer lain menggunakan tinta sebagai pemberi warna, maka berbeda dengan dot matrix yang warnanya bersumber dari pita. Hal tersebut menyebabkan warna yang dihasilkan dari printer ini hanya terdapat hitam, biru, dan merah saja.

Dot matrix pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970 oleh Digital Equiptment Corporation. Saat itu printer dot matrix LA30 memiliki kemampuan mencetak 30 karakter per detik. Namun sayangnya printer ini sangat bising jika digunakan. Sampai pada tahun 1979, Epson merilis MX-80 yang mendapatkan popularitas karena bentuknya yang simple.

Printer dot matrix memiliki kelebihan yaitu menggunakan pita printer yang biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan tinta untuk printer lain. Selain itu, jenisnya juga sangat bervariasi dari yang tidak berwarna sampai yang berwarna. Printer ini dapat mencetak rangkap dan dengan ukuran kertas yang lebar. Namun, resolusi dari hasil cetakan printer ini masih rendah dan kurang baik untuk mencetak gambar. Suara yang dihasilkan dari printer ini jika sedang mencetak juga sangat keras sehingga menyebabkan kebisingan ditambah geraknya yang lambat membuat printer ini memang hanya cocok jika digunakan untuk mencetakan struk.

  1. Printer Inkjet

Printer Inkjet merupakan printer yang mudah ditemui pada masa sekarang. Printer ini menggunakan tinta dan didorong diatas bidang kertas. Cara kerja printer ini yaitu mengikuti garis atau grafik sesuai dengan yang diperintahkan komputer atau drivernya menggunakan kepala cetak berisi pipa kecil lalu disemprotkan ke bidang kertas. Karena tintanya yang disemprotkan, hasil dari cetakan printer Inkjet kualitasnya baik jika dibandingkan dengan dot max. Printer ini memiliki resolusi hingga 5760×1440 dpi. Tintanya pun langsung mengering dalam hitungan detik. Printer ini dapat mencetak pada media kertas dan juga plastic.

www.pexels.com

Printer Paling Diminati Saat ini

Jika kita kembali ke masa lalu, printer inkjet pertama kali dikenalkan pada tahun 1976. Namun butuh sekitar 12 tahun bagi printer inkjet untuk menjadi printer yang dipakai di rumahan. Yang membuat lamanya printer inkjet ini diproduksi karena ilmuwan mencari solusi agar tidak tersumbatnya pit head dan menciptakan aliran tinta yang mengalir dari pit head ke halaman. Dan setelah jawaban ditemukan, printer inkjet lebih sering diproduksi dan masuk ke pasaran.

  1. Sejarah Pengembangan Printer oleh IBM

IBM mengembangkan lagi printer inkjet dengan memberikan listrik pada untuk melapisi halaman dengan tinta secara cepat. Namun hal ini mengakibatkan borosnya tinta yang dikeluarkan untuk mencetak dokumen. Untuk menggunakan printer inkjet, anda harus menyambungkannya dengan komputer atau laptop. Lalu printer driver akan menerima data yang akan dicetak dari aplikasi perangkat lunak.

  1. Penemuan oleh Perusahaan Siemens

Tahun 1977 Siemens menemukan printer inkjet drop-on-demand yang menawarkan cara penyemprotan tinta yang akan bekerja jika diperlukan. Printer drop-on-demand bekerja lebih lambat dari printer inkjet continu, tetapi printer ini lebih hemat dan murah. Printer drop on demand yang diproduksi canon dan hp memiliki teknologi yang mendorong tinta dari pit head sedangkan untuk merk Epson mereka memiliki teknologi sendiri bernama piezoelectric.

www.pexels.com

Apa kelebihan printer inkjet?

Kelebihan dari printer inkjet ini dapat mencetak lebih cepat namun tidak menghasilkan suara yang membuat bising dan menganggu. Selain itu, printer lebih mudah untuk dibersihkan sehingga tetap bisa terjaga kebersihannya. Tinta yang digunakan untuk printer inkjet juga lebih murah. Printer ini penggunanya hampir dating dari semua kalangan baik pengguna personal, kantoran, hingga perusahaan. Sparepart printer ini juga mudah ditemukan. Anda bisa mencari printer drivers, cartridge, infus, dan lain sebagainya di toko terdekat.

Saat ini banyak perusahaan yang banyak menambahkan fitur fotocopy dan scan pada printer jenis inkjet ini yang tentunya dapat memberikan keuntungan lebih bagi pengguna yang juga membutuhkan fitur fotocopy dan scan. Salah satu yang menyebabkan printer inkjet paling laku di pasaran karena printernya yang serbaguna. Printer ini bisa mencetak di media berbagai media seperti kertas biasa, kertas tebal, dan kertas foto. Bisnis printing digital seperti custom t-shirt atau gelas mug, umumnya menggunakan printer inkjet untuk mencetak desain sebelum akan disablon di kaos dan gelas mug.

www.pexels.com

Pengembangan Teknologi Printer Laser Jet

Printer laser jet merupakan printer yang menggunakan tinta serbuk atau bubuk. Ketika kita menggunakan printer tersebut untuk mencetak, tinta bubuk atau serbuk tersebut akan dipanaskan dan ditembakkan ke kertas. Karena penggunaan tinta berbentuk padat tersebut, hasil dari cetakan laser jet tidak akan luntur. Printer ini menggabungkan teknologi yang biasa digunakan pada mesin fotokopi dan teknologi laser.

  1. Awal Terbentuknya Printer Laser Jet

Xerografis atau yang berarti proses pencetakan kering, ditemukan oleh seorang fisikawan Chester Carlson pada tahun 1983. Xerography ini merupakan teknologi dasar mesin fotokopi dan printer laser. Penemuan itu akhirnya dipatenkan menjadi milik dia pada tahun 1942. Namun ternyata mendapat hak paten tidak membuat perusahaan tertarik akan penemuannya. Sampai akhirnya perusahaan bernama Haloid tertarik dan berhasil bernegosiasi dengannya.

  1. Transisi Industri

Haloid kemudian berubah nama menjadi Xerox. Dan juga, karena penemuan Carlson, hal tersebut mengubah Xerox menjadi perusahaan yang sukses di Industry. Tak berapa lama kemudian lahirlah printer laser. Gary Starkweather merupakan orang memiliki ide tentang printer laser. Dia mengembangkan desain printer laser pertamanya pada tahun 1969.

Sebelum berhasil dengan proyeknya, starkweather sempat diminta untuk berhenti mengembangkan printer laser ini tetapi ia menolak. Sampai akhirnya pada tahun 1970 xerox mendirikan Palo Alto Research Center (PARC) dan dia diajak bergabung. Sembilan bulan kemudian, akhirnya mesin printer laser berhasil dibuat. Xerox9700 menjadi printer laser komersial pertama yang diperkenalkan kepada dunia.

Printer Laser Jet memiliki kelebihan yaitu kualitas hasil pencetakan tulisan yang tinggi dengan kecepatan cetak yang tinggi juga. Selain itu printer ini tidak hanya bisa mencetak ukuran kertas A4 namun bisa dalam berbagai ukuran. Pemakaian printer ini pun lebih hemat karena penggunaan tinta yang tidak terlalu banyak. Namun, jangan sekali-sekali mencoba mencetak foto menggunakan laser jet, karena kualitasnya tidak sebagus tulisan. Jika ingin menggunakan printer laser jet warna, anda harus mengeluarkan uang lebih karena harga printer yang lebih mahal daripada printer ink jet warna.

Teknologi dari tahun ke tahun semakin berkembang, salah satunya teknologi printer. Banyaknya manfaat yang diberikan dari penggunaan printer membuat penggunanya semakin produtif dalam menjalankan aktivitasnya karena terbantu dengan kehadiran printer.  Saat ini harga printer bisa dibilang lebih terjangkau yaitu sekitar Rp. 1.500.000 hingga Rp. 5.000.000 untuk penggunaan pribadi. Printer untuk usaha biasanya dijual dengan harga diatas Rp. 5000.000 dengan spesifikasi yang mumpuni.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *