Ketahui Lebih Lanjut Tentang Call Center Telkomsel

Telkomsel merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa telekomunikasi seluler di Indonesia yang juga bagian dari Telkom Group. Selama ini Telkomsel dikenal oleh berbagai kalangan maupun usia sebagai sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka dengan dukungn layanan yang prima. Dari tahun ke tahun jumlah pengguna Telkomsel juga kian bertambah seiring dengan semkin ditingkatkannya pelayanan terhadap pelanggan. Tentunya pelayanan terhadap para pelanggan Telkomsel juga tidak bisa terlepas dari peran Call Center Telkomsel. Hadirnya Call Center ini diharapkan semakin bisa meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan terutama yang mengalami masalah atau keluhan sata menggunakan layanan dari Telkomsel. Untuk itulah peran Call Center ini memang dianggap penting dan harus ada dalam sebuah perusahaan layanan jasa komunikasi.

Apa yang Dimaksud dengan Call Center ?

Sebelum mengetahui secara jelas mengenai Call Center dari Telkomsel sebaiknya perlu anda ketahui terlebih dahulu mengenai pengertian call center. Dimana call center adalah suatu kantor informasi yang terpusat dan digunakan untuk tujuan menerima serta mengirimkan sejumlah besar permintaan melalui telepon. Saat ini hampir semua perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis telah memiliki call center untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan. Dengan demikian berbagai masalah atau keluhan pelanggan yang membutuhkan bantuan dengan segera bisa tertasi secara cepat.

Tak bisa dipungkiri dalam dunia industri telekomunikasi peran call center memang begitu penting. Sebab dengan adanya call center maka bisa menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut bertanggungjawab untuk mendengarkan dan memberikan solusi dari permasalahan yng dialami oleh pelanggan. Peran call center dalam hal ini tidak hana berkaitan dengan industri telekomunikasi saja namun juga dalam berbagai bidang maupun jenis industri lainnya.

Hadirnya call center merupakan bagian dari pelayanan dan service yang baik dan penting untuk menghadapi ketatnya kompetisi dalam dunia industri. Selain itu, call center juga berperan dalam memajukan sebuah perusahaan melalui penilaian pelayanan dari pelanggan. Dari layanan call center juga membantu sebuah perusahaan agar semakin meningkat kualitasnya sehingga perusahaan tersebut memiliki nilai yang lebih di mata pelanggan dibandingkan perusahaan lain yang bergerak dalam bidang yang sama.

www.pexels.com

Pentingnya Call Center bagi Telkomsel

Sebagai salah satu perusahaan terkemuka yang bergerak dalam dunia komunikasi, tentu Telkomsel tidak hanya puas dengan jumlah pelanggan yang banyak saja. Melainkan pula dengan terus menjaga kepuasaan dan kepercayaan pelanggan. Bahkan dalam setiap harinya pasti ada saja pelanggan yang mengalami masalah atau kendala saat menggunakan layanan dari Telkomsel. Untuk itulah Telkomsel menghadirkan call center sekaligus sebagai upaya untuk memudahkan pelanggan yang jauh dari GraPARI agar bisa ditangani secara cepat permasalahannya. Tentunya peran call center memang tak bisa diangap remeh karena memiliki peran yang begitu penting diantaranya sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan
    Melalui call center pelanggan bisa terhubung secara langsung dengan pihak customer service Telkomsel. Melalui cara ini pelanggan bisa terhubung secara cepat dan singkat tanpa harus datang ke kantor layanan service. Melalui layanan ini maka dapat membantu meningkatkan hubungan antara pelanggan dengan pihak customer service sehingga akan memberikan penilaian yang semakin bagus bagi perusahaan. Namun hal tersebut juga berdampak baik bagi konsumen yang bisa memperoleh pelayanan terbaik dan permasalahannya cepat teratasi. Bila hubungan dengan pelanggan terjalin dengan baik maka memudahkan pihak Telkomsel untuk menyampaikan informasi maupun produk-produk terbaru dari Telkomsel.
  2. Meningkatkan Efisiensi
    Hadirnya call center diharapkan bisa memudahkan pihak customer service untuk melayani lebih banyak pelanggan dalam kurun waktu tertentu. Melalui telepon yang masuk dari pelanggan maka pihak customer service bisa membantu mengatasi permasalahan yang dialami pelanggan. Proses pelayanan yang singkat dan cepat tentu membuat pelanggan tak perlu repot harus meninggalkan pekerjaannya. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa call center ini membuat pelayanan semakin efisien.
  3. Meminimalkan Beban
    Dengan adanya call center dari Telkomsel yang dilengkapi perangkat lunak maka memudahkan pihak customer service untuk bisa menerima panggilan lebih dari satu di waktu yang sama. Meskipun ditangani oleh customer service yang berbeda namun cara ini dianggap sangat efektif dan bisa meminimlisir beban keuangan perusahaan. Sebab pihak Telkomsel tak perlu mengeluarkan biaya tambahan baik untuk install saluran telepon maupun tenaga tambahan untuk memenuhi volume panggilan masuk.
  4. Display Statistik
    Saat ini layanan call center sudah dilengkapi dengan perangkat lunak yang canggih dan akan menampilkan jumlah panggilan yang masuk, panggilan yang terselesaikan maupun panggilan yang berpaling. Data tersebut ditampilkan dalam bentuk data statistik yang memudahkan pihak Telkomsel dalam melakukan evaluasi dalam pelayanan melalui call center.

www.pexels.com

Nomor Call Center dari Telkomsel

Melihat betapa pentingnya peran call center bagi sebuah perusahaan maka hal tersebut membuat Telkomsel berupaya memberikan layanan call center yang terbaik bagi pelanggan. Terlebih saat ini Telkomsel merupakan perusahaan telekmunikasi terbesar di Indonesia sehingga sangat penting untuk selalu menjaga kepuasaan dan kepercayaan pelanggan melalui layanan call center. Untuk itulah Telkomsel menggunakan sumber daya manusia yang terlatih dan memahami betul kebutuhan maupun kepuasan pelanggan yang ditempatkan sebagai call center.

Bagi pengguna Telkomsel mungkin sebagian sudah ada yang mengetahui nomro call center dari Telkomsel namun ada pula yang mungkin sama sekali belum mengetahui. Dahulu nomor call center yang dimiliki oleh Telkomsel adalah 116 dan 188. Namun karena adanya peraturan dari Menteri Telekmunikasi dan Informatika maka mulai tanggal 1 Februari 2012 nomor call center tersebut berubah menjadi 155 dan 188. Untuk nomor call center 155 meupakan layanan bebas pulsa yang juga merupakan pusat informasi bagi pelanggan Krtu Prabayar simPATI dan KartuAS. Tetapi jika anda ingin menggunakan layanan pemium dan berbicara langsung dengan customer service maka anda bisa menghubungi nomor 188 dengan tarif 300 rupiah untuk setiap panggilan.

www.pexels.com

Berkenalan dengan Caroline Si Call Center Canggih dari Telkomsel

Seiring dengan semakin banyaknya jumlah pengguna Telkomsel serta semakin majunya dunia digital saat ini maka Telkomsel juga berupaya untuk terus meningkatkan pelayanannya melalui call center. Salah satunya diwujudkan dalam layanan call center yang diberi nama Caroline. Layanan call center Caroline hadir selama 24 jam nonstop untuk melayani berbagai keluhn pelanggan Telkomsel. Bagi yang belum tahu Caroline mungkin akan menganggap nama call center tersebut merupakan nama seorang gadis. Padahal Caroline merupakan singkatan Customer Service On-Line dari Telkomsel.

Caroline adalah pusat pelayanan pelanggan yang siap melayani pelanggan Telkomsel selama 7 hari dalam seminggu dan siap melayani setiap saat. Caroline siap membantu melayani segela kebutuhan hingga permasalahan dari pelanggan ketika menggunakan layanan Telkomsel. Untuk saat ini Caroline tersebar di 5 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar. Pastinya selama melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia, Telkomsel setiap harinya pasti memperoleh keluhan, masukan dari pertanyaan dari pelanggan. Namun tentu saja hal-hal tersebut juga menjadi bagian dari cara agar Telkomsel semakin meningkatkan kualitas pelayanan.

Tujuan diciptakannya Caroline ini adalah untuk meningkatkan layanan call center dan juga sebagai media informasi dan komunikasi yang bersiofat edukasi bagi pelanggan. Hal ini bertujuan agar konsumen menjadi lebih cerdas dan mendukung perkembangan masyarakat digital di tanah air. Dalam sistem Caroline ini juga diterapkan Customer Relationship Management yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Melalui sistem ini interaksi dengan pelanggan baik melalui media sosial, GraPARI maupun Caroline akan terpantau dan tercatat.

Tentunya sistem CRM ini sudah diintegrasi dengan profil pelanggan maupun permasalahannya sehingga memudahkan pihak call center dalam melayani keluhan yang masuk dari pelanggan, Selain itu, kini pelanggan juga bisa mengubah atau membeli layanan secara mandiri melalui Caroline dengan hadirnya sistem Self-Service IVR. Untuk semakin meningkatkan pelayanan terhadap pengguna Telkomsel dari berbagai latar belakang budaya di Indonesia maka setiap petugas Caroline dibekali dengan pemahaman budaya lokal. Untuk anda yang ingin menghubungi Caroline maka bisa menggunakan beberapa kode akses diantaranya 188 untuk Kartu As, simPATI dan Loop, 133 untuk Kartu Halo, 357untuk Mitra Recharger, Bank, Dealer dan MKios, 08071811811 yyang bisa diakses dari PTSN & operator lain dengan tarif sesuai operator serta untuk pengguna Telkomsel luar negeri bisa menghubungi +628110000333.

Tak hanya melalui Caroline saja, pengguna Telkomsel juga bisa memperoleh berbagai informasi seputar produk dan layanan Telkomsel maupun menyampaikan keluhan dan masukan melalui saluran layanan lainnya. Dimana saluran tersebut antara lain pusat layanan permanen GraPARI, facebook Telkomsel, Twitter Telkomsel dan email melalui [email protected]

Keunggulan Call Center dari Telkomsel

Saat ini hampir setiap perusahaan komunikasi sudah memiliki call center yang bertugas membantu mengatasi keluhan dan permasalahan pelanggan. Namun untuk call center dari Telkomsel tentuna memiliki keunggulan bila dibandingkan call center perusahaan lainnya. Sebab Telkomsel tidak hanya mengutamakan software call center yang berkualitas saja namun juga sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya. Berikut ini akan dijelaskn mengenai keunggulan call center dari Telkomsel yang perlu anda ketahui.

  1. Knowledge Retention
    Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan maka Telkomsel berupaya memilih sumber daya manusia yang berkompeten. Kemudian dilatih agar paham dan hafal informasi mengenai produk-produk Telkomsel. Dengan demikian pihak call center dari Telkomsel bisa dipastikan menguasai produk maupun layanan sehingga berbagai permasalahan pelanggan bisa cepat teratasi.
  2. Attention to Detail
    Tujuan utama adanya call center adalah untuk memberikan pelayanan yang cepat dan responsif bagi pelanggan. Tentunya setiap hari call center akan sering menerima telepon dengan permasalahan yang sama meskipun dari pelanggan yang berbeda. Namun bila permasalahan pelanggan sudah selesai, bukan berarti mereka sudah puas. Untuk itulah Telkomsel selalu berupaya memaksimalkan call center dengan menanyakan pada pelanggan apakah permasalahan mereka sudah terselesaikan sebelum panggilan diakhiri. Dengan begitu pelanggan bisa merasakan pelayanan yang lebih memuaskan.
  3. Organization
    Call center dari Telkomsel bekerja secara terorganisir dengan menghandle banyak tugas namun tetap mengutamakan kebutuhan pelanggan. Pastinya sistem yang teroganisir akan membuat proses pelayanan call center aman dari kesalahan selama melayani pelanggan.
  4. Flexibility
    Selain harus menangani puluhan bahkan ratusan panggilan setiap harinya, call center juga harus mampu berinteraksi dengan pelanggan yang berasal dari berbagai latar belakang budaya. Untuk itulah Telkomsel membekali call center dengan keterampilan dan pehamanan mengenai perbedaan budaya di Indonesia. Dengan begitu call center tetap bisa melayani pelanggan secara ramah dan tetap mengutamaka kenyamanan pelanggan. Selain itu seorang call center harus siap bekerja dengan penuh tantangan dan siap menerima tugas kapan saja sehingga bersikap fleksibel merupakan kunci utamanya.
  5. Friendly
    Telkomsel selalu berupaya menjaga agar pihak call center selalu ramah dan hanya kepada setiap pelanggan. Selain itu mejaga senyum dan sikap positif merupakan dasar penting agar pelanggan tetap merasa nyaman.
  6. Calm Under Pressure
    Dengan jumlah pelanggan yang selalu meningkat dari tahun ke tahun maka call center dari Telkomsel juga berupaya menambah sumberdaya manusia yang siap bekerja dibawah tekanan. Untuk itulah setiap call center dari Telkomsel dididik untuk tetap bersikap ramah, tenang dan sopan kepada pelanggan meskipun banyak komplain yang masuk dari pelanggan.
  7. Speed
    Call center dari Telkomsel berupa memberikan respon yang cepat tanpa mengesampingkan kualitas pelayana terhadap pelanggan. Sebab tak bisa dipungkiri ketika pelanggan mengalami masalah atau keluhan terkait layanan Telkomsel maka mereka berada dalam kondisi bingung dan harus segera diberikan bantuan. Untuk itulah call center memberikan solusi yang cepat untuk permasalahan pelanggan dengan tetap mengutamakan kualitas pelayanan.
  8. Creativity
    Seorang call center tidak hanya harus pandai berkomunikasi dengan pelanggan dan mengatasi berbagai permasalahan pelanggan. Tetapi juga harus mampu berpikir kreatif agar bisa menemukan solusi dari permasalahan pelanggan yang sering bervariasi. Dengan berpikiri kreatif maka mereka bisa membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mereka yang berkaitan dengan keluhan.
  9. Effective Communication Skill
    Seperti yang telah diketahui bahwa tugas utama seorang call center adalah berkomunikasi dengan pelanggan. Maka dari itu, Telkomsel selalu menggunakan call center yang memiliki kemampuan dan keterampilan komunikasi yang baik. Dalam hal ini komunikasi tidak hanya mengenai berbicara saja tetapi juga komunikasi efektif dalam mencerna berbagai informasi yang masuk lalu memberikan solusi secara efektif. Keterampilan komunikasi yang baik akan membuat pelanggan merasa nyaman dan membantu meningkatkan kualitas pelayanan.

Banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh call center dari Telkomsel ini tentu menjadi informasi yang penting bagi pengguna Telkomsel agar tak ragu untuk menghubungi pihak call center bila ingin menyampaikan keluhan. Semakin cepat anda menyampaikan keluhan maka permasalahan anda bisa segera teratasi sehingga anda bisa menikmati layanan Telkomsel secara lebih aman dan nyaman. Terlebih untuk saat ini semakin banyak pengguna Telkomsel yang menggunakan paket internet Telkomsel maka permasalahan terkait paket internet tersebut juga kian banyak dari waktu ke waktu untuk segera diatasi.

Demikianlah penjelasan mengenai call center Telkomsel yang bisa memberikan wawasan bagi anda terutama bagi pengguna Telkomsel. Bila anda saat ini memiliki masalah dengan layanan atau produk Telkomsel namun tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke kantor GraPARI maka silakan menghubungi nomor call center dari Telkomsel terlebih dahulu. Sebab melalui cara tersebut anda bisa memperoleh bantuan dengan cepat yang hemat waktu dan tenaga. Nomor call center tersebut juga sangat mudah diakses dari mana saja dan kapan saja sehingga pengguna Telkomsel tak perlu panik bila tiba-tiba mengalami masalah dalam menggunakan produk Telkomsel.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *