Anda Ingin Cerdas dan Berwawasan? Cari Cara Agar Suka Membaca

Manusia dianugerahi kelebihan oleh Tuhan yaitu kemampuan untuk menganalisa dan memecahkan permasalahan yang Ada. Memecahkan permasalahan tentu harus dilatih dengan membiasakan diri melihat fenomena di sekitar dan memikirkan tentang bagaimana seharusnya. Kecerdasan dalam memecahkan masalah tidak datang begitu saja, butuh usaha-usaha yang berkesinambungan. Meski Tuhan menganugerahkan kemampuan untuk menganalisa tidak akan secara otomatis kita menjadi individu yang cerdas tanpai disertai dengan mengasah otak dan memberikan nutrisi yang cukup.

Apakah itu nutrisi dari otak? Nutrisi dari otak yaitu membaca. Mebaca disini merupakan tradisi yang terbangun lewat kebiasaan yang terus menerus. Tidak semua orang berminat membaca. Apalagi di dunia yang menawarkan hingar bingar kemewahan dan pilihan yang lebih menggiurkan dari sekedar membaca. Pilihan yang menggiurkan yang dimaksud disini adalah sosial media online, game online, sinetron, video di channel youtube dan lainnya. Maka, harus ada hal khusus untuk memancing diri Anda agar suka membaca.

Hanya saja perlu dipahami dulu disini membaca bagaimanakah yang dimaksud? Maka perlu defenisi yang jelas untuk memahami membaca disini. Membaca yang kami maksud adalah membaca dalam artian sebenarnya. Membaca buku yang menambah wawasan, atau artikel yang disedikan oleh Jasa Tulis Artikel mungkin, atau membaca ilmu-ilmu bidang ilmu tertentu yang dapat mengasah kemampuan untuk menganalisa persoalan disekitar kita. Jadi, bukan membaca profil WA, status FB, Twitter, atau pun membaca pesan chat. Maksud membaca disni adalah membaca dalam artian yang sebenarnya.

www.pexels.com

Kecerdasan dan Wawasan Hadir lewat Tradisi Membaca

Membaca merupakan kegiatan membosankan bagi sebagian banyak orang. Tidak terkecuali generasi milenial atau generasi zaman now. Membaca tidak sebanding dengan kenikmatan dengan menghabiskan drakor berjam-berjam, atau main game online semalam suntuk. Atau membaca bagi sebagian orang tidak sebanding dengan menghabiskan berplesir kesana kemari ataupun aktivitas lain yang lebih menantang. Sekali lagi membaca sungguh aktivitas yang menjemukan.

Aktivitas yang menjemukan ini akhirnya, mau tidak mau banyak dihindari oleh sebagian besar generasi milenial. Kecuali memang ada kebutuhan yang itupun bersifat sangat mendesak, misalnya karena mau Ujian Akhir Semester atau tugas lain yang memaksa untuk membaca.

Lalu apa hebatnya membaca itu? Lalu kenapa harus dan agar suka membaca? Untuk menjawab hal ini kita akan melihat fakta yang disekitar kita. Jadi, orang yang malas membaca akan berimbas pada kinerja otak dan berakhir pada wawasan yang sempit. Artinya, membaca merupakan nutrisi bagi otak sekaligus suplemen untuk meningkatkan kecerdasan. Karena dengan membaca ada proses berfikir dan menalar yang terangkai dengan sendirinya. Dan hal ini tidak ditemukan pada generasi milenial yang kecanduan game online misalnya yang mana otaknya terlalu timpang untuk menakar maupun menganalisis. Selain itu, agar suka membaca bisa dilihat dari segi cara pandang kita terhadap suatu persoalan. Membaca diyakini akan membuat cara pandang akan suatu persoalan menjadi semakin luas. Intinya membaca bisa menyebabkan kita berwawasan luas. Hal ini sejalan dengan ungkapan, “membaca adalah jendela dunia”.

www.pexels.com

Rahasia Agar Suka Membaca

Bagi Anda yang sudah terlanjur tidak suka membaca padahal Anda ingin sekali seperti mereka yang begitu menikmati membaca. Maka, Anda harus mencari cara agar mencari cara agar suka membaca. Adapun cara dan rahasia agar suka membaca adalah sebagai berikut:

  1. Bacalah Tulisan atau Buku yang paling Anda Sukai

Rahasia pertama agar suka membaca adalah dengan memulai dari tulisan atau buku yang paling disukai. Jangan memaksakan diri dengan hal yang tidak Anda pahami, misalnya Anda yang menyenangi dunia olah raga sepak bola. Maka, mulailah dengan membaca berita-berita sepakbola. Jangan memaksakan untuk membaca buku-buku filsafat yang mungkin masih berat bagi otak kita. Contoh lain, Anda bisa memulai dengan membaca cerita baik itu cerpen maupun novel. Nah, setelah itu, pelan-pelan anda mulai membaca yang menurut Anda penting untuk Anda baca.

  1. Bergaul dan Beteman dengan Penggila Baca

Selanjutnya, agar suka membaca adalah bergaul dan berteman dengan penggila baca. Saya awalnya tidak begitu suka membaca, tapi suatu saat saya berkenalan dengan seseorang yang sangat gila membaca. Entah itu dimana, pergi kondangan, nongkrong di warung kopi atau pergi kemana mesti membawa buku untuk dibaca. Kata kenalan saya itu begini, meski kadang buku tidak dibaca tapi dengan membawa buku kemana-mana akan berefek psikologi terhadap kita untuk membacanya. Meski kemudian, saya tidak segila kenalan saya itu dalam membaca, tapi saya akhirnya ikut terbawa juga dengan kebiasaan dia. Dan akhirnya kalau ketemu, mesti kami saling membaca buku atau diskusi tentang buku tertentu.

  1. Manajemen Waktu

Agar suka membaca maka sediakan waktu khusus. Misalnya pada saat akan tidur, dari pada memikirkan atau menghayalkan yang tidak-tidak, lebih baik membaca buku bukan? Tapi yang penting adalah sedian waktu untuk membaca buku, karena kalau tidak juga akan berdampak pada aktivitas Anda yang lain. Disinilah dibutuhkan adanya manajemen waktu.

  1. Minta Teman yang Senang Membaca untuk Merekomendasikan Buku yang Harus Dibaca

Selanjutnya, agar suka membaca mintalah temanmu yang suka membaca agar merekomendasikan buku yang harus dibaca. Karena, bagi pembaca pemula kadang belum tahu jenis buku apa yang menarik bagi Anda. Maka, solusinya bisa dengna minta rekomendasi buku bacaan dari orang lain.

Buku yang direkomendasikan itu akan punya nilai lebih yang bisa bikin Anda semangat untuk membaca. Atau Anda bisa juga melihat rekomendasi lain untuk buku bacaan di Jasa Penulis Artikel.

  1. Membuat atau Bergabung dengan Komunitas Membaca

Selanjutnya adalah membuat komunitas membaca atau bergabung dengan komunitas membaca. Hal ini akan berperan penting agar suka membaca. Setidaknya dengan adanya komunitas membaca kita akan terbiasa berdekatan dengan buku bahkan membedah buku tertentu. Dalam komunitas membaca biasanya akan diadakan pertemuan rutin yang berkesinambungan. Bahkan yang lebih mengasikkan disini Anda juga bisa bertukar pikiran dan pengalaman terkait bacaan apa saja yang telah dibaca. Atau buku apa saja yang menarik untuk dibaca.

  1. Lejitkan Rasa Ingin Tahu

Apabila Anda memiliki rasa ingin tahu yang melejit dan luar biasa sudah pasti dipastikan Anda akan rajin membaca. Karena dengan rasa ingin tahu yang luar biasa akan berbanding lurus dengan aktivias membaca. Bahkan rasa ingin tahu menumbuhkan semangat berlipat-lipat, sehingga tidak jarang orang yang memiliki rasa ingin tahu, akan menghabiskan buku hanya dalam jangka waktu yang tidak lama.

  1. Buatlah Daftar dan Target

Selanjutnya, agar suka membaca bisa dengan membuat daftar bacaan yang akan dibaca dan target apa saja yang akan dicapai. Misalnya pada bulan ini ada membuat daftar buku apa saja yang hendak dibaca dan beberapa hari waktu yang dibutuhkan untuk menamatkan satu judul buku. Jika, hal ini Anda lakukan, maka ada semacam pendorong dan mendapatkan kepuasan tersendiri kalau Anda bisa menyelesaikan target Anda. Kalau Anda tidak yakin, maka cobalah buktikan!

www.pexels.com

Nah, itulah beberapa hal tentang membaca dan kenapa harus membaca. Kalau Anda memiliki hasrat agar suka membaca, maka langkah-langkah diatas bisa Anda coba dan rasakan dampaknya. Selain itu, Anda juga bisa berbagi pengalaman di Jasa Penulis Artikel untuk hasil bacaan Anda yang sangat disukai. Selamat mencoba!

Bagiamana Cara Agar Suka Menulis nan Produktif?

Menulis adalah aktivitas akademik dan berbau intelek. Mereka yang suka menulis diasumsikan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Bahkan orang yang suka menulis memiliki kecerdasan dan diyakini mampu memberikan solusi untuk setiap persoalan. Selain itu, menulis juga bagian dari eksistensi diri dan bukti bahwa bagian diri kita mampu menghasilkan karya dalam bentuk tulisan.

Saya menulis karena saya berpikir saya bukanlah makhluk atau zat yang kekal dan abadi. Harapan saya dengan menulis, meski jasad saya telah meninggalkan hingar-bingar dunia ini yang mana saya telah berada pada alam lain. Mereka yang saya cintai, yang mengenal saya bahkan tidak pernah mengenal saya tetap menemukan jejak saya di dunia ini lewat karya-karya dan tulisan-tulisan saya. Kalau jasad saya tidak abadi, setidaknya karya-karya dalam bentuk tulisan itu tetap ada dan menghiasi cakrawala dunia literasi. Sampai disini apakah Anda tertarik juga bercita-cita seperti saya? Maka, Anda harus menumbuhkan hasrat agar suka menulis. Apakah Anda setuju?

Menulis Dengan Cinta

Ada banyak alasan kenapa orang menulis. Tapi sebagian menyakini menulis bagian cara untuk menghibur jiwa. Menulis telah mengurangi beban-beban pikiran yang apabila tidak dilampiaskan akan membuat otak terasa pecah. Bagi sebagian orang menulis bisa mewadahi segala unek-unek yang membelenggu. Setelah dituangkan dalam bentuk tulisan ada semacam kelegaan yang hadir. Maka, saya menjadikan kegiatan menulis sebagai ekpresi cinta agar suka menulis itu tetap mengalir bersamaan dengan helaan nafas saya.

Menulis dengan cinta maksudnya adalah menulis bukan suatu beban apalagi karena ingin terlihat keren atau apalah. Menulis dengan cinta karena saya senang menulis. Ada kepuasan dan kelegaan yang hadir setelah menulis. Selain itu, menulis memiliki peluang dari sisi bisnis misalnya Jasa Penulis Artikel. Dimana setiap artikel yang ditulis bisa menjadi ladang untuk menghidupi asap dapur.

Yang terpenting dengan menulis Anda akan mememukan sisi cinta yang lain yang tidak pernah Anda temukan dalam kegiatan dan aktivitas yang lain. Yuk cari cara agar suka menulis!

www.pexels.com

Bagaimana Cara Agar Suka Menulis?

Menulis sebenarnya adalah pilihan hidup. Tidak semua orang senang menulis. Tapi sebagian orang sebenarnya memiliki cita-cita untuk menghasilkan karya dalam bentuk tulisan. Tapi tidak semua orang menemukan jalan agar suka menulis. Maka, disini izinkan saya berbagi bagaimana cara agar suka menulis.

  1. Menulis Adalah Hadiah

Salah satu yang membuat saya suka menulis karena menulis adalah hadiah bagi karunia agung dari Tuhan. Apa itu karunia Agung dari Tuhan, itulah otak dan kecerdasan. Otak dan kecerdasan yang diberikan Tuhan tersebut saya balas dengan hadiah berupa kesenangan saya dalam menulis.  Hal yang demikian ini sangat memotivasi saya agar suka menulis. Jika menulis adalah hadiah sekaligus penghargaan terhadap pemberian Tuhan, saya yakin dan percaya bahwa Anda pun akan melakukan hal yang sama dengan saya memilih untuk menghargai pemberian Tuhan.  Lebih jauh, dengan menjadikan kegiatan menulis sebagai hadiah maka yakinlah akan ada hal baik yang menghampiri kita. Misalnya dengan kebaikan-kebaikan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Maka agar suka menulis, maka jadikanlah kegiatan menulis sebagai hadiah.

Menulis adalah Gaya Hidup

Rahasia yang kedua agar suka menulis adalah dengan menjadikan menulis sebagai gaya hidup. Bagaimana maksudnya? Maksudnya adalah dengan menjadikan menulis sebagai gaya hidup Anda akan berusaha menempatkan diri sebagai penghasil tulisan yang tidak hanya asal-asalan tapi juga memiliki kemanfaatan bagi pembaca Anda. Lebih jauh, dengan menjadikan menulis sebagai gaya hidup Anda berpeluang menghasilkan pundi-pundi uang dengan menulis. Bayangkan gaya hidup atau passion Anda sekaligus bisa menghasilkan uang. Sekarang banyak sekali Jasa Penulis Artikel yang bisa menghasilkan jutaan rupiah hanya dengan menulis. Tapi, tentu saja penulis yang berpenghasilan seperti ini telah memutuskan menulis menjadi bagian gaya hidupnya.

www.pexels.com

Menulis Adalah Kebutuhan

Selain dua point diatas agar suka menulis, maka jadikanlah aktivitas menulis sebagai kebutuhan Anda. Seolah menulis ini bagian dari kebutuhan pokok Anda, sehingga kalau dalam satu hari Anda tidak menulis, seolah hari Anda menjadi tidak lengkap dan ada sesuatu yang hilang. Bahkan kalau dalam suatu hari Anda tidak menulis, Anda seolah menjadi galau bahkan menemui titik jenuh dalam hidup. Emang ada yang orang seperti itu? Sangat banyak pastinya, karena menulis ibarat makanan pokok bagi otaknya. Apalagi sebagaimana yang kita singgung diatas, bahwa menulis bisa menghibur jiwa yang lelah dan otak yang jenuh.

Agar Suka Menulis dan Produktif

Setelah anda membaca tiga poin diatas, saya kira Anda memiliki hasrat agar suka menulis. Kalau tidak berarti Anda harus membaca ulang lagi paparan di atas…hehehe

Setelah kita membahas cara agar suka menulis, penting juga kiranya menjadi penulis yang produktif. Jadi, Anda tidak hanya berhenti pada satu tulisan saja, tapi juga terus menulis dan menulis hingga Anda dikatergorikan sebagai penulis produktif. Sebenarnya akar permasalahan kenapa banyak orang berhenti menulis setelah menyelesaikan satu tuisan yaitu ide menulis. Banyak penulis yang mengalami kesulitan dalam menemukan ide menulis. Ada juga penulis yang hanya sekedar menulis namun tidak mampu menjadi penulis produktif. Banyak sebab yang membuat penulis kesulitan menemukan Ide atau bahkan menjadi penulis yang produktif, Bagaimanakah caranya agar menjadi penulis yang produktif? Berikut poin-poinnya.

  1. Manajemen Waktu

Agar suka menulis sekaligus produktif maka Anda harus memahami manajemen waktu dengan baik. Karena hal ini sangat berpengaruh pada kehidupan Anda. Ketika Anda memutuskan untuk menulis, pilihlah waktu yang tepat, sehingga tidak berbenturan dengan aktivitas yang lain yang mungkin menjadi sangat pokok dan penting. Maka, agar Anda tetap produktif piih waktu khusus untuk menulis dan perhatikan juga aktivitas dan agenda yang lain. Sehingga hidup Anda lebih teratur dan tetap produktif.

  1. Disiplin

Selanjutnya, agar anda produktif dalam menulis maka Anda harus disipilin. Misalnya ketika Anda memutuskan untuk menulis setiap habis subuh, maka Anda harus taati hal itu. Apabila Anda yang membut kesepakatan sendiri dan kemudian Anda melanggar, biasanya hal ini berakibat kepada kemandekan proses keratif dan produktivitas. Karena, bisa jadi Anda memiliki aktivitas lain dan Anda tidak jadi menulis. Jadi, harus disiplin dengan waktu ya!

  1. Jangan Menunda

Selanjutnya agar menjadi sesorang yang produkutif dalam menulis adalah jangan menunda-nunda pekerjaan. Pun tidak terkecuali dalam dunia tulis menulis, terutama dalam pencarian Ide. Karena ketiak Ide datang, maka saat itu juga kita harus menuliskannya.

www.pexels.com

  1. Kenali Diri Anda

Kenali diri Anda sendiri. Hal ini sangat penting apalagi yang berkaitan dengan aktivitas harian. Banyak orang yang merasa dirinya sibuk karena tugas yang banyak, namun tidak menyadari waktu luang yang bisa dimanfaatkan disela-sela kesibukannya.

  1. Cerdas Melihat Pioritas

Selanjutya, agar menjadi seorang yang suka menulis sekaligus produktif adalah mampu dengna baik melihat pioritas. Maksudnya adlah melihat dan mengerjakan urutan aktivitas yang terpenting diantara yang penting. Sangat penting dan sangat mendesak, tidak penting dan sangat mendesak, sangat penting dan tidak mendesak, tidak penting dan tidak mendesak.

  1. Manfaatkan Perjalanan

Yang terakhir agar suka menulis sekaligus produktif adalah memanfaat waktu perjalanan maksudnya adalah menjadikan perjalanan sebagai lahan mencari ide dan gagasan. Walau Anda berpergian Anda tetap berproses dalam menulis, misalnya mencatat hal-hal yang mungkin menarik untuk Anda tulis.

Nah, demikianlah tentang dunia menulis yang bisa dipaparkan, selanjutnya Anda diharapkan bisa memiliki hasrat agar suka menulis dan juga produktif dalam menulis. Kalo hal telah menggerakkan diri Anda, maka Anda bisa juga bergabung dengan Jasa Penulis Artikel, sehingga menulis tidak hanya menghibur diri tapi juga bermanfaat dari sisi ekonomi.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *