Dakwah Kreatif

Asslamu’alaikum Wr. Wb.

Dahwah masa kini harus semakin kretaif, bukan hanya karna orang – orang masa kini bosan pada hal monoton saja tetapi, disaingi dengan berbagai hiburan yang juga kian merarik dan semakin kreatif saja, dakwah juga tidak boleh kalah sebagai pionir penambah keimanan kita, harus dikemas semenarik mungkin, sekreatif mungkin tanpa mengurangi esensi dari dakwah itu sendiri.

 

Namun sebelum lebih jauh kita membahas tentang bagaimana cara berdakwah kreatif di era kini, kita caritahu terlebih dahulu apa yang disebut dengan dakwah. Definisi dari dakwah sendiri adalah kegiatan yang bersifat mengajak menyeru,dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah .

 

Pada masa dahulu Rasulullah juga memiliki strategi dakwah agar dakwah yang dilakukan dapat diterima oleh masyarakat mekkah yang pada zaman dahulu menganut paganisme (kepercayaan spiritual, aatu praktek menyembah berhala atau patung). jika dahulu Rasulullah melakukan dakwah secara sembunyi – sembunyi dikarenakan beberapa alasan, dan juga melakukan dakwah secraa terang terangan juga dikarnakan beberapa alasan.

 

Berbeda di masa kini, kini dakwah kita sudah tidak harus sembunyi sembunyi, karna pada masa kini sudah banyak umat yang menganut ajaran agama islam dan juga tidak banyak konflik dna pertentangan terhadap agama ini. Sehingga saat ini akan sangat mudah melakukan dahwah secara terang – terangan. Berbeda zaman berbeda rintangan, jika pada zaman Rasulullah SAW banyak kepentingan yang mendasari sulitnya berdakwah seperti ekpentingan politik, keyakinan rohani, faktor ekonomi dan lainya.

 

Berbeda tantangan dakwah masa kini, manusia disesatkan dengan keindahan dunia, hiburan dimana -mana, kerawanan moral dan etik dan masih banyak lagi. Dengan semakin banyaknya tantangan yang harus dihadapi maka kita harsu semakin kreatif dalam berdakwah, menjadikan dakwah adalah sebuah sajian yang asik dan menarik bisa dijadikan salah satu alterfnatif dakwah.

pxhere.com

Strategi Dakwah Kreatif Versi Kaos Muslim 

 

Dakwah memang harus kreatif, tapi hal penting dalam dakwah juga tidak bisa ditinggalkan, islam mengatur kehidupan ini dalam semua aspek, tidak terlewat bahkan sampai aspek terkecil sekalipun, maka yang kita dakwahkan juga harus semua aspek. Tidak hanya kreatif yang harus dipedulikan menyeluruh dan tercakup juga aspek yang harus dipenuhi oleh dakwah kreatif :

 

  1. Pemuda Islam

Pemuda adalah tombak dari sebuah perubahan. Karna dipundak pemudalah perubahan digalakan, yang tua sudah waktunya beristrahat, yang kecil belum menegtahui apa – apa maka dari itu pemuda adalah sasaran perubahan, fisiknya yang masih kuat dan pemikiranya yang sudah cukup matang bisa diandalan sebagai agen perubahan.

 

Begitu juga dengan dakwah, selain sebagai agen perubahan pemuda juga sebagai agen penyebar ajaran Allah SWT. Pemuda adalah aset, yang harus diselamatkan dari pengikasan moral dan aqidah yang saat ini sengan mengancam para pemuda. Diselamatkanya pemuda agar selalu dalam pelukan islam dapat menjadikan sebagai ujung tombak dakwah islam, terlebih lagi biasnya pemuda memiliki ide ide jitu yang kreatif jika dihadapkan pada kedaan terdesak, maka dari itu peran pemuda sangat cocok bila digunakan untuk berdakwah.

 

  1. Pengkaderan

Untuk membentuk dakwah kreatif yang paham betul akan agama, perlu diadakanya pengkaderan agar terlahirnya kader kader baru yang akan terus teregenerasi guna menyiarkan islam ke segela penjuru. Pengkaderna ini tidak melulu hanya menguasai ilmu agama tetapi juga harus menguasai ilmu peengtahuan lain dan teknologi, agar saat berdakwah mereka dapat aktif dan kreatif menangani masalah di tiap zamanya.

 

  1. Dakwah Yang Tidak Terbatas

Dakwah masa kini tidak bisa jika hanya dari lisan ke lisan saja. Namun kita juga harus bergerak pada bidang tulisan, video, audio visual, politik islam dan dakwah dibidang ekonomi. Semua yang berkaitan dengan manusia pasti sudah diatur dalam islam maka dari itu dakwah yang dilakukan juga harus menyeluruh.

pxhere.com

  1. Dakwah Dari Segala Penjuru

Perkembangan teknologi yang semakin gencar membuat kita harus mengikutinya dna juga berputar otak. Dakwah mesa kini bisa kita sampakan melalui berbagai media. Baik cetak, elektronik, konvensional atau media lisan sekalipun.

 

Dakwah yang dilakukan masa kini bisa dimodifikasikan dengan mengguakan tren ataupun kemajuan yang sudah ada. Dakwah masa kini bisa dalam bentuk dakwha lisan yang dipertontonkan (disiarkan). Tulisan – tulisan yang dibukan dnegan kemasan menarik seperti novel – novel islami. Sunah dan kewajiban umat islam yang dikemas dalam bentuk film series atupun kartun untuk anak. Ataupun berdakwah dengan menggunakan musik.

 

  1. Dasar Yang Jelas

Selain dakwah yang harus menyeluruh, kreatif dan menjaga bibit yang harus tetepa dijaga. Dakwah juga harus didasarkan pada keislaman. Jangan sampai nilai – nilai islam yang seharusnya didakwahkan malah tidak terbawa. Dakwah juga harus berlandaskan dasar yang jelas, dasar yang sudah disahkan sebagai acuan umat islam yakni Al Quran, Hadis, Sunah Rasul dan lain- lain.

 

Demikian artikel tentang cara membangun dakwha kreatif, semoga ainformasi yag kasmi sajikan diatas bermanfaat bagi anda. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *