Cara Merawat Burung Flamboyan dengan Tepat Agar Berkicau Merdu

 

Deskripsi :

Burung flamboyan milik Anda tak kunjung berkicau? Cobalah evaluasi kembali cara perawatan yang sudah dilakukan. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lengkahnya dengan tepat.

Artikel :

Burung flamboyan merupakan salah satu burung kicau yang memiliki suara merdu. Untuk mendapatkan burung yang selalu menghasilkan suara merdu, tentunya harus dilakukan perawatan yang tepat. Pada ulasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat burung flamboyan dengan tepat

Cara Merawat Burung Flamboyan dengan Tepat

Burung flamboyan terkenal dengan kicauannya yang bagus. Jika burung Anda saat ini belum berkicau dengan maksimal, mungkin ada yang keliru dengan proses perawatan. Simak ulasan berikut ini untuk mendapatkan langkah yang tepat dalam merawat burung flamboyant

  1. Memberi Pakan dan Vitamin

Pada dasarnya, pakan untuk burung kicau satu ini tidak sukar didapatkan. Berikankan pakan dengan nilai gizi tinggi seperti biji-bijian. Sesekali, berikan tambahan makanan untuk menambah nutrisi dan variasi. Tambahan yang diberikan bisa berupa jangkrik dan kroto. Agar kesehatan burung selalu terjaga, berikan vitamin secara rutin.

  1. Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang sangat utama untuk menjaga stamina burung. Selain kandang yang perlu dibersihkan secara rutin, burung flamboyant pun harus dijaga kebersihannya. Mandikan burung beberapa hari sekali. Pastikan pula tidak ada kotoran yang menumpuk di bawah kandang. Kandang yang kotor akan memicu kuman serta penyakit. Selain itu juga akan menimbulkan stress bagi hewan.

  1. Menjemur

Cahaya matahari juga sangat penting untuk menjaga burung flamboyan tetap sehat. Proses penjemuran burung bisa dilakukan selama 1-3 jam, yakni pada pagi hari dan sore hari. Penjemuran pagi hari bisa dilakukan setelah proses pemandian. Hal ini agar bulu kering dengan sempurna dan mendapatkan asupan vitamin D dengan sempurna.

  1. Latih Secara Rutin

Langkah selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan latihan dengan rutin. Agar burung cepat berkicau dengan baik, usahakan melatih dengan suara burung masteran setiap hari. Burung masteran dinilai sangat efektif dalam membuat burung berkicau dengan baik dan maksimal. Jika Anda tidak rutin melakukan latihan, maka burung kesayangan juga akan sulit berkicau dengan sempurna.

Itulah rangkaian perawatan yang tepat untuk mendapatkan burung flamboyan Anda berkicau dengan baik. Jangan lupa untuk melakukan semua langkahnya dengan rutin. Percayalah bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Selamat mencoba.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *