2 Manfaat Pohon Trembesi Si Pohon Hujan

 

 

Deskripsi

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pohon trembesi bukan? Namun, tahukah anda apa saja manfaat dari pohon tersebut? Jika belum, simaklah artikel ini hingga akhir.

Artikel

Pohon trembesi atau pohon hujan merupakan pohon yang memiliki batang besar dan mampu mencapai tinggi hingga 30 meter. Trembesi mampu hidup hingga ratusan tahun, namun akarnya bisa merusak jalan karena tumbuhnya menyebar. Uniknya daun trembesi akan mengkerut ketika gelap dan melebar kembali ketika terkena sinar matahari. Pohon tersebut juga akan tampak lebih cantik di bulan mei sampai juni karena bunga-bunganya akan bermekaran. Selain beragam keindahan itu, apakah anda sudah mengetahui manfaat dari trembesi? Untuk mengetahui manfaatnya simaklah ulasan berikut.

Pohon Trembesi Si Pohon Hujan Kaya Manfaat

Setiap yang diciptakan oleh-Nya tentu memiliki manfaat, begitu pula dengan pohon trembesi. Pohon tersebut memiliki beragam manfaat, namun dalam artikel kali ini hanya akan diulas dua manfaatnya untuk lingkungan. Sudah penasaran dengan apa saja manfaatnya? Untuk itu, simaklah ulasan artikel berikut hingga akhir.

  1. Mampu Menyerap CO2 Lebih Banyak

Seperti kita ketahui CO2 merupakan gas yang apabila dihirup terlalu banyak dapat menyebabkan keracunan. Sedangkan sekarang ini pencemaran CO2 semakin tidak terkendali. Hal tersebut tidak lain disebabkan oleh asap pembakaran dari pabrik dan juga dari asap pembuangan kendaraan yang semakin bertambah. Untuk mengatasi masalah itu, dapat dilakukan dengan menanam pohon trembesi karena trembesi mampu menyerap CO2 lebih banyak dari pohon-pohon lain. Trembesi mampu menyerap CO2 hingga 28,5 ton per tahun, sedang pohon lain hanya 1 ton per 20 tahun.

  1. Mampu Menyerap Air Lebih Banyak

Beberapa kota di Indonesia salah satunya Jakarta menjadi kota langganan banjir. Banjir terutama terjadi saat musim hujan sudah mulai datang. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan menanam pohon trembesi, karena trembesi mampu menyerap air lebih cepat dan banyak. Dengan demikian, banjir bisa ditanggulangi dan diatasi.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat dari pohon trembesi. Bagaimana tertarik untuk menanamnya? Jangan lupa jika ingin menanam trembesi sediakanlah lahan yang luas karena akar pohon ini tumbuh menyebar. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *