Buah Manggis, Ratunya Buah dari Asia

 

 

Ada pepatah mengatakan ‘tebak-tebak buah manggis’ yang artinya mengenai ketidakpastian atau kejujuran. Ya, di bagian bawah buah manggis terdapat ruas-ruas yang menunjukan jumlah buah didalamnya. Jika ruas-ruas tersebut dihilangkan, maka orang mesti menebak jumlah buah didalamnya.

 

Selain dikenal berkat rujukan pepatah, buah manggis juga dikenal sebagai ‘ratu buah’ di Asia. Ya betul sekali, julukan tersebut muncul pertama kali saat Ratu Victoria dari Inggris menginginkan buah tersebut pada abad ke 19. Namun faktanya, buah manggis memang dianggap sebagai ikon buah dari Asia selain buah durian.

 

Tak Hanya Manis, Buah Manggis Juga Dikenal Sebagai ‘Super Food’

Selain rasanya yang manis, dingin, dan lezat, buah manggis juga mengandung banyak senyawa yang berguna untuk kesehatan. Itulah mengapa manggis ini masuk kedalam kategori ‘super food’ atau makanan dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak. Manggis memiliki kandungan vitamin C dan B yang sangat melimpah, selain itu juga mengandung zat kalsium dan fosfor. Tak hanya buahnya, kulitnya ‘pun sering digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Nah bagi Anda yang ingin tahu kegunaan buah manggis untuk kesehatan, cek pembahasannya di bawah ini!

 

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Perlu pembaca ketahui, buah manggis merupakan sumber antioksidan dan vitamin yang sangat melimpah. Karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat melimpah, maka kandungan antioksidannya disebut dengan Xanthone atau level antioksidan yang sangat tinggi. Hanya beberapa buah saja di dunia yang memiliki level antioksidan seperti buah manggis.

 

  • Masalah Menstruasi

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, manggis juga sering digunakan (khususnya di Indonesia) untuk mengatasi masalah menstruasi pada wanita. Tak hanya buahnya yang digunakan, namun juga kulitnya.

 

  • Menurunkan Tekanan Darah

Jika Anda terkena penyakit hipertensi, maka segeralah mengkonsumsi buah manggis! Kandungan potasium dan magnesium dalam manggis dapat menurunkan tekanan darah dengan sangat efektif.

 

Masih malas mengkonsumsi buah manggis? Semoga artikel ini dapat membuka wawasan Anda tentang betapa bermanfaatnya si ratu buah ini!

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *