Apakah Kerajinan 3 Dimensi Dan Apa Saja Jenis Kerajinannya?

Seni rupa 3 dimensi atau kerajinan 3 dimensi adalah seni rupa atau kerajinan yang memiliki 3 sisi, yaitu panjang, tinggi dan lebar atau yang lebih mudahnya adalah kerajinan ini memiliki volume dan ruang. Berbeda dengan seni rupa 2 dimensi atau kerajinan 2 dimensi yang hanya memiliki 2 sisi yaitu panjang dan lebar saja. Terlihat jelas sekali bahwa perbedaan antara 3D dan 2D ada pada unsur ruang. Ada banyak sekali kerajinan 3D yang ada di Indonesia, misalnya saja patung yang terbuat dari kuningan. Pengrajin kuningan menjadi salah satu pengrajin yang lebih sering membuat kerajinan berbentuk 3D dibandingkan 2D. Sebelum membahas lebih jauh terkait kerajinan 3D, kenalan dulu dengan kerajinan 3D dan 2D lebih jauh dulu.

pxhere.com

Mengenal Kerajinan 3D

Ketika membuat kerajinan 3D, pembuatannya terbagi menjadi 2 macam berdasarkan fungsi dan juga tujuannya, yaitu murni dan terapan. Dalam seni atau kerajinan murni, karya tersebut tercipta dengan mengutamakan keindahan, hanya untuk kepuasan mata saja dan lebih banyak digunakan sebagai pajangan, tidak digunakan karena tidak memiliki fungsi lain selain sebagai hiasan. Sedangkan karya terapan adalah karya yang mengutamakan fungsi atau kegunaan dari benda tersebut yang dapat membantu aktivitas atau kehidupan manusia, tidak sekedar menjadi pajangan semata. Walaupun ada karya yang bermanfaat sekaligus menarik mata, namun tujuan utama ketika membuat benda tersebut adalah kegunaannya.

Ada banyak sekali jenis kerajinan 3 dimensi yang bisa anda temukan dalam kehidupan sehari-hari dan biasa anda lihat di tempat-tempat umum. Misalnya saja tas anyaman, peralatan makan dari keramik, dan lain sebagainya. Hasil kerajinan seperti ini dapat dimasukkan kedalam jenis seni kriya yaitu kombinasi dari karya terapan dan murni. Karena hasil karya seni kriya tidak hanya memandang estetika saja namun juga fungsinya. Lebih mudahnya, seni kriya dapat juga diartikan menjadi seni kerajinan tangan. Mungkin seni kriya terdengar asing dan juga elit, tapi memang kenyataannya bahwa seni kriya adalah salah satu karya yang mewah. Bila anda memperhatikan, kebanyakan karya seni kriya biasa ditemukan di tempat-tempat pariwisata dan juga hotel-hotelĀ  yang mana tidak hanya digunakan sesuai fungsi namun juga digunakan untuk memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

pxhere.com

Macam-Macam Kerajinan 3 Dimensi

Bila anda masuk ke tempat-tempat bersejarah atau rumah-rumah tua peninggalan kerajaan atau belanda, anda akan melihat banyaknya ukiran yang ada pada pintu, langit-langit dan juga tembok. Karya-karya seperti itu juga bisa disebut sebagai karya seni kriya karena memiliki fungsi kegunaan sekaligus fungsi estetika. Akan tetapi tentu dibutuhkan keahlian khusus apabila ingin membuat dekorasi seperti itu, untuk anda yang tertarik untuk membuat seni kriya 3D anda bisa mencoba beberapa jenis kerajinan tangan di bawah ini:

  • Anyaman

Untuk membuat anyaman terbilang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Caranya cukup mudah, yang perlu dilakukan adalah mengatur bahan anyaman agar saling tindih atau berbentuk menyilang. Bahan-bahan yang digunakan tersebut harus memiliki ciri lentur, ringan dan juga mudah dipindahkan, biasanya berasal dari daun, rotan, bilahan bambu atau yang berasal dari bahan sintetis. Akan tetapi untuk mendapatkan kerajinan 3 dimensi yang bagus, bahan terbaik yang dapat digunakan adalah bambu rotan dan juga bahan sintetis. Beberapa kerajinan yang bisa anda buat adalah tudung saji, tas, kipas, caping atau topi petani, dompet dan tudung lampu.

  • Kerajinan dari keramik

Kerajinan yang satu ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, terbuat dari tanah liat yang dibentuk dan dibakar. Beberapa contoh nya adalah genteng dan juga gerabah. Namun seiring perkembangan jaman, jenis-jenis keramik yang dibuat pun semakin berkembang. Sekarang anda pun bisa membuat peralatan makan seperti piring, mangkuk dan juga gelas dari tanah liat lalu menghiasnya dengan cat warna-warni. Ada berbagai teknik yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan dari tanah liat.

pxhere.com

  • Patung

Patung berbagai bentuk banyak ditemukan di tempat-tempat umum atau di halaman rumah. Namun beberapa rumah juga meletakkan patung di dalam rumahnya. Kerajinan patung sendiri pun bisa berasal dari berbagai bahan, seperti kayu, batu atau bahan lainnya. Memang dibandingkan kerajinan 3D lainnya, kerajinan patung memfokuskan pembuatannya pada fungsi estetika, bukan pada fungsi terapan. Sama seperti kerajinan keramik, dibutuhkan teknik-teknik untuk membuat patung, akan tetapi tidak seperti kerajinan keramik yang dapat dibuat oleh seorang pemula, untuk membuat patung hanya dapat dilakukan oleh seorang profesional. Karena bila tidak menggunakan alat-alatnya dengan berhati-hati, maka dapat membahayakan pengrajinnya sendiri.

Itulah beberapa jenis kerajinan 3D yang ada, walaupun tidak semuanya bisa anda lakukan sendiri, setidaknya ada 1 atau 2 jenis kerajinan yang bisa anda coba sendiri di rumah. Untuk awal-awal pembuatan kerajinan, anda bisa mencoba melihat berbagai contoh kerajinannya di internet. Karena baru pertama kalinya, anda bisa meniru karya kerajinan yang dibuat untuk membiasakan diri terlebih dahulu. Semakin banyak anda membuat kerajinan, lama-kelamaan skill atau kemampuan anda pun bertambah. Nantinya anda pun bisa membuat kerajinan yang lebih sulit dan mungkin saja ada yang tertarik untuk membelinya.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *