Panorama Keindahan Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo merupakan salah satu taman nasional yang ditetapkan pertama kali sebagai Taman Nasional di Indonesia. Taman nasional ini terletak di antara dua pulau yaitu Pulau Sumbawa dan Pulau Flores atau  lebih tepatnya berada di wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional Komodo memiliki fungsi sebagai tempat habitat perlindungan Komodo. Hewan dengan  nama latin Varanus komodoensis ini adalah hewan reptile yang termasuk langka. Komodo tersebar di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Gili Motang, Nusa Kode, dan berbagai wilayah kecil lainnya.

Ditetapkan sebagai Salah Satu dari Tujuh Keajaiban Dunia

Pada tangal 6 Maret 1980, Taman Nasional Komodo dibentuk untuk melindungi komodo dan habitatnya. Selang setahun tepatnya pada tahun 1991, Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO dan pada tahun 1992 taman nasional ini ditetapkan sebagai Simbol Nasional oleh Presiden Repulik Indonesia pada saat itu.

Selain itu Taman Nasional Komodo juga ditetapkan sebagi Kawasan Perlindungan Laut pada tahun 2000 serta sebagai salah satu Taman Nasional Model di Indonesia pada tahun 2006.

Adapun pada tanggal 11 November 2011, Taman Nasional Komodo terpilih menjadi salah satu pemenang sementara New 7 Wonders (Tujuh Keajaiban Dunia Baru) berdampingan dengan Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. Dari keseluruhan pemenang sementara tersebut, Taman Nasional Komodo mendapatkan suara terbanyak. Oleh karena itu Taman Nasional Komodo akhirnya ditetapkan sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia Terbaru pada tanggal 13 September 2013.

pxhere.com

Taman Nasional Komodo sebagai Tempat Wisata

Kawasan ini terdiri dari beberapa pulau, di antaranya tiga pulau besar yang meliputi Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar. Dengan gugusan pulau dan keaneragaman hayati yang dimilikinya, tak heran kalau tempat ini menjadi tempat wisata favorit para wisatawan.

Taman Nasional Komodo memiliki banyak tempat wisata populer yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Nusa Tenggara Timur. Rasa penasaran atas komodo serta pesona keindahan Taman Nasional komodo membuat banyak wisatawan datang dan menjadikannya sebagai objek wisata. Tak hanya wisatawan domestik, wisata pulau Komodo ini juga selalu dipenuhi oleh wisatawan mancanegara.

Hal yang Dapat Dilakukan Saat Berkunjung ke Taman Nasional Komodo

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan ketika mengunjungi objek wisata ini. Berikut adalah beberapa hal yang wajib untuk dicoba.

  1. Melihat Komodo secara langsung

Saat mengunjungi taman nasional komodo, wajibnya kita harus melihat hewan dengan nama latin Varanus komodoensis ini. Komodo sudah menghuni pulau ini sejak 40 juta tahun lalu. Di taman nasional komodo dapat dijumpai kadal raksasa ini dengan panjang kisaran 2 – 3 meter dan beratnya mencapai 165 kg.

Pada saat melihat secara langsung wisatawan akan ditemani oleh pawang atau dapat dikenal sebagai tim ranger. Tim ranger atau pawang bertugas untuk memandu perjalanan para wisatawan yang ingin melihat komodo dari dekat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, untuk mencapai area habitat hewan purba ini, wisatawan harus mendaki Gunung Ara terlebih dulu dengan waktu tempuh 3 – 4 jam. Namun  kini untuk menjangkaunya sudah tersedia trek pendakian untuk memudahkan wisatawan sampai di lokasi.

pxhere.com

Selain mendaki Gunung Ara, ada tempat yang mudah dijangkau untuk melihat komodo secara langsung, yaitu di Loh Buaya yang terletak di kawasan Pulau Rinca. Loh Buaya juga merupakan pusat persebaran hewan purba ini. Untuk menuju ke pulau ini, wisatawan dapat menaiki kapal dari Labuan Bajo dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Dalam perjalan menuju Loh Buaya wisatawan dapat menikmati keindahan di sekeliling Loh Buaya. Pada saat berkeliling di Loh Buaya, wisatawan akan ditemani oleh pemandu wisata sekaligus pawang untuk menjaga keamanan. Selain menyaksikan komodo, wisatawan juga bisa mendaki bukit atau bersantai di pinggir pantai dan menikmati pemAndangan khas laut yang mengagumkan.

  1. Melihat Aktivitas Warga Setempat di Kampung Wisata Komodo

Saat mengunjungi Taman Nasional Komodo wisatawan dapat melihat aktivitas keseharian dari penduduk asli Pulau Komodo. Mereka tinggal di sebuah desa yang bernama seperti pulaunya yaitu Desa Komodo.

Desa ini terletak di bagian terluar Kabupaten Manggarai Barat yang dihuni oleh lebih dari 1.700 orang. Di sini, kamu bisa melihat aktivitas warga seperti membuat patung komodo yang akan dijual sebagai oleh-oleh untuk para wisatawan.

Satu kegiatan unik lainnya adalah kepercayaan bahwa konon mereka bisa bercengkerama dengan si kadal raksasa. Kamu bisa membuktikannya sendiri ketika mengunjungi desa wisata ini.

pxhere.com

  1. Menikmati Sunrise dan Sunset di Pulau Kanawa

Di kawasan Pulau Kanawa ini tersedia beberapa resort yang bisa dikunjungi para wisatawan. Dengan biaya sekitar Rp200.000/orang wisatawan sudah bisa menyewa resort ini untuk beristirahat sambil menikmati keindahan Pulau Kanawa.Selain snorkeling, ada kegiatan yang tak kalah menarik yaitu menaiki bukit di Pulau Kanawa untuk melihat keindahan sunrise maupun sunset. Tempat ini juga sering menjadi spot foto Andalan para wisatawan.

Diatas adalah beberapa hal yang dapat dilakukan pada saat berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Jadi untuk Anda yang masih bingung memilih tempat wisata, Anda dapat menambahkan Taman Nasional Komodo sebagai tempat untuk menikmati waktu libur kalian.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *