Fakta Pohon Jambu Biji yang Keren

 

 

Hampir sebagian pekarangan rumah di Indonesia pasti terdapat pohon jambu. Pohon yang menghasilkan buah dengan cita rasa khas ini ternyata juga memiliki cerita misteri yang sangat seru untuk dibahas. Tidak hanya itu saja, pohon jambu juga banyak menyimpan fakta menarik yang sangat wajib untuk diketahui oleh banyak orang.

 

Walaupun pohon jambu tumbuh dengan baik di wilayah tropis, seperti di Indonesia, tetapi pohon ini ternyata juga dapat tumbuh di wilayah sub tropis dan cara penanamannya juga mudah. Pohon ini juga dapat ditanam di daerah semi kering dan lembab. Dengan demikian, pohon ini memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik.

 

Hidup Selama Lebih dari 2 Tahun

 

Masa hidup pohon jambu dapat lebih dari 2 tahun. Pohon ini juga memiliki beberapa ukuran dengan buah yang beraneka rasa dan aroma. Ketika memasuki musim tertentu, pohon jambu akan menjadi sarang dari ulat bulu.

 

Berasal dari Benua Amerika

 

Sebelumnya telah disebutkan jika jambu memiliki beragam jenis dan salah satunya yang paling sering dijumpai di pekarangan masyarakat Indonesia adalah Jambu Biji. Walaupun sering ditemukan di rumahh penduduk lokal, ternyata pohon jambu biji berasal dari Amerika Serikat, yaitu dari Meksiko.

 

Manfaat dan Keunikan Pohon Jambu Biji

 

Sama dengan tanaman jambu lainnya, pohon jambu biji merupakan pohon yang kokoh, bahkan batangnya sangat kuat. Jika ingin mematikan pohon ini, maka Anda harus mencabut hingga akarnya, karena apabila hanya ditebang, maka ia dapat menumbuhkan kembali batangnya tersebut seperti semula.

 

Jambu biji mengandung nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, likopen, zat besi, serat, asam folat, dan beberapa lainnya. Manfaat yang didapatkan jika mengkonsumsi jambu biji cukup banyak, seperti membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, meningkatkan serta menjaga daya tahan tubuh, menurunkan kadar gula dalam darah, melancarkan sistem pencernaan, dan dapat menjaga serta meningkatkan kesehatan kulit.

 

Oleh karena itu, menanam pohon jambu biji maupun pohon jambu jenis lainnya sangat direkomendasikan. Selain mudah dalam perawatan, buah yang dihasilkan juga sangat menyehatkan, terlepas pohon jambu menjadi tempat favorit serangga bercengkrama.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *