Bangkok: Ibu Kota Thailand

Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dan tergabung ke dalam organisasi ASEAN. Bentuk negara ini adalah monarki dan dipimpin oleh seorang raja. Adapun letak negara Thailand ada di perbatasan Kamboja dan Laos pada bagian timur, Teluk Siam dan Malaysia pada bagian selatan serta Laut Andaman dan Myanmar pada bagian barat.

Bahasa resmi di negara ini adalah bahasa Thai dengan aksaranya yang unik. Dalam bahasa Thai, negara ini mempunyai arti kebebasan dan juga mengacu pada suku Thai yang menjadi suku mayoritas di negara ini. Namun, tidak hanya suku Thai saja, beberapa suku minoritas seperti Amerika dan Tionghoa juga bermukim di negara ini.

Ibu kota Thailand adalah Bangkok yang menjadi pusat destinasi wisata di negara ini. Setiap tahunnya ada ribuan turis asing yang menjadikan Bangkok sebagai destinasi wisata mereka. Berikut ini akan dijelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan negara Thailand.

  1. Ibu Kota Thailand: Bangkok.
  2. Kerjaan Thailand: Ratcha-anachak Thai
  3. Semboyan Negara: Chat, Satsana, Phra Maha Kasat (Bangsa, Agama, Raja)
  4. Lagu kebangsaan: Phieng Chat Thai
  5. Lagu kerajaan: Sansoen Phra Barami
  6. Mata uang: Bath
  7. Agama mayoritas: Buddha

Kondisi ekonomi ibu kota Thailand terbilang jauh lebih baik dibandingkan dengan daerah lain di Thailand. Hal ini dikarenakan kota ini mayoritas penduduknya bekerja sebagai pedagang di pusat turis. Berkembangnya perekonomian di ibu kota ini menjadikan pendapatan negara ini terus bertambah setiap tahunnya.

Meskipun menjadi negara yang banyak dikunjungi oleh turis asing, namun di beberapa daerah penduduknya masih bergantung pada sektor pertanian. Adapun komoditi utama mereka adalah karet, gula, beras, minyak kelapa sawit, dan juga buah-buahan.

Tidak hanya itu saja, Thailand juga mempunyai budaya yang sangat beragam. Salah satu seni bela diri dari Thailand yang mendunia adalah Muay Thai. Bela diri ini sudah banyak digunakan di berbagai negara. Beberapa budaya lain, seperti upacara penyambutan Wai juga menjadi hal ikonik di negara Thailand.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *