Meneladani Keteguhan Imam Turmudzi Dalam Mencari Ilmu

Ilmu merupakan unsur pertama untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan juga bekal di akhirat. Dalam menuntut ilmu tentu saja bukan perkara mudah. Butuh keuletan, kerja keras dan juga sikap pantang menyerah. Para ulama terdahulu adalah orang-orang yang tangguh dalam menuntut ilmu sehingga tidak jarang harus meninggalkan tanah kelahiran dan berkelana ke banyak wilayah maupun negeri.

Biografi Singkat Tentang Imam at-Turmudzi, Ulama Masyh ur Dari kota Tirmiz

Salah satu ulama hadis yang sangat tangguh dalam menuntut ilmu dan tidak pantang menyerah adalah at-Turmudzi atau yang juga sering di panggil at-Tirmidzi. Ulama dengan nama lengkap Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah bin Musa bin adh-Dhahhak as-Sulami adh-Dharir al-Bughi at-Tirmidzi.  Ulama yang menguasai ilmu agama tersebut lahir pada tahun 209 hijriyah. Ulama besar tersebut lahir di sebuah kota bernama Tirmiz.

unsplash.com

Banyak sekali karya ilmiyah atau tulisan-tulisan yang dibuat oleh at-Turmudzi. Semua karya atau tulisan yang dibuatnya dikenal di seluruh pelosok negara khususnya negara yang pernah disinggahinya dan juga negara-negara islam termasuk juga masyarakat islam di seluruh dunia.

Kota tirmiz sendiri adalah sebuah kota yang banyak melahirkan ulama-ulama besar terutama yang hafal al-quran dan juga hadis. Salah satu ulama besar yang juga lahir di kota tersebut adalah al-Bukhori. Kedua ulama tersebut sangat masyur dan dikenal oleh banyak orang terutama ketika sedang produktif menghasilkan karya yang menakjubkan.

Keberhasilan dan keteguhan at-Turmudzi dalam menuntut ilmu patut untuk diteladani oleh seluruh muslim maupun muslimah. Dimana menuntut ilmu ini wajib bagi muslim maupun muslimah jika ingin selamat dunia dan juga akhirat. Beberapa hal yang patut untuk diteladani oleh masyarakat muslim dari at-Turmudzi akan dijelaskan lengkap sebagai berikut ini:

Imam at-turmudzi Senantiasa Bersemangat Dalam Menuntut Ilmu

Membaca tentang sejarah atau biografi dari para ulama merupakan salah satu cara untuk dapat menumbuhkan semangat di dada. Salah satu perjuangan ulama hadis yang menginspirasi adalah at-Turmudzi.

Semangatnya dalam menuntut ilmu patut untuk dijadikan sebagai teladan. Imam besar tersebut tidak pernah menyia-nyiakan sedetikpun waktunya untuk kegiatan yang tidak bermanfaat. Semua waktunya digunakan untuk menuntut ilmu dan mengajarkan atau menyampaikan keilmuannya.

At-Turmudzi adalah ulama besar yang menghafal kurang lebih sekitar 100 ribu hadis. Selain itu at-Turmudzi juga menguasai ilmu fiqh dan senantiasa tawakkal serta iman dan juga takut kepada Allah. Dalam proses pencarian ilmu, at-Turmudzi melakukan perjalanan ke berbagai wilayah di antaranya seperti Kufah, Hijaz dan masih banyak lainnya.

Selain itu at-Turmudzi juga sangat gemar mencatat atau membuat catatan. Kegigihannya dalam menuntut ilmu agama khususnya hadis membuat pemuda yang haus akan ilmu tersebut bertemu dengan banyak ulama besar. Dengan penuh kesabaran pemuda tersebut mencatat, mendengar dan juga menghafal hadis yang diajarkan oleh para ulama besar.

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang sejarah dari at-Turmudzi maka wajib mengunjungi situs hasana.id. Banyak sekali pembahasan artikel menarik tentang islam yang dapat Anda baca mulai dari sejarah, fiqh dan masih banyak lagi.

 

 

You may also like...