DAUN EKOR KUCING

 

 

Daun ekor kucing atau memiliki nama latin Acalypha Hispida merupakan tanaman asli dari Hindia Barat. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias di halaman atau taman-taman.  Ciri dari tanaman ini adalah tanaman perdu, tegak, tinggi 2-3 m, batang bulat, bercabang sympodial dan bewarna coklat kehijauhan. Daun ekor kucing ini bercirikan tunggal, bertangkai panjang silindris. Tanaman ini dapat diindikasi sebagai pengobatan bercak putih di kulit, batuk darah, sariawan, disentri, mimisan, obat hemostatis, luka bakar, radang usus, cacingan, muntah darah, penutup luka dan peluruh air seni.

Kandungan Zat Daun Ekor Kucing

Kandungan dari tumbuhan ini yang sering dimanfaatkan adalah bagian daun dan bunga yang banyak mengandung zat saponin, tannin dan lainnya. Bunga ekor kucing memiliki rasa yang manis, kelat dan sifatnyayang menyegarkan. Cara pemakaian untuk kesehatan bermacam macam. Secara umum hal yang dilakukan adalah rebus 10 hingga 30 gram bunga. Kemudian air hasil rebusan dapat diminum. Untuk pemakaian luar atau luka luar dengan cara giling dan haluskan bunga ekor kucing secukupnya kemudian tempelkan pada tempat yang sakit.

 

Cara Penggunaan

Berikut ini langkah-langkah dalam memanfaatkan daun ekor kucing untuk berbagai penyakit:

  1. Vitiligo

Cuci segengam daun yang masih segar dan kecur setengah ibu jari sampai bersih, kemudian giling sampai halus. Balurkan pada bagian tubuh yang bercak putih lalu balut bagian tersebut. Lakukan hal ini setiap hari.

  1. Luka Berdarah

Untuk menutup luka, genggam daun segar dan bilas sampai bersih kemudian anda tumbuk sampai halus dan tempelkan pada luka serta balut menggunakan kain perban.

  1. Muntah Berdarah

Cuci Bungan yang masih segar kemudian anda kunyah. Selama dikunyah tambahkan jahe, kencur dan daun pulai yang masih muda. Telan air kunyahanya dan bunga ampasnya. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

  1. Radang Usus

Giling 30 gram bunga segar dan 30 gram gula sampai halus, selanjutnya anda makan campuran tersebut. Lakukan 3 kali sehari sampai sembuh.

Semoga bermanfaat, tetap jaga kesehatan anda.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *