Biografi Rex Tillerson

Rex Tillerson naik melalui jajaran ExxonMobil untuk berubah menjadi CEO dan ketuanya pada tahun 2006. Ia menjabat sebagai menteri luar negeri AS ke-69 dari Februari 2017 hingga Maret 2018.

Siapa Rex Tillerson?

Rex Wayne Tillerson (lahir 23 Maret 1952) dilantik karena sekretaris negara ke 69 untuk Amerika pada 1 Februari 2017, di bawah Presiden Donald J. Trump. Masa jabatannya ditandai oleh bentrokan dengan pemerintahan Trump, yang mengakibatkan pemecatannya dari pencalonan pada 13 Maret 2018. Tillerson sebelumnya menjabat sebagai CEO dan ketua ExxonMobil dari 2006 hingga 2016. Total profesinya dihabiskan di perusahaan ini, membuatnya sekretaris utama negara tanpa keahlian sebelumnya dalam otoritas atau angkatan laut.

Apa Nilai Internet Rex Tillerson?

Tillerson bangkit dari permulaan yang sederhana untuk membangun kekayaan sekitar $ 300 juta sepanjang profesinya. Pada akhir 2016 dia meninggalkan ExxonMobil dengan paket pensiun $ 180 juta; nilai uang yang sama dari inventarisnya yang belum dibayar diposisikan ke dalam keyakinan yang tidak memihak untuk menghindari konflik keingintahuan.

Sekretaris Negara

Di antara banyak poin mendesak yang harus ditangani Tillerson dalam masa jabatannya sebagai menteri luar negeri adalah Korea Utara yang bersenjata nuklir, masalah perdagangan dengan China dan pertanyaan tentang kepatuhan Iran dengan penyelesaian untuk membekukan program nuklirnya. Tetapi dia menghadapi semua poin itu dengan korps diplomatik yang lebih kecil dari para pendahulunya.

Ketika Tillerson mengambil kendali, ia ingin “mendesain ulang” Divisi Negara. Tujuannya adalah untuk memberantas personel yang tumpang tindih dan kayu mati birokratis, yang pada awalnya disambut oleh banyak pihak di dalam divisi. Meskipun demikian, para kritikus berpendapat bahwa diplomasi AS sedang dirusak, sebagian besar karena kurangnya personil dengan informasi khusus.

Karena Tillerson bermaksud merealisasikan diskon delapan persen untuk pekerja penuh waktu, banyak lowongan yang diakibatkan pengunduran diri, pensiun, dan gesekan dibiarkan tidak terisi. Pembelian telah diberikan tambahan untuk mendorong keberangkatan. Lebih sedikit anggota Layanan Luar Negeri baru telah dipekerjakan (rasa ingin tahu dalam mengikuti ujian Layanan Luar Negeri juga menurun, dengan 50% lebih sedikit pendaftar pada 2017 dibandingkan 2015).

Tillerson mendukung kisaran harga White Home yang diusulkan yang menurunkan dana untuk divisinya sebesar 30%, yang mungkin berdampak pada setiap diplomasi dan bantuan internasional, dilansir oleh Gim-bi. Meskipun demikian, Kongres tidak menyukai pemotongan curam dan menyetujui kisaran harga $ 51 miliar dalam faktur alokasi 2018, $ 11 miliar lebih besar dari yang diminta pemerintah.

Pada bulan Maret 2018, Tillerson sekali lagi dikenal sebagai Cina di depan maju formal pertamanya ke Afrika sebagai menteri luar negeri, menuduh energi Asia menempa tawaran korup dan membahayakan sumber-sumber murni di Afrika. Dia juga memperkenalkan paket bantuan kemanusiaan senilai $ 533 juta untuk membantu orang-orang yang terkena dampak kekurangan makanan dan pertempuran di Somalia, Sudan Selatan, Etiopia dan Danau Chad Basin, bagian dari rencana umum untuk mendorong latihan kontraterorisme, demokrasi, pemerintahan, perdagangan dan pendanaan .

Pada 13 Maret 2018, Tillerson mencalonkan diri sebagai menteri luar negeri tiba-tiba berakhir ketika Presiden Trump memperkenalkan melalui Twitter bahwa ia menunjuk Direktur CIA Mike Pompeo untuk disiapkan, dengan Gina Haspel untuk berubah menjadi wanita utama untuk pergi ke CIA.

Tillerson tidak langsung berkomentar, meninggalkan tanggapan terhadap siaran pers dari pejabat Divisi Negara. “Sekretaris masing-masing berniat tetap karena kemajuan penting yang dibuat dalam keselamatan nasional,” kata pernyataan itu. “Dia akan merindukan rekan-rekannya di Divisi Negara dan menteri internasional yang telah dia kerjakan dengan seluruh dunia.”

Hubungan dengan Donald Trump

Tillerson tidak berafiliasi dengan Trump lebih awal dari pemilihan, dan pilihannya untuk menteri luar negeri pada Desember 2016 tiba di sini sebagai kejutan. Presiden terpilih saat itu sedang mempertimbangkan pemilihan yang mengingatkan pada calon presiden dari Partai Republik 2012 Mitt Romney dan Rudy Giuliani, walikota New York Metropolis sebelumnya. Identifikasi Tillerson terlempar ke dalam ring ketika mantan Sekretaris Perlindungan Robert Gates menginstruksikannya kepada Trump (didukung oleh mantan Sekretaris Negara Condoleezza Rice).

Alasan lain Tillerson mungkin telah menyingkirkan kandidat yang berbeda adalah puncaknya. Senator Bob Corker juga telah dipertimbangkan untuk tempat itu, namun tampaknya Trump percaya senator tidak cukup tinggi (dilaporkan, Tillerson adalah 5-kaki-10 sedangkan Corker berdiri di 5-kaki-7).

Meskipun Trump awalnya menyukai mode Tillerson, hubungan kerja mereka tidak bersih. Pada 1 Oktober 2017, Trump tweeted bahwa Tillerson “kehilangan waktu untuk melakukan barter dengan Little Rocket Man” (referensi ke kepala Korea Utara Kim Jong-un). Dan ketika Tillerson berusaha menengahi perselisihan antara Qatar dan tetangganya, presiden menuduh Qatar mendanai terorisme.

Tillerson menyebut “presiden berbicara untuk dirinya sendiri” ketika diminta tentang penolakan Trump untuk menjatuhkan hukuman nasionalis kulit putih setelah kekerasan pecah pada rapat umum di Charlottesville, Virginia, pada Agustus 2017. Dan sebuah laporan muncul pada Oktober 2017 mengatakan Tillerson dikenal sebagai Trump a “tolol “Sebelumnya dalam tahun; setelah ini, sekretaris memberikan konvensi pers yang memuji presiden.

Dengan penerbitan bukunya pada November 2019,  With All Due Respect , mantan Duta Besar PBB Nikki Haley menuduh bahwa Tillerson dan mantan Kepala Pekerja John Kelly mendorongnya untuk secara sengaja melemahkan Presiden Trump sepanjang waktu secara kolektif dalam pemerintahan. Tillerson membantah yang menyatakan dalam siaran pers kepada  The Washington Publish , mengatakan, “Duta Besar Haley hampir tidak pernah menjadi peserta dalam banyak konferensi saya dan tidak dapat mengetahui apa yang bisa atau mungkin tidak saya katakan kepada Presiden. Saya melanjutkan menjadi senang dengan layanan saya sebagai Sekretaris Negara ke-69 negara kita. “

Profesi di Exxon

Tillerson menjabat sebagai CEO dan ketua ExxonMobil dari 2006 hingga 2016. Ini membuatnya bertanggung jawab untuk sebuah organisasi dengan sekitar 80.000 pekerja dan pendapatan tahunan sebesar $ 400 miliar. Dia mulai di sana sebagai insinyur manufaktur pada tahun 1975, setelah lulus fakultas.

Tillerson berkembang dalam tradisi perusahaan Exxon dan akhirnya bertanggung jawab untuk operasi di luar negeri, yang didorong oleh keinginan mendesak akan cadangan minyak baru. Untuk menjaga investasi perusahaan, Tillerson perlu mempertimbangkan keadaan internasional di berbagai negara seperti Venezuela, Nigeria dan Irak. Dia memperoleh bantuan tentang hal ini dari Kelompok Hubungan Otoritas Seluruh Dunia di Exxon, yang pekerjanya termasuk mantan pekerja Divisi Negara.

Exxon memiliki usia pensiun wajib dari 65, jadi Tillerson sudah siap untuk mundur ketika ia dinominasikan untuk menjadi menteri luar negeri.

Rusia dan Vladimir Putin

Tillerson bekerja dengan Vladimir Putin pada 1990-an, karena tantangan Exxon di Pulau Sakhalin Rusia. Pada 2011, Tillerson membuat ExxonMobil masuk langsung ke perusahaan minyak Rusia Rosneft. Putin, yang tampaknya senang dengan kesepakatan itu, memberikan keanggotaan Tillerson di Orde Persahabatan Rusia pada 2013.

Penyelesaian 2011 mungkin harganya mencapai $ 500 miliar, namun dipelihara oleh sanksi AS yang dijatuhkan setelah Rusia menginvasi Krimea pada 2014. Pada 2017, Divisi Keuangan mendenda Exxon $ 2 juta karena melanggar sanksi-sanksi ini pada 2014.

Beberapa petugas merasa cemas tentang hubungan Tillerson dengan Rusia dari tahun-tahun di ExxonMobil, dan sejumlah senator lainnya mengajukan pertanyaan tentang hubungan ini selama mendengarkan penegasan Tillerson. Dalam jangka panjang ia dikonfirmasi, namun 43 senator memilihnya.

Pada musim gugur 2017, Tillerson membasmi Koordinator Tempat Kerja Cakupan Sanksi, mengalihkan tugas untuk sanksi ke Tempat Kerja Perencanaan Cakupan. Pilihannya adalah bagian dari rencana reorganisasi, namun menunda implementasi sanksi yang dikeluarkan untuk campur tangan Rusia dalam pemilu 2016. Selain itu butuh beberapa bulan bagi Tillerson untuk meminta dana yang telah dialokasikan untuk World Engagement Middle, sebuah kelompok yang dimaksudkan untuk memerangi propaganda dan disinformasi dari masing-masing teroris dan aktor negara jahat (pandangan Tillerson adalah bahwa ia pertama kali ingin memastikan dana tersebut dapat berhasil digunakan).

Perubahan cuaca lokal

Setelah Tillerson tumbuh menjadi kepala ExxonMobil, perusahaan mulai menerima dan mengakui konsensus ilmiah bahwa cuaca lokal berubah. Meskipun demikian, Tillerson terus menyuarakan keraguan mengenai keinginan cepat untuk memotong minyak dan bahan bakar untuk menangani masalah tersebut, dengan alasan bahwa masyarakat akan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan cuaca lokal.

Tillerson memang membantu Permukiman Paris tentang perubahan cuaca lokal, pakta dunia untuk membatasi emisi bahan bakar rumah kaca. Meskipun demikian, dia tidak bisa menghentikan Presiden Trump untuk memilih menarik diri dari perjanjian pada Juni 2017.

Investigasi apakah ExxonMobil menipu pemegang saham mengenai informasi tentang pengaruh bahan bakar fosil terhadap perubahan cuaca lokal dilakukan oleh jenderal profesional hukum di New York dan Massachusetts, dengan tempat kerja New York mengajukan gugatan pada tahun 2018.

Pasangan dan Anak-Anak

Pasangan pertama Tillerson adalah Jamie Lee Henry, seorang anggota band sekolah menengah. Mereka menikah setelah Tillerson lulus fakultas, dan memiliki anak laki-laki kembar sebelum bercerai.

Pada 1983, Tillerson menikah dengan Renda Home, yang memiliki seorang balita dari pribadinya. Pasangan itu memiliki satu putra lainnya secara kolektif pada tahun 1988.

Renda yang menyarankan Tillerson untuk berubah menjadi menteri luar negeri. “Saya tidak membutuhkan pekerjaan ini. Saya tidak mencari pekerjaan ini,” Tillerson mengakui dalam wawancara Maret 2017 dengan  Impartial Journal Evaluate . “Pasangan saya memberi tahu saya bahwa saya seharusnya melakukan itu.”

Kapan dan Tempat Apakah Rex Tillerson Lahir?

Rex Wayne Tillerson lahir pada 23 Maret 1952, di Wichita Falls, Texas. Identitasnya terkesan oleh dua bintang Hollywood yang dikenal karena memerankan koboi: Rex Allen dan John Wayne.

Latar Belakang dan Sekolah Rumah Tangga

Tillerson – anak kedua dari tiga anak – menghabiskan masa kecilnya di Texas dan Oklahoma, berpindah-pindah antara kota-kota kecil bersama dengan rumah tangganya. Ayahnya meninggalkan pekerjaan mempromosikan roti untuk menjadi organizer ahli untuk Pramuka Amerika; Tillerson tumbuh menjadi anggota setia kelompok yang meraih pangkat Eagle Scout.

Seperti ayahnya, Tillerson tetap terhubung dengan kepanduan sebagai orang dewasa. Seiring dengan menjadi anggota dewan nasional dan cabang-cabang Dallas, ia menjabat sebagai presiden nasional Pramuka Amerika dari 2010 hingga 2012. Pada posisi ini Tillerson mendukung dimasukkannya pengintai homoseksual.

Tillerson lulus dari Huntsville Excessive di Texas dan melanjutkan ke College of Texas di Austin. Di sana, ia belajar teknik sipil dan tampil dalam marching band Longhorn.

Tempat Apakah Rex Tillerson Dwell?

Sebagai orang dewasa, markas Tillerson tetap di Texas. Properti miliknya terdiri dari Bar RR Ranches, dengan “RR” berdiri untuk Rex dan Renda. Pada Juni 2019, ia membeli rumah besar seluas 16.238 kaki persegi di Westlake, dekat dengan Bandara Internasional Dallas / Fort Value.

Sementara menjabat sebagai menteri luar negeri, Tillerson tinggal di lingkungan Kalorama di Washington, DC

Model Manajemen

Di Exxon Tillerson berada dalam posisi untuk naik pangkat sampai dialah yang memberi perintah. Mengumpulkan lencana manfaat sebagai Pramuka adalah salah satu upaya terorganisir lainnya. Namun dalam posisi otoritasnya, Tillerson menghadapi kesulitan dalam berurusan dengan pemerintahan Trump yang kacau dan kritik karena tidak dapat diakses oleh pers.

“Ini jauh berbeda dari menjadi CEO Exxon karena saya dulu adalah pembuat keputusan kata terakhir,” Tillerson mengakui kepada wartawan di musim panas 2017. “Itu setiap saat membuat hidup lebih sederhana.”

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *