5 Perbedaan Antara Kantor Desa dan Balai Desa Bila Ditinjau dari Berbagai Sisi

Sudah tidak terhingga lagi jumlah masyarakat yang keliru dalam membedakan antara kantor desa dengan balai desa. Kekeliruan masyarakat bisa dibilang relatif wajar. Pasalnya, antara balai desa serta kantor desa secara bentuk bangunan dan fungsinya, mereka kedua sangatlah sama. Ditambah lagi kantor desa lokasinya selalu berdampingan dengan balai desa, sehingga semakin membingungkan masyarakat untuk membedakan mana itu Kantor desa dan Balai Desa.

Namun sejujurnya, apabila masyarakat lebih teliti dalam melihat suatu perkara dari berbagai sisi. Maka, banyak sekali perbedaan yang melatarbelakangi kedua hal tersebut. Terutama jika melihat dari fungsi, bentuk, luas bangunan hingga tujuan dari mengapa bangunan tersebut dibuat. Termasuk pula balai desa.

Perbedaan Balai Desa dan Kantor Desa dari Fungsinya

Dalam membangun suatu infrastruktur, pastinya pemerintah memikirkan fungsi dari setiap bangunan yang telah dibuat. Seperti contohnya jalan, puskesmas, masjid dan lain sebagainya. Begitu pula kantor desa dan balai desa, dimana keduanya ternyata punya fungsi yang berbeda.

Fungsi dari kantor desa ialah sebagai sarana untuk mengelola seluruh administrasi yang ada di daerah perdesaan. Seperti contohnya indentitas diri seperti ktp dan kk. Surat keterangan tidak mampu pun diproses di kantor desa. Bukan diproses di balai desa.

Sementara itu balai desa adalah sebuah tempat yang punya fungsi sebagai berkumpulnya masyarakat desa. Biasanya digunakan ketika ada sosialisasi dari pemerintah pusat. Tidak hanya itu, tak jarang balai desa pun berfungsi sebagai tempat senam ibu – ibu.

Perbedaan Kantor Desa dan Balai Desa dari Ukuran Bangunan

Balai desa sebagai tempat berkumpulnya masyarakat biasanya punya luas bangunan yang tinggi dibanding kantor desa. Bahkan, ada beberapa desa luasnya lebih dari 100 meter persegi. Kapasitas bangunan pun tercatat mampu menampung lebih dari 1000 warga.

Perbedaan Kantor Desa dan Balai Desa dari Denahnya

Balai Desa biasanya mempunyai denah yang relatif sederhana ketimbang kantor desa. Yaitu hanya terdiri dari ruang pertemuan dan toilet serta ruangan khusus suara. Apabila kantor desa, denahnya agak ribet. Pasalnya, dalam denah kantor desa mesti disediakan ruangan untuk para staff desa.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *