Apa Itu Blogger Dan Manfaat Untuk Diri Kita

 

Banyak masyarakat yang mungkin bertanya tentang apa itu blogger dan apakah blog dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Sesungguhnya hidup masyarakat yang ada sekarang ini sangat bergantung dengan media sosial. Banyak dari kita yang berlomba untuk mendapatkan eksistensi dan diakui oleh masyarakat dunia maya dengan selalu update sosial media.

Anak muda sekarang ini bahkan tidak bisa berpisah dan lepas dari berbagai aplikasi media sosial yang ada sekarang ini. Hal ini sesungguhnya bisa memberikan dampak positif sekaligus dampak negatif bagi generasi muda.  Kita tahu jika banyaknya generasi muda yang memilih untuk bergaul dengan media sosial akan memiliki sifat yang anti sosial dan banyak yang tidak memiliki sifat simpati dan cenderung menjadi pribadi yang egois.

Apa Itu Blogger Dan Manfaatnya Bagi Generasi Muda

Tapi ada salah satu media sosial yang sebenarnya bisa memberikan manfaat bagi kita yaitu blog. Blog mungkin tidak seterkenal media sosial lainnya namun justru blog adalah salah satu media sosial yang bisa memberikan kita banyak manfaat dan juga keuntungan bagi para generasi muda. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan generasi muda dari blog ini adalah:

  1. Tempat menuangkan kreativitas. Para anak muda tentu memiliki banyak sisi kreatif dan mereka dapat memilih untuk menggunakan blog sebagai media untuk menuangkan kreativitas yang dimiliki. Blog bisa menjadi media untuk menulis cerita, puisi atau karya tulis lainnya agar bisa dinikmati dan diapresiasi oleh banyak orang.
  2. Tempat untuk berbagi ilmu. Blog juga bisa kita jadikan sebagai tempat berbagi ilmu dan tempat untuk berdiskusi. Kita bisa berbagi wawasan atau ilmu yang kita miliki dan berdiskusi dengan pembaca blog kita. Dengan saling berbagi maka kita akan mendapatkan wawasan yang lebih baik dan juga lebih luas. Dengan berbagi ilmu yang kita miliki juga akan lebih bermanfaat.
  3. Memperoleh pendapatan. Dengan menjadi blogger yang aktif dan sukses maka kita akan memiliki peluang untuk memperoleh pendapatkan. Pendapatan yang bisa kita dapat dari blog juga cukup besar dan sangat lumayan untuk anak muda seperti kita dan bisa membantu untuk menutupi kebutuhan yang kita miliki.

Resiko Yang Banyak Dialami Oleh Blogger

Selain memberikan kita banyak manfaat kita juga harus bersiap-siap dengan hal-hal yang tidak menyenangkan yang mungkin akan kita rasakan jika kita menjadi seorang blogger. Nyatanya semua pilihan memang akan menimbulkan resiko termasuk pilihan untuk menjadi seorang blogger. Beberapa hal tidak menyenangkan yang akan dirasakan para blogger adalah karya yang diambil dan diplagiat, mungkin ini adalah hal tidak menyenangkan yang akan dirasakan oleh semua blogger. Rasanya tentu akan tidak menyenangkan jika karya yang kita publis di blog di plagiat oleh orang lain dan digunakan demi kepentingan dan keuntungan pribadi mereka. Yang kedua kita akan menerima banyak komentar yang tidak menyenangkan. Salah satu kebiasaan netizen adalah menghakimi dan memberikan komentar yang menyakitkan dan hal ini cukup memberikan masalah psikologis pada blogger yang memang belum memiliki mental yang kuat.

Memilih untuk menjadi blogger memang bisa memberikan banyak manfaat bagi generasi muda jika dibandingkan dengan mencari eksistensi yang tidak jelas di media sosial lainnya. Tapi disisi lain kita juga harus siap dengan segala kemungkinan buruk yang mungkin akan kita terima pada saat kita memilih untuk menjadi blogger. Karena walau bagaimanapun semua profesi akan memiliki resiko masing-masing termasuk profesi sebagai seorang blogger.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *