Membuat Epoxy Lantai 3D

Istilah epoxy mungkin masih awam bagi sebagian dari kita. Secara umum, epoxy ialah sejenis bahan kimia yang merupakan resin dari proses epoksida serta polimerisasi. Bahan ini biasa digunakan sebagai coating, perekat maupun cat aneka material. Dalam penerapannya, epoxy akan dicampur bersama bahan pengeras supaya sifatnya yang cair menjadi padat. Pencampuran ini juga dimaksudkan agar epoxy semakin kuat, tahan akan suhu tinggi serta reaksi kimia yang tinggi. Ketahannya yang tinggi ini membuatnya banyak digunakan sebagai pelapis bahan. Di antaranya adalah pelapis logam, lantai beton, baja, kayu, kaca hingga plastik. Bahkan sekarang sudah banyak terdapat desain epoxy lantai 3D yang sangat menawan.

 

Epoxy resin juga turut digunakan dalam pembuatan cetakan model serta pelapis hasil cor. Jika ditilik dari sejarahnya, penggunaan epoxy pertama kali adalah pada tahun 1930an di Swiss dan Amerika Serikat. Setelah itu barulah epoxy diproduksi secara lebih lanjut sebagai bahan perekat dan lem pada 1946 sampai dengan 1947. Sampai dengan hari ini, para ahli masih terus melakukan pengembangan agar tercipta epoxy berkualitas terbaik dan ramah lingkungan. Di pasaran, senyawa epoxy dikenal dengan beragam istilah. Di antaranya adalah epoxy polimer, epoxy resin, cat epoxy, epoxy coating serta epoxy flooring atau cat epoxy lantai.

pxhere.com

Proses Pembuatan Lantai Epoxy 3D

 

Bahan epoxy lantai 3D ialah hal pertama yang harus ditanyakan saat kita hendak membeli epoxy untuk lantai. Cat epoxy sudah lama diketahui memiliki mutu tinggi sehingga tidak heran apabila harganya relatif lebih tinggi dibanding cat biasa. Proses pembuatan lantai 3D menggunakan epoxy harus dilakukan secara cermat agar lantai rumah terlihat menarik. Berikut adalah langkah-langkahnya.

 

  1. Tentukan terlebih dahulu permukaan lantai yang hendak dicat dan pastikan permukaan tersebut halus
  2. Aplikasikan terlebih dahulu cat dasar yaitu epoxy primer agar komponen permukaannya terlindung
  3. Cat ulang dengan menggunakan epoxy gloss serta bahan pengeras agar permukaan cat bisa jernih serta terhindar dari goresan
  4. Terakhir, jika tidak dapat melakukannya sendiri, maka pakailah jasa tukang yang ahli di bidangnya karena pekerjaan ini cukup kompleks apabila dikerjakan orang yang belum berpengalaman.

 

Penambahan bahan aditif dalam epoxy lantai khusus 3D akan penting dan bertujuan untuk menetapkan teknik yang hendak diaplikasikan dalam melapisi ruangan. Dua model teknik yang umum digunakan ialah epoxy flooring self leveling serta epoxy floor coating. Apabila melihat teknik yang digunakan tersebut, epoxy floor self leveling terbilang lebih memberi hasil maksimal. Lantai yang dilapisi epoxy akan lebih bendung akan perubahan lingkungan misalnya erosi, goresan serta tumpahan bahan kimia. Cat akan lebih kencang setelah dilapisi sehingga kita bisa menerapkannya di lantai ruangan sesegera mungkin. Teknik ini sendiri butuh waktu pengerjaan yang lebih lama serta kompleks karena lapisan epoxy yang lebih banyak.

 

Harga pemasangan tipe lantai 3D ini sendiri akan dihitung berdasarkan luas ukuran ruangannya. Cat yang dipilih juga akan dapat berpengaruh pada tarifnya. Harga yang ditetapkan tentu akan sebanding dengan kualitas yang didapat, walau hal ini belum tentu benar sepenuhnya. Kisaran harga lazim ialah Rp950.000 per meter persegi untuk stiker lantai 3D. Mural lantai 3D termasuk dalam penemuan dekorasi lantai yang kreatif serta mempercantik desain interior bangunan rumah, perkantoran, gedung, kafe dan dinding. Harga dari lantai 3D akan dihitung dalam satuan meter persegi dari luasan zona kerja. Termasuk di dalamnya adalah harga per meter persegi epoxy lantai.

pxhere.com

Tips Memilih Jasa Epoxy Lantai

 

Dalam pemilihan jasa epoxy lantai 3D, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

 

  1. Portofolio Project

Saat mencari jasa epoxy khusus lantai yang berkualitas, lihatlah portofolio ataupun hasil pengecatan yang pernah dilakukan oleh penyedia jasa tersebut. Kita akan mendapat gambaran tentang bagaimana hasil pengerjaan serta pelayanan yang diberikan. Portofolio bisa ditanyakan langsung pada pihak yang bersangkutan atau bisa juga kita cek di web resmi mereka. Kita juga bisa cek testimoni pelanggan terdahulu yang sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa epoxy tersebut.

 

  1. Tim Solid dan Profesional

Tidak semua jasa pengecatan epoxy lantai akan memberi hasil maksimal. Ada beberapa jasa yang hanya berorientasi keuntungan tanpa mempertimbangkan kualitas haisl pengecatan. Agar kita tahu apakah tim jasa epoxy lantai tersebut benar-benar solid dan profesional atau tidak, temui langsung timnya sebelum secara resmi menjalin kerjasama bersama mereka. Kita juga bisa lihat bagaimana kerja mereka di lapangan.

pxhere.com

  1. Kredibilitas Jasa

Supaya kita bisa lihat langsung bagaimana kredibilitas jasa dari epoxy lantai tersebut, temukan informasinya di website resmi atau sosial media resmi yang mereka miliki. Kita juga bisa sambangi kantornya langsung dan cari informasi dari orang yang sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa mereka. Kita akan bisa melihat kredibilitas penyedia jasa epoxy dengan melihat bentuk interaksi antara penyedia jasa serta klien yang ditangani. Kita juga bisa menentukan apakah kerjasama antara kedua belah pihak akan berhasil atau tidak. Melihat kredibilitas penyedia jasa terbilang penting karena epoxy lantai tergolong mahal sehingga pastinya kita tidak akan mau menyesal setelah menggunakannya.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *