Kandungan Nutrisi dalam Buah Naga Merah Serta Khasiatnya Bagi Ibu Hamil

Apakah anda suka makan buah naga? Jika iya, mungkin sebagian dari anda belum tahu bahwa selain enak, buah ini juga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Buah naga ada dua jenis, satu yang bagian dagingnya memiliki warna putih dan jenis lainnya adalah yang memiliki daging buahnya berwarna merah keunguan. Masih seputar manfaatnya untuk ibu hamil, buah naga merah memiliki beberapa khasiat yang bagus jika dikonsumsi selama masa kehamilan. Saat hamil, tentu nutrisi yang dibutuhkan tubuh harus lebih banyak karena tidak hanya ibu saja yang membutuhkan asupan nutrisi. Janin yang berada dalam kandungan juga membutuhkan nutrisi untuk bisa tumbuh dengan baik selama di dalam kandungan. Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, buah naga memiliki beberapa kandungan yang bagus untuk dikonsumsi.

            Khasiat Buah Naga Merah Untuk Ibu Hamil

 

Buah-buahan merupakan makanan yang memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh apalagi untuk ibu yang sedang hamil. Manfaat buah-buah yang kita konsumsi juga dapat dinikmati oleh janin dalam kandungan kita. Nah, diantara banyaknya jenis buah, buah naga merah adalah satunya yang memiliki beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin. Ini dia beberapa khasiat dari buah naga:

pexels.com

  1. Membantu perkembangan tulang

Tulang bayi yang belum lahir akan mengalami perkembangan. Nah, untuk membantu perkembangan tersebut, anda membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Nah, buah naga ini memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang bagus untuk membantu tubuh perkembangan tulang janin anda.

  1. Mengatasi sembelit

Khasiat lainnya yang dimiliki oleh buah naga merah adalah dapat mengatasi atau mengobati sembelit yang terkadang dialami oleh ibu hamil. Kandungan serat yang tinggi di dalam buah naga bagus untuk membantu mengatasi adanya gangguan dalam proses pencernaan yang seringkali membuat sang ibu mengalami sembelit.

  1. Sebagai sumber karbohidrat

Buah naga merah mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Ibu hamil membutuhkan asupan karbohidrat yang seimbang bisa menjadi salah satu menu diet. Pasalnya terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat juga tidak bagus bagi ibu hamil. Nutrisi yang dikonsumsi haruslah seimbang. Kandungan karbohidrat dalam buah naga sekitar 9-14gr per 100gr porsi buah naga.

  1. Mencegah adanya cacat lahir

Risiko cacat lahir bisa saja terjadi pada bayi anda jika, makanya untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya konsumsi buah naga. Kandungan asam folat dalam buah naga dibutuhkan untuk ibu hamil agar bayi dalam kandungannya dapat tumbuh dengan sehat. Tak hanya mengandung asam folat, dalam buah naga juga terkandung vitamin B terutama vitamin B1, B2, dab B3 serta vitamin C.

pexels.com

  1. Mendukung pertumbuhan janin

Dalam perkembangannya selama dalam kandungan, janin membutuhkan asupan bernutrisi dari sang ibu. Salah satu nutrisi yang penting dalam membantu pertumbuhan janin adalah vitamin C. Selain dapat kita temukan dalam buah jeruk, vitamin C juga bisa dapatkan dari buah naga.

  1. Sumber Lemak

Selain karbohidrat dan berbagai vitamin, buah naga merah juga mengandung lemak sehat yang merupakan sumber energi bagi ibu hamil dan janin. tak hanya itu, lemak sehat juga dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang otak janin. Berat badan yang sesuai dengan usia kehamilan juga merupakan hal penting dimana untuk menambah berat badan ibu hamil juga membutuhkan asupan lemak.

 

Jadi, buah naga merah memiliki banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Mengkonsumsi buah naga dalam porsi yang tepat secara rutin bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Terlebih lagi, ibu hamil memang membutuhkan asupan gizi yang lebih untuk tubuhnya serta janin yang ada di dalam kandungannya.

pexels.com

            Kandungan Nutrisi Dalam Buah Naga

 

Setelah mengatahui apa saja khasiat dari buah naga, mari kita ketahui juga apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah naga. Dengan begitu, kita dapat memperkirakan nutrisi yang kita dapatkan saat kita mengkonsumsi buah naga.

  1. Vitamin C

Sama seperti buah jeruk, buah naga juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan ibu maupun janinnya. Kandungan vitamin c dalam buah naga adalah 4-25 gram per 3,6 0ns. Seperti yang kita tahu vitamin c memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Karbohidrat

Kandungan lainnya adalah karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi ibu hamil.

pexels.com

  1. Zat besi

Selanjutnya, ada zat besi yang bagus untuk kesehatan tulang. kandungan zat besi buah naga adalah sekitar 0,55 setiap 100 gr buah naga merah.

  1. Serat
  2. Antioksidan
  3. Vitamin B1
  4. Asam Folat

Asupan vitami yang cukup akan membantu pertumbuhan tulang, gigi, dan juga gusi pada janin. Untuk ibu hamil, paling tidak konsumsi 70gr vitamin C setiap harinya. Itu artinya, anda paling tidak harus mengkonsumsi vitamin yang cukup untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang janin. Semua kandungan tersebut dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin beserta kesehatan sang ibu. Untuk itu, disarankan para ibu hamil untuk mengkonsumsi buah naga yang baik untuk tumbuh kembang janin selama dalam kandungan sang ibu.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *