Tata Cara Dan Manfaat Sholat Sunnah Hajat

Dalam hidup ini kita pasti memiliki keinginan, keinginin bisa saja kita usahakan dengan cara apapun, namun sering sekali walaupun sudah berusaha dengan semaksimal mungkin untuk mewujudkan keinginan kegagalan tetap saja terjadi, mungkin disini kita kurang dalam berdoa dan meminta kepada Allah SWT. Untuk mendapatkan keinginan atau impian tidak hanya dibutuhkan usaha yang keras saja, namun kita juga membutuhkan dukungan dari Allah SWT. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk meminta Allah untuk membuka rintangan dan jalan menuju hal yang kita inginkan adalah dengan melakukan sholat sunnah hajat. Sholat hajat ini adalah sholat sunnah yang dikerjakan oleh kaum muslim yang memiliki hajat atau keinginan tertentu. Sholat ini dkerjakan 2 hingga 12 raka’at dan salam setiap dua kali raka’at. Untuk bacaan niat sholat hajat berbunyi Usholli sunnatal hajaati rok’ataini lilllahi ta’ala yang artinya aku berniat salat hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala.

Sholat hajat ini dikerjakan saat seorang muslim memiliki keinginan atau hajat, namun keinginan tersebut tidak melewati syariat islam. Biasanya kaum muslimin mengerjakan sholat hajat saat mereka ingin memiliki karir yang sukses,  mendapatkan jodoh, dipermudah ujian, dan lain sebagainya. Untuk dasar mengerjakan sholat hajat diantaranya hadist nabi yang ada pada hadis shahih Abu darda ra bahwa Nabi Muhammad bersabda Barangsiapa berwudhu dan menyempurkannnya, kemudian mengerjakan sholat dua raka’at maka Alah akan memberikan apa saja yang diminta segera maupun lambat. Dan dari hadist ini maka kita juga bisa mengambil pelajaran bahwa kita bisa meminta kepada Allah tentang keinginan kita agar Allah mengabulkannya.

Tata Cara Sholat Sunnah Hajat

Berbeda dengan sholat dhuha, untuk waktu mengerjakan sholat hajat kapan saja, anda bisa melaksanakan siang maupun malam, namun anda dilarang mengerjakan sholat hajat di waktu-waktu terlarang, waktu terlarang di sini adalah waktu setelah subuh hingga terbit matahari dan waktu  setelah ashar. Namun waktu paling mustajab untuk melakukan sholat hajat adalah di sepertiga malam, anda bisa merangkainya sekaligus dengan sholat tahajud, di sepertiga malam ini maka Allah akan mengabulkan keinginan hambanya.  Berikut ini adalah tata cara sholat sunnah hajat yang bisa anda ketahui, di antaranya adalah :

  • Niat sholat hajat

Pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan diri dengan cara berwudhu, selanjutnya anda niat untuk melakukan sholat hajat

  • Takbirotul ihrom

Setelah anda niat maka langkah selanjutnya adalah takbirotul ihrom

  • Membaca allfatehah

Selanjutnya langsung membaca surat al-fatehah hingga selesai dan dilanjutkan dengan membaca surat pendek yang anda hafal. Namun disarankan untuk membaca surat al-kafirun sebanyak 3 kalli.

  • Selanjutnya adalah Rukuk
  • Lakukan I’tidal
  • Lakukan sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kembali
  • Rokaat kedua membaca alfatihah dan surat pendek

dir oka’at kedua ini anda akan membaca alfatihah, setelah alfatihah selesai maka dilanjutkan dengan membaca surat al-ikhlas sebanyak 3 kali, atau bacaan suret pendek lainnya yang anda hafal.

  • Selanjutnya rukuk lagi
  • Lakukan I’tidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kembali
  • Tahiyyat akhir dengan tuma’ninah.
  • Dan yang terakhir adalah salam

Setelah mengerjakan sholat sunnah hajat, jangan lupa untuk berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dan kelapangan mendapatkan apa yang diimpikan. Dengan melakukan sholat hajat ini maka keinginan anda akan segera dicapai. Adapun doa-doa yang bisa kita praktikkan antara lain bertawassul memberikan hadiah berupa bacaan alfatihah kepada Rosululllah dan keluarganya, sahabat, guru, ulama, dan semua umat islam. Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat al-ikhlas, al falaq, an-naas, dan ayat kursi masing-masing 3 kali, dan dilanjutkan dengan membaca doa sholat hajat.

Manfaat Mengerjakan Sholat Hajat

Ada banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan dengan mengerjakan sholat hajat, manfaat di antaranya adalah :

  • Sebagai jalan dikabulkannya doa

Sholat hajat dilakukan saat anda memiliki keinginan yang belum dicapai, dengan mengerjakan sholat hajat maka doa-doa yang berisi keinginan atau hajat anda akan terkabul.

  • Sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah SWT

Dengan mengerjakan sholat hajat maka anda juga akan lebih dekat kepada Allah SWT, anda percaya bahwa Allah adalah tuhan pencipta alam.

  • Sebagai sarana untuk ibadah

Sholat hajat juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk beribadah dan beriman lebih dalam, apalagi setelah mengerjakan sholat hajat anda bisa mengagungkan Allah SWT dengan beragam bacaan dzikir.

  • Terhindar dari marabahaya

Selain untuk mengabulkan doa-doa kita, ternyata sholat hajat juga memiliki peran aktif melindungi kita dari marabahaya. Allah SWT akan memberikan perlindungan kepada umatnya yang beribadah kepadaNya.

  • Terhindar dari hal yang menyulitkan

Sholat hajat memiliki tujuan agar jalan di depan kita menuju hajat dan impian terbuka lebar, dengan melakukan sholat hajat maka segala rintangan dan hal-hal yang menyulitkan bisa teratasi dengan baik.

  • Mendapatkan syurga

Dengan mengerjakan sholat sunnah hajat maka Allah juga akan memberikan anda syurga, anda meluangkan waktu anda untuk selalu mengingat Allah, dan Allah akan membalasnya besok di akhirat dengan syurga.

  • Lebih disayang Alllah

dengan melakukan sholat hajat maka Allah juga akan lebih menyayangi anda, karena memang Allah maha segalanya dan wajib bagi kita untuk mengimaninya.

  • Allah akan memberikan petunjuk dan kemudahan

Manfaat lainnya yang didapat dari sholat sunnah hajat adalah bahwa Allah akan senantiasa memberikan petunjuk dan kemudahan untuk menggapai hajat atau impian.

  • Hati akan lebih tenang

Mempercayakan keinginan kita kepada Allah SWT ditambah dengan usaha yang keras pastinya akan membuat kita tenang dan lebih percaya diri, impian yang kita impikan optimis akan dikabulkan oleh Alllah SWT.

Selain sholat sunnah hajat, untuk mendapatkan apa yang diimpikan kita juga harus melengkapinya dengan sholat tahajud, sholat tahajud ini sholat yang dilakukan pada malam hari, sangat disarankan untuk melakukannya di sepertiga malam, karena waktu ini adalah waktu yang paling pas. Hukum mengerjakan sholat tahajud awalnya wajib, namun turun ayat yang lainnya bahwa hukum sholat tahajjud adalah sunnah. Untuk tata cara pengerjakan sholat tahajud  sama dengan sholat hajat, yang membedakan hanyalah niatnya saja, jangan lupa juga setelah sholat anda harus membaca doa sholat tahajud agar segala hal dimudahkan bagi anda. Ada banyak sekali keutamaan sholat tahajud yang bisa anda ketahui, di antaranya adalah, Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang melakukan sholat tahajud, Allah akan mengabulkan doa-doanya, Sholat tahajud juga sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, kita juga akan mendapatkan kemuliaan, sholat tahajud juga mampu mengusir penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh, menjauhkan diri dari kelalaian hati,  saat hari kiamat tiba maka sholat tahajud akan meringankan kita berdiri, mencegah dan menghapus dosa, sebagai jaminan untuk masuk syurga, semakin dicintai oleh Allah SWT, baik untuk aliran darah, khusnul khotimah, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *