Kenapa Harga Tiket Pesawat Mahal dan yang perlu anda ketahui dari hal tersebut

Tiket pesawat yang mahal sempat menjadi pembahasan nasional baru-baru ini. Pasalnya harga tiket pesawat yang mahal ini menjadi masalah bagi sebagian warga negara Indonesia yang sering melakukan perjalanan antar pulau. Tentunya mereka menjadi pihak yang paling terpengaruh dari naiknya harga tiket pesawat seluruh maskapai lokal. Beberapa spekulasi pun bermunculan mengenai alasan dibaliknya harga tiket pesawat yang mahal. Berikut ini sedikit rangkumannya bagi anda.

Mengapa Harga Tiket Pesawat Bisa Mahal

Naiknya harga tiket pesawat beberapa waktu yang lalu memang memberikan imbas yang cukup besar. Khususnya bagi mereka yang sering berpergian dengan menggunakan pesawat. Akibatnya para penumpang pun berusaha untuk memilih menggunakan moda transportasi lain. Beberapa bandara di Indonesia pun jadi merugi karena jumlah penumpang yang menurun drastis. Penurunan ini cukup drastis dari 15 hingga 20 persen dibandingkan ketika tahun 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa penyebab dari harga tiket pesawat yang mahal adalah karena maskapai yang enggan menurunkan harga tiket agar bisnisnya berjalan tetap baik. Meskipun maskapai menaikkan harga tiket menjadi lebih mahal, tetapi mereka masih tidak melanggar UU yang berlaku karena masih sesuai dengan tarif batas atas. Pihak Kementrian Perhubungan sendiri mengaku sudah meminta maskapai untuk menurunkan harga tetapi masih belum dilakukan.

Alasan Harga Tiket Pesawat yang Mahal

Alasan lain yang menyebabkan harga tiket pesawat menjadi mahal adalah karena harga avtur yang mahal. Harga avtur disebut menyumbang 45 persen biaya operasional maskapai penerbangan. Harga avtur domestik lebih tinggi 20 persen jika dibandingkan dengan harga internasional. Karena hal inilah maskapai penerbangan jadi harus menaikkan harga tiket untuk mengimbangi beban operasional yang mereka miliki.

Selain itu, penyebab lainnya dari harga tiket pesawat yang mahal adalah karena nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Karena avtur dibayar dengan menggunakan dollar, dan begitu juga dengan biaya lainnya yang berhubungan dengan pemeliharaan pesawat, maka tidak heran jika harga tiket pesawat menjadi mahal. Maka harus ada penyesuaian yang dilakukan agar maskapai penerbangan tidak merugi. Inilah yang menyebabkan harga tiket pesawat naik secara bersamaan.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *