Tips Foto dengan Kamera HP

Bagi beberapa orang mungkin foto dengan kamera HP akan lebih mudah dibandingkan dengan kamera profesional. Hasil atau kualitas foto dari kamera HP yang sudah bagus, sehingga banyak yang lebih menyukai HP untuk mengambil foto.

Memiliki foto bagus dengan kualitas gambar yang jernih seringkali dibutuhkan, baik untuk keperluan pribadi seperti media sosial maupun untuk bisnis. Jika kamera miroless atau DSLR dirasa ribet, maka kamera smartphone bisa menjadi alternatif untuk mengambil foto bagus dengan beberapa tips berikut.

Tips Menggunakan Kamera HP

  1. Gunakan HP dengan spesifikasi kamera terbaik

Pilih smartphone yang memiliki kamera dengan kemampuan yang sesuai kebutuhan Anda. Jangan asal membeli hp yang mahal, karena beberapa hp yang murah bisa jadi memiliki kemampuan kamera yang lebih baik.

  1. Pelajari menu yang ada di kamera

Untuk mendapatkan foto yang menarik dengan kamera hp, Anda bisa memaksimalkan dengan semua menu atau fitur yang disediakan. Kenali setiap menu dan kegunaannya serta pelajari komposisi fotografi yang bagus.

  1. Pencahayaan yang cukup

Foto yang diambil dengan kamera hp akan sangat bergantung dari cahaya di sekitar objek. Pastikan cahaya yang mengenai objek sudah cukup agar foto terlihat jernih. Hindari meningkatkan ISO dari kamera agar foto tidak menjadi noise atau buram.

unsplash.com

  1. Atur jarak yang pas dengan objek

Beberapa orang mungkin akan menggunakan fitur zoom untuk mengambil foto pada objek yang jauh. Padahal hampir sebagian besar smartphone hanya menggunakan digital zoom bukan optical zoom. Digital zoom hanya memperbesar objek, tetapi kualitas gambarnya akan menjadi pecah.

  1. Gunakan menu HDR

Jika Anda sering download free HD images untuk blog, mungkin sekarang saatnya mencoba mengambil gambar sendiri bahkan dengan kamera smartphone. Gunakan fitur HDR untuk mendapatkan foto dengan kualitas paling baik dari kamera Anda.

  1. Pegang hp dengan stabil

Saat mengambil foto, usahakan agar tangan tidak bergetar. Jika kamera yang dipegang tidak stabil, maka foto yang dihasilkan akan goyang dan tidak jelas. Buat posisi tubuh dan cara memegang hp yang paling nyaman agar saat mengambil foto dapat tetap stabil.

  1. Gunakan lampu flash dengan bijak

Flash pada kamera hp akan memberi tambahan cahaya pada objek foto. Namun kemampuan flash ini tidak terlalu berpengaruh bagus, justru penggunaannya yang tidak tepat dapat membuat foto rusak. Lakukan pengambilan foto dengan flash dan lainnya tanpa flash, kemudian pilih foto yang paling baik.

  1. Atur objek sesuai posisi matahari

Bagi yang melakukan foto di luar ruangan, perhatikan posisi matahari agar cahaya yang mengenai objek tidak terlalu minim atau terlalu banyak. Untuk pengambilan foto saat sunset atau sunrise, sebaiknya objek berada di samping. Apabila salah posisi, objek dalam foto akan terlihat seperti siluet atau gelap.

unsplash.com

  1. Eksperimen foto dengan angle yang unik

Mungkin Anda pernah melihat foto bagus dan kemudian mencoba menirukan, baik dari pose, objek, hingga angle pengambilan gambar. Jika Anda ingin mendapatkan foto yang tidak hanya bagus tetapi juga unik, cobalah untuk menggunakan angle yang tidak biasa.

  1. Aktifkan grid

Grid merupakan garis yang akan membuat komposisi foto menjadi lebih pas. Aktifkan grid sehingga Anda bisa mendapatkan foto dengan posisi objek yang lebih akurat.

  1. Gunakan fitur focus peaking

Kamera smartphone sekarang sudah memiliki focus peaking yang dapat membantu Anda mengetahui posisi objek sudah dalam titik fokus atau belum. Aktifkan fitur yang satu ini agar Anda bisa mendapatkan foto yang lebih bagus.

  1. Jangan lupa bersihkan kamera

Smartphone banyak disukai untuk foto-foto karena lebih ringan. Perangkat ini juga yang paling sering dipegang atau digunakan. Jadi kamera dapat dengan lebih mudah kotor. Bersihkan terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan kamera smartphone untuk memotret.

  1. Memotret lebih banyak

Bagi yang sering menggunakan website tertentu untuk download free HD images biasanya akan disajikan puluhan foto yang bisa dipilih. Anda bisa menentukan foto yang paling bagus. Hal tersebut juga menjadi alasan Anda perlu memotret lebih banyak, kemudian Anda bisa memilih foto yang paling baik.

  1. Rajin memotret

Kamera pada smartphone memberikan keuntungan bagi Anda karena bisa memotret foto yang banyak tanpa biaya alias gratis. Manfaatkan hal tersebut, lakukan pemotretan lebih sering dan lebih rajin. Semakin sering Anda memotret dengan hp, Anda akan semakin handal untuk menghasilkan foto hp yang bagus.

  1. Lihat foto dari orang lain

Selain terus belajar untuk memotret dengan hp, Anda juga perlu melihat galeri foto dari orang lain. Anda bisa membandingkan dan apa yang masih kurang dari foto yang Anda hasilkan.

  1. Edit sewajarnya

Foto yang sudah Anda kumpulkan bisa diedit agar hasilnya lebih bagus lagi. Namun jangan lupa untuk tidak mengedit terlalu berlebihan. Edit pencahayaan, tone, dan saturasi warna foto yang sewajarnya saja. Foto yang terlalu banyak diedit justru akan terlihat buram dan rusak.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang suka foto dengan kamera HP agar hasilnya lebih bagus dengan foto yang terlihat lebih jernih.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *