Panduan Lengkap Memilih Kulkas Terbaik

Kulkas adalah alat paling di setiap dapur keluarga. Dari menjaga bahan makanan tetap segar, awet, dan tahan lama, hingga menyediakan minuman dingin setiap waktu, setiap keluarga wajib memilikinya.

Karena fungsinya dibutuhkan dalam jangka panjang, menjadi suatu keharusan untuk mempertimbangkan seluruh aspek yang berkaitan dengan dengan kulkas tersebut.

Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Pergi Ke Toko

Ada beberapa hal yang wajib dilakukan sebelum pergi ke toko untuk membeli kulkas, yaitu :

  • Ukur Ruang Anda Dengan Cermat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengukur spasi / ruang yang Anda sediakan untuk penempatan kulkas, mulai dari tinggi, lebar, kedalaman, hingga jarak bebas ayunan untuk pintu kulkas. Periksa arah ayunan pintu juga, dan pastikan kulkas terbuka ke arah yang paling mudah diakses dari ruangan Anda. Jangan lupa juga untuk mengukur akses dari dapur Anda untuk memastikan kulkas mampu melewati pintu dapur.

Jika Anda ingin mengganti kulkas yang dimiliki saat ini, ada hal yang harus dilakukan yaitu : ukurlah lebar dan kedalaman kulkas Anda saat ini (dari dinding ke permukaan depan), serta jangan lupa ukur pula tingginya.

Jika Anda memang benar-benar baru membeli kulkas untuk dapur Anda, ada beberapa hal yang harus dilakukan :

  • Ukur kedalaman tidak hanya pada ketinggian pinggang kulkas, tetapi juga di bagian atas.
  • Lakukan beberapa pengukuran lebar dan tinggi.
  • Sisakan setidaknya beberapa sentimeter di bagian samping, atas, dan belakang, untuk tujuan ventilasi dan sirkulasi udara yang tepat. Kulkas bekerja dengan memindahkan panas dari dalam ke udara luar melalui gulungan, sehingga kulkas membutuhkan ruang cukup lebar, terutama pada bagian belakang.
  • Kebiasaan Membeli Makanan

Selain hal diatas, ada lagi satu pertanyaan penting yang harus Anda jawab. Apakah makanan akan pas di kulkas?. Sebaiknya pertimbangkan kebiasaan membeli makanan Anda. Jika Anda membeli lebih banyak makanan segar daripada beku, lemari es dengan ruang pendingin lebih besar menjadi pilihan terbaik. Sebaliknya, jika Anda sering membeli makanan beku, maka freezer berukuran besar diperlukan.

  • Pikirkan Tentang Bagaimana Fungsi Kulkas Untuk Anda

Bagi sebagian besar orang, pengaturan kulkas dengan freezer dibagian bawah adalah yang paling nyaman, karena makanan segar (yang sering diakses) berada di atas. Namun, jika penggunaan freezer lebih sering dilakukan, maka kulkas dengan freezer atas patut dipertimbangkan. Sedangkan untuk kulkas dan freezer yang berdampingan sangat cocok digunakan untuk keluarga dengan anak-anak kecil, karena anak-anak tidak perlu naik ke atas pijakan untuk mengakses freezer.

  • Pertimbangkan Toleransi Kebisingan

Salah satu keluhan yang paling sering terjadi terkait kulkas adalah kebisingan. Jika dapur Anda terletak di dekat area tidur, atau jika salah satu anggota keluarga sensitif terhadap suara keras, maka pemilihan terbaik adalah kulkas dengan teknologi pendingin yang tenang. Di sisi lain, jika penempatan kulkas jauh dari ruang inti keluarga, kebisingan bisa diacuhkan.

  • Timbang Fitur Ekstra Dengan Hati-hati

Dispenser dan air melalui fitur tambahan biasanya sering diminati pelanggan. Namun, kulkas dengan fungsi ini jauh lebih riskan dan seringkali membutuhkan perbaikan. Selain itu, dispenser juga meningkatkan penggunaan energi.

  • Budget / Anggaran

Secara umum, harga kulkas baru, tergantung pada opsi yang disertakan, akan berharga diatas Rp. 1.5 juta-an. Jika memilih dibawah harga itu, mungkin fungsi dan fitur yang didapatkan tidak maksimal, misalnya hanya kulkas pendingin tanpa freezer didalamnya.

www.pexels.com

Kapasitas, Tipe, dan Fitur Kulkas

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan ketika memilih berbagai kulkas yang disediakan adalah dari kapasitas, tipe, dan fitur yang dimiliki oleh kulkas tersebut.

  • Kapasitas

Kapasitas lemari es menjadi faktor paling penting untuk dipertimbangkan ketika berbelanja, terutama untuk model-model baru yang mementingkan kerampingan.  Memang berbagai fitur canggih dimiliki oleh model baru, namun jika kulkas tersebut tidak dapat menampung kebutuhan keluarga, maka kulkas tersebut bukanlah pilihan yang baik.

Untuk lebih jelasnya, kapasitas kulkas diukur dalam empat kategori berbeda yaitu :

  • Ruang Keseluruhan. Total ruang penyimpanan di dalam lemari es, biasanya diwakili dalam kaki kubik. Ini adalah angka yang paling penting untuk dipertimbangkan karena mewakili seluruh kapasitas penyimpanan yang tersedia.
  • Ruang Makanan Segar. Ini adalah area tempat dimana Anda menyimpan semua hasil bumi (sayuran, buah-buahan), daging, minuman, dll.
  • Ruang Freezer. Ruang ini ditujukan untuk tempat penyimpanan semua bahan makanan yang bisa dibekukan agar lebih tahan lama. Bagi yang sering men-stock bahan makanan dalam jumlah besar, pilihlah ukuran freezer yang cukup luas. Sebaliknya, jika fitur freezer kurang penting, maka pusatkan pemilihan pada ruang lainnya.
  • Ruang Penyimpanan Bebas. Biasanya, ruang ini bisa diisi dengan berbagai minuman kaleng, saus, dll. Meskipun ini opsional, namun ruang ini cukup bisa diandalkan ketika Anda ingin minuman cepat saji.

Tipe Kulkas

  • Top Freezer

Kulkas tipe top freezer dengan freezer di bagian atas menjaga makanan beku di bagian atas, dan makanan segar di bagian bawah. Kulkas jenis ini biasanya menawarkan beberapa rak yang cukup luas untuk makanan segar, namun tetap dengan ruang freezer yang ideal.

Kulkas top freezer juga merupakan tipe kulkas yang paling umum, dan biasanya harganya sangat terjangkau.

  • Bottom Freezer

Kulkas bottom freezer, atau kulkas dengan freezer di bagian bawah sangat baik untuk rumah tangga. Dengan freezer yang dipasang di bagian bawah, lebih sedikit energi yang digunakan untuk menjaga bagian tersebut tetap dingin, dan suhu yang konsisten. Desain ini juga sangat direkomendasikan bagi yang kurang sering menggunakan freezer.

  • Side-by-Side

Kulkas Side-by-Side atau kulkas berdampingan adalah kompartemen antara ruang pendingin dan freezer yang berdekatan satu sama lain, untuk memudahkan akses ke kedua kompartemen.

Model ini sangat cocok ketika Anda seimbang dalam penggunaan kedua ruangan.

  • Kulkas Pintu Prancis

Gaya kulkas ini adalah yang paling populer dengan ruang pendingin ganda, serta laci lemari pembeku untuk penyimpanan makanan segar dan beku yang nyaman. Gaya ini menggabungkan berbagai fitur terbaik dari freezer bawah, dan berdampingan.

Pilihan kulkas ini menjadi pilihan yang bagus untuk pengguna yang sadar energi, karena Anda hanya perlu membuka sebagian kecil kulkas untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan.

  • Kulkas Kompak

Seperti namanya, kulkas ini di desain untuk ruangan kecil seperti ruang asrama, kos-kosan / kontrakan, dimana Anda hanya perlu menjaga makanan dan minuman tetap dingin. Akan tetapi, kulkas jenis ini memiliki ruang yang cukup terbatas, dan tidak disarankan untuk kulkas keluarga.

  • Kulkas Freezer

Jika Anda ingin menyimpan persediaan makanan beku dalam jumlah besar, sebuah kulkas khusus freezer akan memberi Anda banyak ruang untuk penyimpanan kebutuhan.

  • Kulkas Konter

Kulkas konter berfokus pada keindahan tampilan built-in tanpa kerumitan. Model konter menawarkan tampilan yang terintegrasi, namun hanya memiliki kapasitas yang sedikit lebih kecil.

Fitur

Dalam memilih kulkas, ada berbagai fitur yang harus dipilah dan dipilih dengan seksama. Beberapa fitur unggulan untuk kulkas modern adalah :

  • Stabilizer Tegangan

Dewasa ini, hampir semua lemari es modern tersedia dengan penstabil tegangan bawaan. Fitur ini menjadi syarat wajib bagi kulkas pilihan Anda. Stabilizer mampu memastikan bahwa lemari es tetap tidak terpengaruh oleh fluktuasi tegangan, dan bahkan tetap berfungsi dengan baik ketika pasokan tegangan rendah.

  • Dispenser Air & Es

Sebaiknya, pikirkan dengan baik-baik apakah Anda membutuhkan fitur ini atau tidak. Tidak hanya menghemat waktu dan energi Anda untuk membuka lemari es berulang kali, fitur ini juga memastikan bahwa suhu dingin lemari es mampu dipertahankan untuk waktu yang lebih lama karena pintu tidak dibuka. Namun, kelemahannya adalah perlu pasokan air terus menerus agar dispenser ini berfungsi, dan tentu saja membutuhkan energi listrik lebih banyak.

  • Fitur Organisir

Kompartemen dan alat bantu organisir membuat penataan makanan menjadi lebih rapi. Beberapa yang perlu dimiliki adalah :

  • Rak kaca yang bisa disesuaikan. Rak yang dapat meluncur keluar masuk rongga kulkas, dan rak yang terbalik secara vertikal dari engsel di tepi luar rak.
  • Tempat sampah ukuran galon.
  • Laci pengontrol kelembaban. Laci ini biasanya transparan, dan dapat menampilkan secara langsung buah dan sayuran yang disimpan, sambil menjaganya tetap segar.
  • Laci dapur. Laci dapur yang lebar mampu menciptakan zona suhu terpisah, terutama untuk makanan ringan.
  • Kulkas / Freezer Konversi

Fitur ini hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang sering mengadakan acara atau jamuan tamu. Biasanya, konversi ini bisa untuk menyimpan botol air minum ataupun sayuran dengan cara mengkonversi fungsi freezer menjadi pendingin biasa.

www.pexels.com

  • Anti Bau

Fitur anti bau saat ini hanya tersedia di lemari es terbaru. Fitur ini mampu membantu menghilangkan segala jenis bau busuk dari lemari es Anda. Selain itu, fitur ini mampu menjaga udara didalam lemari es tetap segar, dan memastikan pertumbuhan jamur dapat dihindari.

  • Peringkat Energi

Selalu periksa peringkat energi sebelum Anda membeli alat elektronik apapun, termasuk kulkas. Biasanya, ini tertera pada label yang tertempel di bagian belakang kulkas. Semakin tinggi peringkatnya, memastikan bahwa Anda mendapatkan pendinginan maksimal, dengan penghematan listrik yang terjamin. Jadi, usahakan untuk membeli alat elektronik yang memiliki peringkat energi minimal 4.

  • Smart Fridge

Smart Fridge a.k.a kulkas cerdas adalah fitur terbaru untuk kulkas keluaran terkini. Fungsi dari kulkas terhubung ke berbagai device seperti Smartphone, Tablet, dan bahkan PC / Laptop. Fitur ini memudahkan kontrol suhu canggih, memungkinkan daftar belanja otomatis, memo, hingga integrasi dengan berbagai sistem otomasi rumah.

  • Panel Pintu Ganda

Panel pintu ganda yang terletak di penyimpanan dapat menghemat energi, karena Anda tidak perlu membuka pintu penuh untuk mengakses ruang penyimpanan.

  • Sistem Pendingin Ganda

Sistem ini memungkinkan freezer untuk mengalirkan udara dingin secara terpisah dari kulkas, untuk menjaga setiap kompartemen pada suhu dan tingkat kelembaban terbaik. Fitur ini juga memastikan agar rasa dari tempat pendinginan yang berbeda tidak bercampur aduk menjadi satu.

  • Mode Hemat Energi

Fitur yang harus dimiliki oleh kulkas Anda adalah mode hemat energi. Biasanya, kulkas dengan sertifikasi Energy Star lebih hemat energi daripada model lain. Ini juga memastikan bahwa tagihan listrik Anda bisa dikurangi.

  • Panel Kontrol

Fitur terakhir yang mungkin dipertimbangkan adalah fitur panel kontrol yang akan memudahkan seluruh kontrol di kulkas Anda. Mulai dari kontrol suhu, kunci dispenser air dan es, pemeriksaan kondisi filter, hingga penentuan jumlah air yang dikeluarkan, bisa dilakukan dengan hanya menekan tombol.

Akan tetapi, biasanya fitur ini hanya dimiliki oleh kulkas keluaran terbaru saja.

Kulkas Terbaik

Setelah kita mengetahui faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan, maka kita sampai pada kesimpulan tentang faktor apa saja yang harus dimiliki oleh setiap kulkas yang akan dibeli.

  • Tata letak yang fleksibel. Kulkas harus memiliki kemampuan untuk menyimpan barang-barang yang berukuran lebar atau tinggi tanpa tempat yang sulit dijangkau atau tersembunyi.
  • Fitur yang nyaman. Fitur ekstra yang paling laris dipasaran adalah dispenser es dan air, rak yang bisa disesuaikan, dan pengendali suhu dan kelembaban.
  • Interior yang cukup terang. Sebagian besar model kulkas memiliki setidaknya satu lampu didalam kompartemen kulkas, dan beberapa memiliki lampu tambahan didalam freezer. Lampu interior di bagian luar juga diperlukan untuk mengetahui bahwa kulkas berjalan dengan baik tanpa harus membuka pintu terlebih dahulu.
  • Kontrol suhu yang baik. Karena fungsinya adalah menjaga makanan tetap dingin dan tahan lama, maka fungsi kontrol suhu merupakan fungsi krusial. Biasanya, model Prancis dan Side-by-Side (berdampingan) memiliki pengaturan suhu sedikit lebih baik daripada lemari es freezer.
  • Konstruksi tahan lama. Konstruksi dari kulkas itu sendiri harus terasa kokoh. Unit rak dan tempat sampah harus cukup tebal karena dibutuhkan untuk menampung beban yang cukup berat.
  • Efisiensi energi tinggi. Dengan standar yang diperbarui dan lebih ketat, kulkas dengan sertifikasi efisiensi energi menjadi pilihan yang lebih baik daripada kulkas standar.
  • Kontrol langsung. Kontrol seluruh fungsi kulkas harus mudah dijangkau, dan tidak terletak di bagian belakang kulkas.
  • Permukaan mudah dibersihkan. Rak kaca padat, bukan yang terbuat dari kawat, mampu membantu menjaga tumpahan tetap aman. Lapisan baru seperti stainless hitam menawarkan kerentanan terhadap noda.
  • Faktor lain yang penting juga adalah pemilihan warna, dan desain kulkas itu sendiri. Selain fungsinya sebagai pendingin, dengan interior yang lebih bagus maka kulkas bisa menjadi hiasan ruangan yang stylish.
  • Kemudahan service. Service kulkas termasuk kemudahan dan ketersediaan perbaikan atau penggantian sparepart harus dipikirkan dengan matang. Jangan sampai kita membeli kulkas yang sparepartnya sulit didapatkan.
  • Seyogyanya, semua kulkas saat ini sudah memiliki garansi resmi dari vendor masing-masing. Semakin lama garansi tersebut, semakin baik pilihannya.

www.pexels.com

Deretan Kulkas Terbaik Di Indonesia Tahun 2019

  1. Panasonic NR B229S

Panasonic NR B229S adalah kulkas 2 pintu, dilengkapi dengan freezer pada bagian atas. Harganya cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 3 juta.

Kulkas tipe ini sangat cocok untuk rumah tangga karena menawarkan kapasitas yang cukup besar, dan cocok untuk segala jenis bahan makanan, ataupun makanan / minuman jadi.

Dari segi desain, tentu saja kulkas tipe ini tidak kalah menarik karena sangat glossy dan stylish.

  1. LG GN-Y201SL

Kulkas tipe GN-Y201SL ini memiliki satu pintu saja, namun memiliki kapasitas penyimpanan sangat besar. Selain itu, terdapat fitur moist balance crisper yang akan memastikan kelembaban sayuran berada pada titik maksimal.

Bagaimana dengan harganya?, cukup terjangkau. Anda hanya perlu menyediakan budget sekitar Rp. 2 juta.

  1. Sanyo AQUA D-190

Harga dari kulkas ini juga cukup terjangkau, sekitar Rp. 2 juta, sama seperti tipe dari LG diatas.

Meskipun murah, namun daya listrik yang dipakai oleh kulkas ini relatif kecil, sehingga lebih hemat biaya bulanan. Meskipun murah, ada antikarat yang akan menjamin desainnya awet dan tahan lama.

  1. Polytron Showcase SCN-230

Kulkas tipe ini dibandrol dengan harga Rp. 3 juta. Kulkas ini memang lebih cocok untuk dijadikan tempat penyimpanan bahan-bahan makanan (mis : buah, sayur, daging, dll).

Pendinginan dari kulkas ini memang didesain khusus untuk 2.3x merata lebih cepat, sehingga bahan makanan tetap dalam kondisi terbaik.

  1. Electrolux EUM0500SB

Seperti yang kita bahas sebelumnya, ada jenis kulkas portable yang bisa digunakan untuk kegiatan outdoor. Nah, salah satu yang terbaik adalah produk dari Electrolux. Tipe EUM0500SB hanya dibandrol dengan harga Rp. 160 ribu saja.

Ukuran yang sangat kompak membuatnya bisa diletakkan dimana saja. Untuk daya listrik yang dipakainya hanya sekitar 50 watt.

  1. Hitachi R-W72FPGD1X

Produk dari Hitachi terbaru ini memiliki desain yang sangat eksklusif, dengan warna hitam metalik. Fitur unggulan yang ditawarkan adalah “Ice Maker” atau pembuat es batu.

Ukurannya memang cukup besar, dan bahkan memiliki 4 pintu. Harganya pun juga tidak main-main, sekitar Rp. 17 juta. Namun, seluruh fitur terbaru seperti cooling retention yang mampu menjaga suhu dingin hingga 12 jam tanpa daya listrik benar-benar akan sangat berguna bagi kita.

  1. Samsung RH58K6467SL/SE

Kulkas dari Samsung ini dibandrol dengan harga Rp. 18 juta. Cukup mahal memang, tapi ada berbagai fitur unggulan yang diimplementasikan, termasuk water & ice dispenser, twin cooling system, dll.

Taktik dan Strategi Pembelian

Nah, sekarang waktunya kita membahas bagian yang paling seru, yaitu taktik dan strategi pembelian kulkas.

  • Gunakan waktu diskon. Jika Anda sedang tidak tergesa-gesa mengganti kulkas lama Anda, kenapa tidak memanfaatkan event diskon yang biasanya diadakan oleh berbagai toko. Biasanya pada saat event-event besar seperti akhir tahun, libur panjang, lebaran, natal, dan tahun baru, akan muncul banyak sekali diskon termasuk untuk alat elektronik seperti kulkas.
  • Lihat online dulu. Saat ini, semua informasi bisa didapatkan secara online hanya dengan satu klik. Kita bisa mencari dulu perbandingan antara satu kulkas dengan yang lainnya, mulai dari harga kulkas itu sendiri, desain, fitur, lokasi, hingga seluruh detail yang dimiliki kulkas.

www.pexels.com

Tips Efisiensi Kulkas

Setelah membeli kulkas dengan harga yang terjangkau, namun tetap memiliki berbagai fitur unggulan, tugas selanjutnya adalah menggunakan dan merawatnya agar selalu efisien. Berikut ada beberapa tips agar efisiensi kulkas menjadi lebih maksimal.

  • Lindungi kulkas dari sumber panas. Dengan menjauhkan kulkas dari ventilasi panas, kompor, mesin elektronik lain, dan sinar matahari langsung dari jendela, Anda mengurangi penggunaan kompresor.
  • Lakukan pemanasan. Dengan menyesuaikan suhu kulkas Anda antara 2 °C dan 3 °C dan freezer antara -17 °C dan -15 °C, Anda akan meningkatkan efisiensi. Ini biasanya merupakan pengaturan titik tengah pada putaran suhu.
  • Keep it clean. Jaga bagian luar kulkas Anda tetap bersih.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *