Candi Hindu

Agama nenek moyang kita salah satunya adalah Hindu. Banyaknya penganut hindu di masa dahulu meninggalkan beberapa situs bersejarah. Seperti yang sering kita jumpai sekarang ini ialah candi. Di Indonesia sendiri ada banyak banget candi-candi yang bercorak Hindu.

Daftar Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Candi Prambanan

Kalau ngomongin candi Hindu terbesar sih sudah jelas Prambanan juaranya. Situs bersejarah peninggalan Hindu ini terletak di Sleman, Yogyakarta. Selain sebagai situs bersejarah Hindu terbesar se-indonesia, Prambanan juga menjadi candi Hindu terbesar se-Asia tenggara.

Candi Cetho

Candi Cetho juga termasuk dalam candi hindu. Terletak di kawasan menuju pendakian gunung Lawu, candi ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Masih belum berubah, candi Cetho kerap digunakna sebagai lokasi sembahyang umat hindu.

Candi Gedong Songo

Sangat sesuai dengan namanya, penamaan Gedong Songo diambil dari 9 bangunan candi yang berada di satu kompleks. Namnya memang candi Gedong Songo. Namun, lokasinya tidak begitu dempet. Buat kamu yang penasaran di mana lokasinya, kunjungi saja Semarang, Jawa Tengah.

Candi Sukuh

Peninggalan bercorak hindu berikutnya ialah candi Sukuh. Candi Sukuh memiliki ciri khas adanya 3 buah teras di dalamnya. Candi yang berlokasi di daerah Karanganyar ini kerap menjadi lokasi persembahyangan aliran Yoni dan Lingga.

Nah! Itulah deretan candi-candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Pastinya masih banyak candi lain yang belum disebutkan satu per satu.

You may also like...